Home / Auto / Rekor Baru AHRT di Balap Asia
Pebalap binaan AHM Awhin Sanjaya (kiri) berhasil meraih podium kedua pada balapan pertama di ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) 2019 yang berlangsung di Chang International Circuit, Thailand. Ist

Rekor Baru AHRT di Balap Asia

Buriram, NextID – Astra Honda Racing Team (AHRT) yang merupakan tim balap di bawah naungan PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil pecahkan rekor tiga kali berturut-turut menjadi juara umum Team AP250 di ajang Asia Road Racing Championship (ARRC). Raihan ini berhasil dicapai setelah mengukuhkan poin 274 pada gelaran ARRC 2019 seri tujuh yang berlangsung di Chang International Circuit, Buriram, Thailand, Sabtu dan Minggu (30/11-1/12).

Pencapaian ini merupakan hasil kerja keras para pebalap serta tim AHRT. Pada kelas AP250, AHRT diperkuat oleh Irfan Ardiansyah, Awhin Sanjaya dan Lucky Herdiansya yang merupakan para pebalap lulusan Astra Honda Racing School (AHRS). Raihan poin dikumpul  dari empat kali posisi pertama dengan poin 100, enam posisi kedua dengan poin 80 dan 32 poin dari 2 kali di posisi ketiga.

Catatan prestasi ini diperoleh AHRT melalui perjuangan balap yang panjang. Melalui komitmen kuat perusahaan untuk terus melahirkan telenta balap Tanah Air, AHRT ikut serta dalam persaingan di kelas AP250 musim 2017 dan langsung dapat meraih gelar juara umum kelas AP250 untuk pebalap dan tim. Prestasi yang sama juga diraih di tahun berikutnya.

Direktur Marketing AHM Thomas Wijaya mengatakan pencapaian tahun ini merupakan bukti talenta para pebalap muda Indonesia dapat bersaing ketat di dunia balap motor tingkat internasional. Hasil tahun ini juga menjadi salah satu motivasi untuk terus mendukung prestasi pebalap Tanah Air yang membanggakan melalui pembinaan berjenjang yang secara konsisten dilakukan perusahaan.

“Ini merupakan salah satu prestasi terbaik dengan meraih juara tim selama tiga tahun berturut-turut.  Kekuatan kerjasama di dalam tim yang selalu berinovasi merupakan salah satu kunci pencapaian musim balap tahun ini. Kami berharap tahun-tahun yang akan datang dapat meraih semakin banyak prestasi dan dapat mengharumkan nama Indonesia,” ujar Thomas.

Seri Akhir ARRC 2019

Pada balapan pamungkas ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) 2019 seri terakhir yang diselenggarakan di Chang International Circuit, Sabtu dan Minggu (30/11 – 1/12), pebalap binaan AHM kembali berhasil mempersembahkan dua kali podium. Raihan dua podium ini diraih oleh Awhin Sanjaya yakni podium dua pada balapan pertama dan podium tiga pada balapan kedua di kelas AP250.

Dua podium ini berhasil diraih dari perjuangan keras dirinya yang hanya menempati posisi ke-11 untuk memulai start. Hasil kualifikasi yang kurang maksimal ini didapatkan akibat dirinya terjatuh saat pertengahan sesi kualifikasi di tikungan ke-12. Memiliki semangat yang tinggi dan fokus untuk meraih yang terbaik, Awhin mampu melewati satu-persatu pebalap dan di lap kedelapan dirinya berhasil bersaing di grup depan dan finis di posisi kedua.

Tidak jauh berbeda dengan balapan pertama, di balapan kedua Awhin secara perlahan berhasil menyodok pebalap di depannya dan bersaing secara ketat dengan rider lainnya hingga akhirnya finis di posisi ke tiga. Hasil ini menempatkan Awhin di posisi dua klasemen akhir dengan raihan total poin 198.

“Race kedua ini  berlangsung seperti dugaan saya. Ketat dan sangat rapat, sehingga tidak mentolerir satu kesalahan kecilpun. Saya coba untuk konsentrasi dan terus berjuang dalam pertarungan yang sangat menentukan ini. Sayang sekali, akhirnya gelar juara harus lepas dari team kami. Terima kasih untuk team dan semua pendukung yang telah memberikan support maksimal,” ujar Awhin.

Di seri terakhir ini, Irfan Ardiansyah mendapatkan banyak pelajaran berharga di seri terakhir. Pada balapan pertama, Irfan harus tercecer ke posisi dua puluh akibat menghindari pebalap di depannya yang terjatuh dan membuatkan keluar lintas. Dengan kemampuan serta kesabaran dirinya, Irfan berhasil masuk rombongan untuk memperebutkan podium dan mampu finis ke lima.

Sedangkan di balapan kedua dirinya, berhasil terus mendominasi balapan sejak lap ketiga. Namun sayang, pemimpin klasemen sementara ini harus terjatuh di tikungan terakhir akibat bersenggolan dengan rider lainnya dan tidak dapat melanjutkan perjuangan untuk meraih podium tertinggi. Dengan mengukuhkan podium pertama sebanyak satu kali, podium kedua dan podium ketiga masing-masing sebanyak tiga kali sepanjang musim 2019, Irfan berhasil menempati peringkat ketiga klasemen akhir kelas AP250 dengan total poin 187.

Lucky Hendriansya yang merupakan debutan di tahun ini, berhasil menunjukkan kemampuan balapnya di level international. Balapan pertama pada seri ini dapat di jalani dengan baik, namun sayang dirinya harus turun ke rombongan kedua dan finis di posisi ke-9. Hal berbeda diperlihatkan oleh Lucky pada balapan kedua. Pebalap 19 tahun ini mampu menunjukan tajinya dengan menjalani balapan secara kompetitif  dan mampu bersaing di rombongan depan untuk memperebutkan podium di seri terakhir. Lucky akhirnya harus puas menempati posisi ke-10. Klasemen akhir musim ini, Lucky berada di posisi 5 dengan raihan total poin 133.

Pada kelas Supersport600 (SS600) Andi “Gilang” Farid Izdhihar dapat menjalani start dari grid keenam, sedangkan Rezha Danica Ahrens harus memulai di posisi ke-12. Pada seri terakhir ini, Andi mencoba sabar dan tetap mengatur strategi untuk bersaing di posisi terdepan. Andi pun berhasil menyelesaikan dua balapan dengan baik dengan menempati posisi ke 6 pada balapan pertama dan posisi ke 5 pada balapan kedua. Dengan pencapaian satu musim ini, dirinya bertengger posisi ke 5 dengan raihan poin 115.

Sedangkan Rheza yang merupakan tahun pertamanya turun di kelas SS600, masih terus fokus untuk mendapatkan setingan dan performa balap yang terbaik agar dapat bersaing ketat dengan pebalap lainnya. Posisi ke 11 menjadi hasil akhir di musim pertama bagi Rheza dengan poin 78.

Thailand Talent Cup 2019

Selain ARRC, AHM juga turut mendukung pembinaan pebalap muda pada Thailand Talent Cup (TTC) sepanjang musim balap tahun ini. Pada seri terakhir balapan ini, pebalap muda berbakat Azryan Dheyo berhasil mengibarkan merah putih pada 2 balapan yang digelar di Chang International Circuit, Buriram (30/11-1/12) sekaligus mengukuhkan posisi ketiga klasemen akhir TTC 2019.

Aktifitas pebalap di ajang TTC 2019.  Ist
Aktifitas pebalap di ajang TTC 2019. Ist

Pada sesi kualifikasi, Dheyo berhasil mengunci posisi dua untuk memulai balapan pertama dan kedua. Pada balapan pertama, aksi saling mengejar sangat kompetitif sehingga Dheyo harus berpuas diri menyelesaikan balapan di posisi ketiga. Tidak patah semangat, Dheyo menunjukkan penampilan luar biasa di balapan kedua, pebalap berusia 14 tahun ini berhasil mempertahankan posisi kedua hingga akhir balapan.

Sementara itu rekan setimnya Herlian Dandi tampil tak kalah mengesankan. Memulai balapan di posisi 9 tidaklah mudah bagi Dandi, dirinya menyelesaikan balapan pertama di posisi yang sama. Akan tetapi, pebalap berusia 12 tahun ini berhasil tampil memukau di balapan kedua dan finis di posisi kelima. Atas pencapaian seluruh musim ini Dandi bertengger di posisi 5 klasemen akhir TTC 2019.

About Gatot Irawan

Check Also

Dealer Baru 3S Fuso di Tulang Bawang, Lampung

Lampung, NextID – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor kendaraan niaga Mitsubishi Fuso …

Leave a Reply