Home / Auto / Mitsubishi Motors Kembali Gelar Ajang Kontes Nasional Tenaga Dealer
Eiichiro Hamazaki – Director of After Sales Division MMKSI; Michimasa Kono - Director of Sales & Marketing Division MMKSI (tengah); Irwan Kuncoro – Director of Sales & Marketing Division MMKSI (5 dari kanan), berfoto bersama pemenang kontes nasional Mitsubishi Motors. Ist

Mitsubishi Motors Kembali Gelar Ajang Kontes Nasional Tenaga Dealer

Jakarta, NextID – Dalam menghadapi pasar otomotif di Indonesia, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia ((MMKSI), distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC) di Indonesia tidak hanya terfokus pada strategi penjualan, tetapi juga kualitas layanan, guna menjangkau lebih banyak pelanggan untuk merasakan kualitas produk serta layanan berstandar Mitsubishi Motors.

Seiring dengan agresifnya pergerakan informasi, perkembangan teknologi, juga persaingan bisnis yang membentuk permintaan pelanggan, sebagai pelaku prosedur operasi standar, dealer perlu siap menghadapi hal tersebut. Maka untuk memastikan berjalannya praktik dalam keseharian proses bisnis pada dealer, MMKSI menyelenggarakan program National Contest untuk SDM dealer di seluruh Indonesia.

Melalui program ini, PT MMKSI memberikan penghargaan kepada SDM dealer yang mampu menunjukkan kualitas yang diharapkan mulai dari jenjang operasional baik yang kerap berinteraksi dengan pelanggan, hingga jenjang manajerial yang mengatur strategi bisnis. Kontes ini menguji kemampuan SDM dealer Mitsubishi Motors, yang meliputi unsur layanan di area Sales, After Sales, dan Customer Satisfaction. Beberapa tahap seleksi dilakukan sepanjang tahun 2019, dan sebagai puncak penghargaan bagi pencapaian dealer dalam kontes, MMKSI menyelenggarakan “Awarding Ceremony – National Contest” pada Selasa, 17 Desember 2019.

Pelaksanaan program ini juga sejalan dengan tagline Mitsubishi Motors, “Drive Your Ambition”, dan diharapkan dapat mendorong dealer Mitsubishi Motors di berbagai daerah di Indonesia untuk memiliki ambisi menghasilkan SDM dengan kualitas yang mumpuni dan diakui, tidak hanya oleh MMKSI sebagai pemegang merek & distributor, tetapi juga oleh pelanggan.

“Tahun ini Mitsubishi Motors berhasil meraih penghargaan peringkat tertinggi CSI, SSI, dan IQS dari J.D. Power. Hal ini merupakan bukti keseriusan kami dalam menjaga kualitas produk dan layanan Mitsubishi Motors di Indonesia. Program National Contest yang kami selenggarakan setiap tahunnya, menjadi salah satu langkah konkret untuk memotivasi seluruh personel dealer dalam memberikan pelayanan terbaik guna mencapai kepuasan pelanggan, baik dari aspek penjualan maupun purnajual, baik dari level operasional hingga manajerial. Kami tidak hanya sekedar menghadirkan jajaran produk unggulan dengan kualitas, performa, dan teknologi yang disematkan, tetapi juga layanan prima yang berorientasikan kepuasan pelanggan,” ungkap Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division.

Beragam kategori yang dilombakan pada kontes ini ialah sebagai berikut:

Sales Appraisal Program

Dari sisi layanan penjualan, kategori Sales Appraisal Program (SAP) dalam kontes nasional menjadi agenda tahunan MMKSI untuk memotivasi tenaga penjual mulai dari level Sales Force, Sales Supervisor, dan Sales Manajer untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas penjualan, memberikan kepuasan pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelanggan Mitsubishi Motors.

Poin-poin yang dievaluasi dalam kategori SAP untuk tenaga penjual meliputi produktivitas penjualan seorang Sales Force yang didukung oleh pengetahuan produk yang baik, kemampuan berkomunikasi dalam menjelaskan produk, serta kualitas pelayanan yang maksimal kepada seluruh pelanggan Mitsubishi Motors.

Pada level Sales Supervisor dan Sales Manajer, aspek evaluasi lebih ditekankan pada kepemimpinan di dalam tim (team leadership) serta pencapaian target penjualan (target achievement).

After Sales Contest

Pada kategori after sales, kontes juga diadakan setiap tahun guna memotivasi tenaga kerja after sales untuk meningkatkan kemampuan dalam pelayanan, sehingga kepuasan pelanggan saat melakukan kegiatan servis dapat tercapai.

Kontes after sales dibagi menjadi empat kategori: (1)Technician Contest, kontes bagi mekanik senior. (2) Service Advisor Contest, kontes bagi Service Advisor, (3) Periodical Maintenance Contest, kontes bagi mekanik junior, dan (4) After Sales Manajer Contest, kontes yang baru diusung di tahun 2019 bagi Manajer After Sales yang ada di bengkel resmi Mitsubishi Motors seluruh Indonesia.

Nilai yang dievaluasi pada kontes after sales ini juga dibagi menurut tugas masing-masing. Dalam Technician Contest, teknisi harus memiliki keterampilan dan kemampuan dalam menangani perbaikan kendaraan penumpang pada dealer, mampu menangani permasalahan yang ada dengan cepat dan sesuai dengan prosedur workshop manual yang ada. Tidak hanya itu, teknisi juga harus mampu menggunakan alat ukur dan “MUT III”, yang merupakan mesin scanner yang tersedia di dealer resmi Mitsubishi Motors.

Sedangkan pada Service Advisor Contest, seorang service advisor harus memiliki keterampilan dan kemampuan dalam melakukan proses penerimaan hingga penyerahan kendaraan saat pelanggan melakukan servis di dealer. Dalam proses penerimaan pelanggan ini, seorang service advisor harus menerapkan 7 Step Procedure, yang meliputi kemampuan teknik pelayanan dan konsultan permasalahan pada kendaraan penumpang, selain memiliki semangat cross-selling dalam menawarkan produk perawatan kendaraan, sehingga pelanggan mendapatkan informasi yang tepat atas perawatan kendaraan di dealer resmi Mitsubishi Motors.

Dalam kontes Periodical Maintenance, peserta harus memiliki keterampilan dan kemampuan dalam melakukan proses perawatan berkala pada kendaraan penumpang yang sesuai dengan service booklet, flat rate, dan workshop manual. Kontes ini mencatat kecepatan kerja serta kualitas yang maksimal dan sesuai dengan standar kerja pada dealer resmi sebagai salah satu aspek penting.

Terakhir, dalam After Sales Manajer Contest, seorang Manajer After Sales harus mampu membuat suatu perbaikan (improvement) berkaitan dengan bidang kerja service, spare part atau kepuasan pelanggan. Kemampuan seorang Manajer After Sales mempresentasikan program perbaikan yang sudah dilakukan di dealer dengan lengkap dan jelas, merupakan salah satu aspek penting penilaian.

Dealer PDCA Contest

Dealer PDCA Contest dengan CSO (Customer Satisfaction Officer) sebagai peserta kontes ini secara tahunan dilaksanakan guna meningkatkan kualitas layanan di dealer, baik layanan di area sales maupun area after sales, melalui CSO sebagai agen yang membawa perubahan.

Peserta pada kompetisi aftersales.  Ist
Peserta pada kompetisi aftersales. Ist

Dealer PDCA Contest mengusung konsep kaizen/PDCA (PlanDoCheckAction), yaitu perbaikan terus-menerus di area yang bersentuhan dengan customer satisfaction berdasarkan situasi aktual yang ada di dealer. Sama dengan konsep kaizen pada umumnya, kaizen dalam kontes ini mencakup nilai perbaikan berkesinambungan dan melibatkan elemen SDM lainnya, mulai dari level operasional hingga manajemen.

Dalam kontes ini, CSO harus mampu menganalisa celah yang dapat diperbaiki berdasarkan observasi situasi aktual pada dealer dan data-data yang tersedia termasuk suara pelanggan, kemudian membuat dan menjalankan rencana perbaikan di dealer, lalu mengevaluasi hasil perbaikan yang sudah dijalankan.

Dealer PDCA Contest, menilai program perbaikan layanan di area Sales (SSI) dan After Sales (CSI), dealer harus mampu meningkatkan kualitas layanan yang dimonitor melalui survey lokal SSI dan CSI. CSO harus mampu mempresentasikan program perbaikan yang sudah dilakukan di dealer dengan lengkap dan jelas, hal ini juga merupakan salah satu aspek penilaian penting dalam kontes ini.

Seluruh proses kontes dan penjurian telah dilakukan pada dua hari pelaksanaan tahapan final pada tanggal 16-17 Desember 2019. Nama pemenang telah diumumkan pada sesi awarding ceremony dan penghargaan telah diserahkan oleh manajemen MMKSI.

Para pemenang Sales Appraisal Program dan After Sales Contest mendapatkan hadiah berupa trofi dan wisata ke luar negeri. Sedangkan pemenang dealer PDCA Contest mendapatkan hadiah berupa trofi dan fasilitas pendukung opersional pelayanan di dealer.

Daftar Pemenang National Contest

Sales Appraisal Program
Sales Force Juara 1 : Bintang Perdhana Boediharjo – PT Sun Star Motor, Surabaya
Juara 2 : Rifa Dwi Styaning Anugrahati – PT Borobudur Oto Mobil, Yogyakarta
Juara 3 : Hesti Ratnasari Karo Karo – PT Sardana Indah Berlian Motor, Medan
Sales Supervisor Juara 1 : Kusniaty – PT Sardana Indah Berlian Motor, Medan
Juara 2 : Rudi Halim – PT Bumen Redja abadi, Jakarta Selatan
Juara 3 : Christian Wijaya – PT Dwindo Berlian Samjaya, Tangerang
Sales Manager Juara 1 : Ermayuni – PT Dipo International Pahala Otomotif, Pekanbaru
Juara 2 : Alrisjky Romadhona – PT Srikandi Diamond Indah Motors, Surabaya
Juara 3 : Liznayati – PT Bosowa Berlian Motor, Makassar
After Sales Contest
Technician Contest Juara 1 : Suwandi – PT Sun Star Motor, Semarang
Juara 2 : Ahmad Munawir –  PT Budi Berlian Motors, Lampung
Juara 3 : Iwan Fajjar dari dealer PT Dipo International Pahala Otomotif, Jakarta
Periodical Maintenance Contest Juara 1 : Taripar Simamora – PT Sardana Indah Berlian Motor, Medan
Juara 2 : Ridwan Wahid Santoso – PT Srikandi Diamond Indah Motors, Surabaya
Juara 3 : Budiman – PT Suryaputra Sarana, Bandung
Service Advisor Contest Juara 1 : Agung Sanjaya – PT Lautan Berlian Utama Motor, Jakarta
Juara 2 : Ade Kurnia Rahman – PT Bumen Redja abadi, Semarang
Juara 3 : Pariono – PT Nusantara Berlian Motor, Medan
After Sales Manager Juara 1 : Wijaya – PT Sardana Indah Berlian Motor, Medan
Juara 2 : Indar Widiyanto – PT Sun Star Motor, Banyumas
Juara 3 : M. Daud Yusuf – PT Dwindo Berlian Samjaya, Jakarta

 

Dealer PDCA Contest 2019
Dealer PDCA Juara – Grade A, Yongki Sahetapy – PT. Nusantara Berlian Motor, Cinere

Runner Up – Grade A, Tonang Sugiarto – PT. Srikandi Diamond Motors, Tangerang

Juara – Grade B, Rr. Tiara Ayu Mentari – PT. Sun Star Motor, Singosari

Runner Up – Grade B, Navrieda Dewi W dari diler PT. Borobudur Oto Mobil – Yogyakarta

Juara – Grade C, Hebriani Br Karo – PT. Sun Star Prima Motor, Siliwangi

Runner Up – Grade C, Alim Adhitya Nugraha – PT. Bosowa Berlian Motor, Kendari

Juara – Grade D, Yustisia Dewi Windyaningrum – PT. Sun Star Motor, Salatiga

Runner Up – Grader D, Irine Nurul Fiani – PT. Sun Star Motor, Sidoarjo

About Gatot Irawan

Check Also

Dealer Baru 3S Fuso di Tulang Bawang, Lampung

Lampung, NextID – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor kendaraan niaga Mitsubishi Fuso …

Leave a Reply