Sunday , 1 August 2021
Home / Auto / Cititrans Menjejak Yogyakarta
Peresmian Pool Cititrans di DI Yogyakarta, sekaligus pembukaan rute baru Yogyakarta - Semrang. Ist

Cititrans Menjejak Yogyakarta

Yogyakarta, NextID – Cititrans penyedia layanan Executive Shuttle, secara resmi membuka pool di Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (12/12) seiring dengan dibukanya rute Yogyakarta – Semarang yang menjadi kota penutup dari ekspansi Cititrans di Jawa di 2019. Pool yang berlokasi di Jalan Urip Sumoharjo No. 131, akan berfungsi sebagai Hub (Pool Pusat) yang akan menghubungkan bisnis di kota-kota di sekitar Yogyakarta, seiring dengan pembukaan rute baru Yogyakarta – Semarang.

Andrew Arristianto, CEO Cititrans, mengatakan, Yogyakarta yang merupakan Kota Pusat Budaya dan Pelajar Indonesia adalah kota terbesar keenam di pulau Jawa di mana Pariwisata adalah komoditi ekonomi yang sangat terasa di kota ini. Maka dari itu, Yogyakarta merupakan pasar yang sangat potensial bagi Cititrans. “Kami mengharapkan pertumbuhan di kota ini akan selalu positif. Ini melihat pertumbuhan ekonomi kota Yogyakarta yang sangat pesat dari tahun 2018, seperti pembangunan underpass di jalan lingkar utara Kentungan Sleman dan proyek pembangunan jalan underpass jalur lintas selatan di sekitar bandara baru Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo.  Ini sejalan dengan misi perusahaan kami, yaitu menjadi moda transportasi andalan yang menghubungkan satu kota ke kota lain dengan menawarkan pengalaman bepergian yang nyaman dan aman,” ujarnya.

Pada fase awal pengembangan rute Yogyakarta – Semarang, Cititrans akan mengoperasikan 10 armada yang akan melayani 2 jalur keberangkatan menuju Semarang, yakni rute langsung Yogyakarta-Semarang via Tol dan rute Yogyakarta – Semarang via Magelang dengan keberangkatan setiap jam. Pemesanan tiket sudah dibuka dari tanggal 2 Desember melalui call center, website dan aplikasi Cititrans untuk keberangkatan mulai dari 12 Desember 2019.

Menurut Andrew,  Cititrans memberikan promo khusus akhir tahun yang dapat dinikmati pelanggan. Harga tiket untuk rute Yogyakarta – Semarang (direct Tol) adalah Rp 110 ribu untuk pembelian langsung di counter Cititrans, dan harga khusus diberikan untuk pelanggan yang melakukan pembelian melalui Website dan Mobile Apps Cititrans sebesar Rp 95 ribu. Sedangkan harga tiket rute Yogyakarta – Semarang (via Magelang) adalah Rp 100 ribu untuk pembelian langsung di counter Cititrans, dan khusus untuk pembelian melalui Website dan Mobile Apps Cititrans sebsar Rp 85 ribu.

Pool Yogyakarta dengan Rute Yogyakarta – Semarang merupakan investasi terakhir yang akan dikukuhkan oleh Cititrans di tahun 2019. Di tahun 2020, Cititrans kembali akan mengembangkan beberapa rute baru untuk semakin dapat menjangkau lebih banyak masyarakat.

CEO Cititrans Andrew  Arristianto.  Ist
CEO Cititrans Andrew Arristianto. Ist

Pada bulan Maret 2019, Cititrans secara resmi diakuisisi oleh PT Blue Bird Tbk. Akuisisi ini merupakan langkah strategis dari Cititrans dan PT Blue Bird Tbk guna memperluas jangkauan Cititrans dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan sebuah transportasi shuttle yang aman, nyaman dan terpercaya khususnya di area Jawa.

Cititrans Executive Shuttle

“Cititrans adalah Executive Shuttle yang berasaskan pengembangan yang merupakan salah satu landasan dalam menghadirkan layanan transportasi. Dibutuhkan waktu dan pemikiran dalam menentukan jenis kendaraan yang tepat untuk kami gunakan. Ada 3 Faktor yang kami perhatikan dalam penentuan unit, keamanan, kenyamanan, dan dampak lingkungan,” imbuh Andrew.

Dari sisi keamanan, unit Cititrans sudah dilengkapi dengan system ABS+BA pada sistem rem, seatbelt pada setiap kursi penumpang sebagai standar keamanan semua armada.

“Dari sisi kenyamanan, kami mendesain ulang kabin semua armada dari segala aspek demi tercapainya suatu pengalaman berkendara yang terbaik. Fokus pertama yang kami kembangkan adalah bagian dari kendaraan yang memiliki interaksi langsung dengan penumpang yaitu kursi. Kami telah merancang sistem personal seat yang mengakomodasi kenyamanan dan privasi masing-masing penumpang. Adapun tambahan fitur seperti sandaran yang bisa disesuaikan dan USB port untuk pengisian daya baterai,” tambahnya.

“Tidak hanya difokuskan pada kursi, kami juga memperhatikan desain kabin secara keseluruhan. Salah satunya adalah memastikan agar tingkat kesejukan kabin dapat terjaga dengan baik. Selain itu kami menempatkan tirai pada seluruh bagian jendela samping kendaraan untuk kenyamanan penumpang selama perjalanan. Dari sisi dampak lingkungan, unit yang kami gunakan memiliki mesin yang telah memenuhi standard emisi Euro 2 dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik,” tutupnya.

 

About Gatot Irawan

Check Also

Honda “Siap Perang” Jelang F1 Grand Prix Hungaria

Budapest, NextID – Tim balap Honda kembali bersiap untuk melakukan balapan F1 Grand Prix Hungaria …

Leave a Reply