Wednesday , 4 August 2021
Home / Auto / Merasakan Sensasi GR Supra yang Unik dan Personal
Tiga unit GR Supra di Sirkuit Sentul. Ist

Merasakan Sensasi GR Supra yang Unik dan Personal

Jakarta, NextID – Inilah pembeberan terang benderang bahwa Toyota GR Supra berjuluk “supreme fun to drive” – merupakan julukan yang berani mengklaim sebagai mobil sport yang memiliki daya emosional tinggi. Oleh sebab itu PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengajak para jurnalis nasional untuk mencicipi secara langsung performa mobil sportscar Toyota itu.

Toyota GR Supra, yang dilahirkan kembali setelah lama menghilang dalam paket yang tidak hanya mempesona, tapi juga menunjukkan keseriusan dan keandalan Toyota dalam menciptakan mobil sport yang dapat memberikan pengalaman unik dan personal kepada penggunanya.

“Kehadiran GR Supra adalah bagian komitmen kami dalam menghadirkan produk yang lengkap di pasar Indonesia, selaras dengan kebutuhan dan kepuasan konsumen yang kian dinamis. Pelanggan kini tidak lagi hanya berorientasi pada aspek fungsional, tapi juga kian berorientasi pada sisi emosional. Inilah yang menjadi arah produk mobil Toyota ke depan, termasuk GR Supra,” kata Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy.

Toyota GR Supra datang dengan membawa DNA racing kental yang telah diwarisi secara turun-temurun mulai dari generasi awal Supra di tahun 1978. Generasi kelima ini diciptakan untuk menyajikan sensasi berkendara yang unik dan personal. Mulai dari desain bodinya yang klasik dan atraktif, duduk di dalam kokpit driver-oriented dengan citarasa mobil sport modern, hingga merasakan langsung sensasi berkendara yang memacu adrenalin.

Inilah unit GR Supra yang diobok-obok jurnalis di Sirkuit Sentul.  Ist
Inilah unit GR Supra yang diobok-obok jurnalis di Sirkuit Sentul. Ist

Pengalaman sensasional tersebut yang ingin ditularkan oleh Toyota kepada jurnalis media nasional di kesempatan Toyota Sport Cars Media Experience yang berlangsung di Sirkuit Sentul, Jawa Barat, Rabu (20/11). Dengan mengajak jurnalis melihat dan merasakan langsung performa Toyota GR Supra di sirkuit, seluruh value yang dimiliki dapat ditampilkan untuk membuktikan Toyota GR Supra merupakan ras mobil sport sejati.

GR Supra pertama kali diperkenalkan di Indonesia saat pameran otomotif akbar Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019 bulan Juli lalu. Penampilan yang ikonik dengan paparan gaya khas Supra yang kental dan dibungkus oleh pola desain yang memiliki daya magis kuat, menarik perhatian pengunjung pameran di Booth Toyota.

Toyota GAZOO Racing

Melekatkan kode GR yang merupakan inisial dari Toyota GAZOO Racing (TGR), menunjukkan komitmen Toyota untuk melingkupi Supra terbaru dengan berbagai aspek mobilsport modern yang tetap nyaman dan mudah dikendalikan di jalan saat dipakai sehari-hari. TGR merupakan divisi motorsport Toyota yang fokus pada pengembangan mobil balap sejak tahun 2015 lalu. Berbekal sumber daya yang berpengalaman dan fasilitas pengembangan teknologi terbaik, TGR diberikan kepercayaan penuh untuk melahirkan Toyota GR Supra sejak dari coretan awal.

Markus Gideon, pembeli pertama GR Supra tengah menjajalnya di Sirkuit Sentul.  Ist
Markus Gideon, pembeli pertama GR Supra tengah menjajalnya di Sirkuit Sentul. Ist

TGR memiliki sumber daya manusia dengan bekal pengalaman dan pengetahuan terkait pengembangan mobil sport yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman. TGR juga memiliki fasilitas pengujian performa yang memadai untuk merancang dengan presisi sebuah sportscar sesuai dengan target yang dicanangkan. Berbagai database terkait mobil balap Toyota dimiliki oleh TGR, termasuk rekam jejak Toyota Supra di masa lampau.

Tidak hanya di dunia balap, TGR juga memiliki pengalaman dalam memahami kendaraan yang sesuai untuk kebutuhan di jalan raya, termasuk project 5 Continents Drive yang mengajak karyawan Toyota untuk turun langsung ke jalanan di seluruh dunia mendapatkan dukungan penuh dari TGR sejak tahun 2014. Perjalanan ini baru saja menuntaskan etape untuk Indonesia pada 12 – 15 November 2019 lalu. “Road train people, people make cars”, menjadi arahan bagi TGR untuk mengembangkan mobil sport yang dapat digunakan di jalan raya dengan tantangan yang berbeda total dari sirkuit balap.

Pengujian Melewati Limit

Saat pengembangan, Toyota GR Supra melewati serangkaian uji coba di lintasan sirkuit balap dan turun ke jalan di berbagai negara di dunia. Targetnya, menemukan komposisi dan kunci terbaik sportscar sejati yang tetap mampu memberikan kenyamanan berkendara untuk dipakai sehari-hari.

GR Supra merupakan produk global GR Toyota pertama yang diproduksi di Magna Steyr, Graz Plant Austria.  Ist
GR Supra merupakan produk global GR Toyota pertama yang diproduksi di Magna Steyr, Graz Plant Austria. Ist

Nyaris 90% waktu pengembangan Toyota GR Supra dihabiskan di jalan umum, di antaranya dibawa melalui jalan tol di negara Jerman yang memiliki speed limit “tanpa batas” sehingga dapat dipacu sampai kecepatan tertinggi yang bisa diraih, menelusuri jalan perkotaan di sekitar sirkuit Nurburgring, serta merasakan berkendara di jalan tol negara Amerika Serikat, hingga ke negara Swedia untuk menjalani musim dingin membeku dengan jalan diselimuti salju tebal. “Go where customer goes,” begitu filosofi singkatnya.

Pengujian tanpa lelah itu melahirkan tiga elemen kunci, yaitu jarak sumbu roda (wheelbase), tapak (tread) dan pusat gravitasi (center of gravity). Para engineer TGR memutuskan untuk memperkecil jarak wheelbase, merendahkan pusat gravitasi, dan mengatur distribusi berat kendaraan menjadi seimbang 50:50 antara bagian depan dengan belakang. Keseimbangan tiga elemen inilah yang yang membuat GR Supra terasa fun ketika dikendarai.

Sport Cars dengan Daya Emosional Tinggi

Sebuah mobil sport modern memiliki peran aktif dalam menyajikan emosi penuh rasa gembira dengan cara membuat ikatan emosional yang kuat. Sejak pertama melihatnya,pengguna GR Supra akan dibuat terpesona dan merasa gembira ketika berada di balik kemudi. Menghasilkan drivability yang kuat menjadi salah satu poin utama dalam pengembangan GR Supra agar bisa tercapai.

Salah satunya dengan menanamkan mesin 3000 cc dan 6 silinder inline yang powerful yang mewarisi DNA empat generasi Supra sebelumnya. Mobil sport ini “beringas” karena tenaganya mencapai 340 PS tetapi mampu memberikan fun to drive pada pecinta mobil sport. Tenaganya yang spontan itu juga berkat Twin-scroll Turbocharger ditanamkan untuk memastikan mesin dapat menyalurkan power terbaik di setiap rentang putaran mesin. GR Supra merupakan produk global GR Toyota pertama yang diproduksi di Magna Steyr, Graz Plant Austria.

Guna memperkuat sensasi berkendara, gardan belakang GR Supra dilengkapi fitur Limited Slip Differential (LSD) yang dikontrol secara elektronik. Fitur ini mampu membuat mobil meluncur mulus saat di tikungan, dan segera bisa dipacu begitu menggapai jalan lurus dengan menjaga pembagian traksi antara ban kiri dan kanan secara simultan. Selain itu, GR Supra dilengkapi transmisi 8-speed Sport Automatic dengan rasio gigi rapat supaya dapat mendistribusikan tenaga dengan gesit ketika berjalan santai atau terkena kondisi stop and go di dalam kota.

Kesan mobil balap klasik begitu terasa dengan hadirnya kap mesin memanjang dan menyisakan sedikit area kabin di belakang. Keunikan tampak dari desain atap double bubble untuk mengalirkan udara ke spoiler belakang minimalis berbentuk duck-tail untuk memberi tambahan downforce. Toyota GR Supra juga dilengkapi kombinasi lampu LED pada bagian depan dan belakang yang sporty, velg alloy 19 inch yang gagah dan dinamis, serta ujung knalpot ganda di antara fog lamp belakang dan lampu mundur bergaya lampu mobil balap F1.

Kokpit GR Supra dirancang untuk memberikan posisi duduk natural sehingga pengemudi dapat berkonsentrasi penuh saat mengemudi tanpa terdistraksi oleh bermacam instrumen. Selain itu, tampilan meter-cluster semi digital juga memberikan kemudahan dalam membaca informasi yang ditampilkan. Untuk membuat perjalanan semakin nyaman, kabin GR Supra dilengkapi sistem multimedia berlayar 8,8 inch dengan teknologi layar sentuh dan didukung 10 speakers.

“Kehadiran GR Supra ini merupakan wujud apresiasi kami kepada pelanggan sekaligus menunjukkan semangat Toyota yang senantiasa berupaya menghadirkan produk, teknologi, dan layanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin modern. GR Supra tak hanya mumpuni di lintasan pacu namunmenghadirkan performa kelincahan dan kenyamanan untuk pemakaian normal sebagai wujud “ever better cars”. Khusus untuk merasakan itu semua, kami mengajak rekan jurnalis media nasional untuk membuktikannya,” cetus Executive GM TAM Fransiscus Soerjopranoto.

Markus Gideon (tengah) usai seremoni penyerahan unit berfoto dengan pebalap TTI dan manajemen TAM.  Ist
Markus Gideon (tengah) usai seremoni penyerahan unit berfoto dengan pebalap TTI dan manajemen TAM. Ist

About Gatot Irawan

Check Also

Mitsubishi Automotive Group Dukung Pemerintah Indonesia dalam Program Penanggulangan Covid-19

Jakarta, NextID – Grup otomotif Mitsubishi dan partner Indonesia Krama Yudha Group yang diwakili oleh …

Leave a Reply