Home / Auto / Test Drive “Syur” dan Nikmat ala Toyota!
Saat melintasi Semarang maka tampaklah lokasi ikonik ini - Lawang Sewu. Ist

Test Drive “Syur” dan Nikmat ala Toyota!

Semarang, NextID – Journalist Test Drive (JTD) New Avanza dan New Veloz yang berlangsung 3-4 Maret 2019 digelar PT Toyota Astra Motor (TAM). Perjalanan test drive selama dua hari ini dirancang menyusuri jalan kolektor, jalan arteri maupun jalan tol di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah yang merupakan bagian dari Trans Jawa dengan rute Cirebon-Semarang- Maglang dan Yogjakarta.

Perjalanan JTD New Avanza-New Veloz hari kedua dimulai dari Hotel PO Semarang Tengah menuju ke Magelang guna melakukan serangkaian aktifitas interaktif dan menarik bertajuk Media Activity Indonesia Greatness di Kawasan sekitar Candi Borbudur, yaitu Balkondes (Balai Ekonomi Desa) Borobudur dan Balkondes TukSongo yang berlokasi di Jalan Borobudur Ngadiharjo, Magelang.

Perjalanan dari Semarang ke Magelang ini merupakan perjalanan panjang kedua peserta JTD New Avanza-New Veloz yang sudah memasuki hari terakhir. Menempuh jarak sekitar 100 km dengan perkiraan waktu tempuh 2,5 jam, karakteristik jalan yang dilalui juga beragam. Selain jalan arteri perkotaan, jalan tol, perjalanan menuju Magelang juga melintasi jalan kolektor luar kota.

Aktifitas Cooking Challenge untuk merasakan pengalaman menjadi seorang koki yang dipandu oleh seorang chef berpengalaman saat berkunjung ke Pendopo Plataran Borobudur Heritage.  Ist
Aktifitas Cooking Challenge untuk merasakan pengalaman menjadi seorang koki yang dipandu oleh seorang chef berpengalaman saat berkunjung ke Pendopo Plataran Borobudur Heritage. Ist

Dari Hotel PO para jurnalis harus menempuh ruas jalan arteri perkotaan Semarang yang padat menuju pintu tol ruas tol Tembalang-Ungaran yang jaraknya mencapai 11,6 km. Selanjutnya, New Avanza dan New Veloz yang dikendarai para jurnalis akan melintasi ruas tol Tembalang-Ungaran sejauh 16,3 km dan Ungaran-Bawen (11,3 km) yang juga merupakan jalan Tol Trans Jawa. Selepas dari pintu exit Bawen, jalan menuju Magelang adalah jalan kolektur luar kota beraspal mulus, sedikit tanjakan dan tikungan, namun traffic-nya cukup padat karena merupakan salah satu jaringan jalan nasional Trans Jawa.

Pengalaman berkendara dengan New Avanza dan New Veloz melakoni rute Semarang-Magelang ini juga menjadi upaya para jurnalis mengetahui lebih banyak lagi berbagai kelebihan yang dimiliki oleh generasi terbaru low-MPV terlaris Toyota ini.

Sedari awal, Avanza memang didesain untuk menjadi kendaraan keluarga atau MPV dengan karakter atau DNA yang mampu memenuhi perkembangan kebutuhan mobilitas masyarakat dari waktu ke waktu. Rancangan Avanza didahului survei untuk mengetahui karakter sosiologis dan mobilitas keluarga Indonesia serta kondisi infrastruktur atau jalanan di berbagai daerah Indonesia.

DNA tersebut masih tetap melekat di New Avanza dan New Veloz yang kini hadir memenuhi ekspektasi pelanggan akan sebuah MPV yang makin nyaman, aman, modern dan tangguh. Selain melakukan improvement pada kaki-kaki dan rangka, perjalanan jauh dengan kedua mobil ini semakin nyaman karena sentuhan improvement yang dilakukan juga telah membuat tingkat kekedapan suara pada New Avanza dan New Veloz lebih senyap dibandingkan pendahulunya.

Saat di Balkondes Tuk Songo. Di sini kami membuat kerajinan gerabah.  Ist
Saat di Balkondes Tuk Songo. Di sini kami membuat kerajinan gerabah. Ist

Modifikasi pada insulator yang diletakkan di sasis bagian belakang, floor serta dash panel bagian depan, serta penggunaan ban ukuran 15” membuat ruangan kabin semakin kedap suara sehingga memberikan kenyamanan ekstra untuk seluruh penumpang. Apalagi, Toyota juga telah melakukan perubahan program pada Electric Power Steering agar New Avanza-New Veloz makin lebih enak dikendarai baik dalam kecepatan rendah maupun kecepatan tinggi.

Sementara untuk sisi keselamatan berkendara, New Avanza dan New Vleoz merupakan low-MPV yang memiliki fitur keselamatan paling lengkap pertama di kelasnya. Untuk fitur keselamatan New Avanza dan Nnew Veloz dilengkapi dengan Dual SRS Airbags, Seatbelt with Pretensioner & Force Limiter, ABS (Anti-Lock Braking System), ISOFIX, 3-Points Seatbelt, Side Impact Beam, dan Front Passenger Seat belt Warning.

Selepas aktifitas di Balkondes Borobudur dan Balkondes Tuksongo, para jurnalis melakukan aktifitas Cooking Challenge untuk merasakan pengalaman menjadi seorang koki yang dipandu oleh seorang chef berpengalaman saat berkunjung ke Pendopo Plataran Borobudur Heritage yang berjarak hampir 2 km dari tempat sebelumnya. Di Pendopo Plataran Borobudur yang merupaka sebuah resto dengan desain menarik dan menampilkan ornament perlengkapan dapur tempo dulu, setiap pengunjung yang datang memang diberikan kesepatan untuk memasak makanana khas Magelang.

Lokasi makan siang di Magelang, sebelum ke Yogyakarta.  Ist
Lokasi makan siang di Magelang, sebelum ke Yogyakarta. Ist

Selanjutnya para jurnalis selanjutnya menuju Amarta Borobudur Resto untuk melakukan santap siang yang lokasinya berjarak sekitar 7 km dari lokasi sebelumnya. Amarta Borobudur Resto yang terletak di Jalan Mendut-Sendang Sono Magelang merupakan resto bernuansa resor berbentuk Joglo dan ornament Rumah Jawa menyajikan makan khas Indonesia.

Di sinilah hadir sosok Erix Soekamti yang menjelaskan program uniknya, sekaligus bagaimana dia melakukan pendokumentasian tempat-tempat wisata yang dilalui timnya dan yang akan dilakukan berikutnya. Detilnya lihat ditulisan lain.

Aktifitas perjalanan para jurnalis JTD New Avanza dan New Veloz hari kedua di Jawa Tengah diakhiri dengan perjalan menuju Bandara Internasional Adisucipto Yogjakarta untuk kembali ke Jakarta. Berjarak sekitar 40 km dengan jarak tempuh berkisar 1 jam 30 menit, perjalanan ke bandara bersejarah itu melewati jalan kolektor luar kota yang menghubungkan Propinsi Jawa Tengah dengan DI Yogjakarta, serta dan jalan arteri dalam kota Yogjakarta yang cukup padat.

Kondisi jalan kolektor luas kota Yogjakarta ke Magelang yang beraspal mulus dengan banyak trek lurus ini sangat cocok untuk menguji kelincahan, ketangguhan dan kenyamana New Avanza dan New Veloz dalam lintasan luar kota yang kondisi lalu lintas kesehariannya cukup padat. Paling tidak para jurnalis bisa merasakan fitur-fitur entertainment terbaru yang disematkan pada New Avanza dan New Veloz seperti penggunaan teknologi touchscreen, steering switch, dimana head unit, security system back sensor dan outer mirror-nya juga telah menggunakan integrated system.

Interior New Veloz.
Interior New Veloz.

Baik pemgemudi maupun penumpang New Avanza dan New Veloz juga semakin nyaman saat berada di kabin karena sisi interior hadir dengan warna interior yang mewah serta cover seat baru, pada New Veloz bahkah stitching-nya berwarna merah menegaskan nuansa yang sporty di kabin.
Untuk pengemudi, tampilan meter cluster pun hadir lebih modern dan mudah dibaca informasinya, sementara desain center cluster dan A/C control juga mengalami penyegaran. Semua varian New Avanza dan New Veloz menggunakan console box yang dilengkapi illumination lamp, power slot (row 1 dan 2), dan USB port (row 3).

Acara yang yang digelar selama dua hari oleh PT Toyota Astra Motor, mendapat apresiasi potitif dari peserta. Kami merasa cukup puas atas rute, pelayanan panitia dan tim pendukung. Jika mengharapkan akan mendapatkan pengalaman “Passion for Greatness with New Avanza-Veloz” – jelas kena!

About Gatot Irawan

Check Also

MG Cyberster Membetot Perhatian di GIIAS 2024

Tangerang, NextID – Ada yang unik dan menarik di ajang GIIAS 2024, yakni di booth MG …

Leave a Reply