Home / Auto / New Avanza dan New Veloz Melintas Nyaman dan Aman di Trans Jawa
Salah satu sudut kota yang menarik dan menjadi latar belakang foto kegiatan ini. Ist

New Avanza dan New Veloz Melintas Nyaman dan Aman di Trans Jawa

Semarang, NextID – PT Toyota Astra Motor (TAM) menggelar serial test drive New Avanza dan New Veloz di jalur Trans Jawa. Setelah meluncurkannya pada pertengahan Januari lalu, akhirnya TAM mengajak jurnalis dari berbagai media untuk menikmati ketangguhan dan kenyamanan mobil ini yang telah mendapat berbagai improvement pada eksterior, interior, fitur kenyamanan dan keselamatan berkendara, termasuk pada rangka dan kaki-kaki.

Ini merupakan aktivitas kedua bersama awak media bertajuk Journalist Test Drive (JTD) New Avanza dan New Veloz yang berlangsung 3-4 Maret 2019. Perjalanan test drive dirancang menyusuri jalan kolektor, jalan arteri maupun jalan tol di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah yang merupakan bagian dari Trans Jawa dengan rute Cirebon-Semarang-Magelang dan Yogjakarta. Selama dua hari para jurnalis berkesempatan menguji performa New Avanza dan New Veloz sebagai kendaraan dengan DNA real MPV Indonesia.

Diselingi dengan berbagai aktivitas yang interaktif, termasuk mengunjungi beberapa tempat-tempat menarik di Jawa Tengah, peserta test drive menikmati performa New Avanza dan New Veloz yang jauh baik dibandingkan pendahulunya. Tidak hanya penampilan yang lebih menarik berkat improvement pada desain yang makin menawan, kedua mobil ini juga terasa makin lebih nyaman dan aman dikendarai juga karena mendapat sentuhan sejumlah improvement pada bagian rangka dan kaki-kaki.

“Harapan kami, melalui perjalanan ini rekan-rekan jurnalis dapat memenuhi rasa penasaran terhadap performa New Avanza-Veloz yang diluncurkan Januari lalu,” kata Director Marketing PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Para peserta menjadi "gila" motret karena lokasi penuh dengan sudut-sudut bermagnet.  Ist
Para peserta menjadi “gila” motret karena lokasi penuh dengan sudut-sudut bermagnet. Ist

Dipilihnya Jawa Tengah sebagai lokasi JTD mengingat salah satu kota di provinsi ini yang menjadi pusat aktivitas test drive yaitu, Magelang yang keberadaanya juga sudah mendunia dan tidak jauh berbeda dengan predikat yang disandang Avanza. Candi Borobudur yang berada di wilayah Magelang merupakan kebanggan Indonesia karena merupakan satu dari tujuh keajaiban dunia. Sedangkan Avanza merupakan mobil buatan Indonesia berkualitas global yang saat ini sangat diterima di lebih dari 30 negara di dunia.

Selain itu, baik Cirebon, Semarang, Magelang dan Yogjakarta merupakan kota-kota di Pulau Jawa yang tak pernah sepi dari berbagai aktivitas. Dengan dukungan sarana dan prasarana jalan yang sangat memadai, selain sebagai destinasi wisata pada saat musim liburan, jalan-jalan di kota-kota tersebut juga menjadi salah satu rute pilihan masyarakat saat musim mudik menggunakan berbagai jenis mobil dimana Avanza adalah salah satunya.

“Avanza tak hanya dikenal sebagi MPV produk Indonesia berkualitas global yang sangat diterima di banyak negara belahan dunia. Selama 15 tahun kehadirannya di Indonesia, Avanza juga mampu mendorong industri otomotif nasional dan menjadi MPV terlaris sehingga tema kehadiran New Avanza dan New Veloz ini adalah Part of Indonesian Greatness. Avanza telah menjadi mobil pilihan keluarga Indonesia dan terkenal sebagai low-MPV yang tangguh, nyaman dan aman dikendarai untuk perjalanan jauh” kata Anton.

Sudah Teruji
Perjalanan JTD New Avanza dan New Veloz hari pertama dimulai Stasiun Kereta Api Cirebon yang berlokasi di Jalan Stasiun No. 6, Kesenden, Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat menuju lokasi makan siang para jurnalis media otomotif peserta JTD di Lawangrasa Resto yang terletak di kawasan Jalan Raya Cirebon-Kuningan, tepatnya di Kondangsari, Beber Cirebon, Jawa Barat.

Lokasinya berjarak sekitar 13,5 km dari Stasiun KA Cirebon, atau sekitar 30 menit waktu tempuh, resto yang menyatu dengan Desa Alamanis Resort ini merupakan resto yang menyuguhkan berbagai menu khas Nusantara sambil menikmati hijaunya pemandangan pegunungan, serta keindahan Kota Cirebon dari atas perbukitan.

Di Stasiun Kereta Api Cirebon, bersiap menuju Semarang di hari pertama.  Ist
Di Stasiun Kereta Api Cirebon, bersiap menuju Semarang di hari pertama. Ist

Selain jalan arteri dalam kota, perjalanan menuju Lawangrasa Resto juga melintasi jalan kolektor luar kota yang memiliki kontur menanjak, menghubungkan kawasan Kota Cirebon dan Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Kondisi Jalan Raya Cirebon-Kuningan ini sangat cocok untuk menguji kelincahan sekaligus ketangguhan Avanza dalam lintasan luar kota yang kondisi traffic kesehariannya cukup padat.

Seusai santap siang, para jurnalis peserta JTD bersiap menuju Kota Semarang. Perjalanan menuju ibukota Provinsi Jawa Tengah ini merupakan perjalanan terpanjang dari seluruh rangkaian perjalanan JTD New Avanza-New Veloz yang dilakoni para jurnalis.

Kami di Grup 5 mengendari New Veloz bertrnsmisi otomatis, jad jelas lebih nyaman karena fitur mewah yang menyertai varian tertinggi itu. New Veloz dan New Avanza juga dikenal sebagai kendaraan tahan banting dan mempunyai durability yang tangguh karena penggunaan sistem rangka semi monocoque dan sistem roda penggerak belakang atau rear wheel drive (RWD) yang tetap dipertahankan sampai saat ini. Sistem RWD membuat Avanza mempunyai daya dorong yang lebih kuat sehingga kinerja terlihat lebih unggul pada saat melalui jalanan penuh tanjakan, sehingga kendaraan ini tidak hanya nyaman dikendarai di dalam kota tapi juga dalam perjalanan ke luar kota.

Dimulai dari Gerbang Tol Ciperna Utama di Kota Cirebon dan merupakan bagian ruas tol Palimanan-Kanci atau berjarak sekitar 5 km dari Desa Alamanis Resort Cirebon, para jurnalis merasakan ruas-ruas jalan tol menuju Kota Semarang yang merupakan bagian dari jalan tol Trans Jawa dengan panjang totalnya 870 km. Jalan tol Trans Jawa sendiri membentang dari Merak Banten hingga Surabaya Jawa Timur dan telah diresmikan penggunaannya oleh Presiden Jokowi akhir 2018 lalu.

Setidaknya ada 5 (lima) ruas jalan tol Trans Jawa yang berada di wilayah Jabar dan Jateng dan akan dilintasi peserta JTD New Avanza-New Veloz dari Cirebon menuju Semarang. Selain sebagian ruas tol Palimanan-Kanci sepanjang 10 km, ruas Kanci-Pejagan sejauh 35 km dan Pejagan-Pemalang (58 km), ruas tol Trans Jawa lainnya yang akan dilalui adalah Pemalang-Batang sepanjang 40 km dan Batang-Semarang sejauh 75 km.

Sudut "antik" di Kota Tua Semarang.  Ist
Sudut “antik” di Kota Tua Semarang. Ist

Dengan jarak tempuh Cirebon-Semarang hampir sepanjang 220 km atau sekitar 3 jam waktu perjalanan melewati ruas-ruas jalan tol Trans Jawa, merupakan pengalaman tersendiri bagi para jurnalis otomotif memacu New Avanza dan New Veloz yang telah mendapat sentuhan improvement dan kini tampil beda dengan pendahulunya. Para jurnalis bisa mengelaborasi berbagai kelebihan New Avanza-New Veloz dalam kni hadir sebagai sebuah low-MPV yang nyaman, aman, dan tangguh untuk dikendarai pada berbagai tantangan medan.

Lumayan Nyaman
Untuk kelas ini, Avanza – New Veloz, lumayan nyaman. Komentar yang nyinyir di berbagi media boleh jadi karena ingin menarik perhatian. Biasalah itu. Soal kenyamanan tadi, Toyota telah melakukan improvement pada bagian rangka dan kaki-kaki dengan menyempurnakan coil spring dan shock absorber New Avanza-New Veloz sehingga lebih stabil dan nyaman. Keduanya juga menggunakan Electric Power Spring sehingga lebih enak dikendarai, baik dalam kecepatan rendah maupun pada kecepatan tinggi melintasi jalan bebas hambatan. Ini dibuktikan saat kami melewati jalan bebas hambatan, serasa lebih mantap.

Selain itu, pengunaan sistem roda belakang atau rear wheel drive (RWD) juga membuat risiko terjadinya understeer saat mengendarai Avanza-Veloz menjadi relatif kecil dibandingkan mobil front wheel drive (FWD) sehingga memungkinkan Avanza tetap lebih aman dipacu di jalan yang penuh belokan.

Setelah di jalan bebas hambatan, para jurnalis juga berkesempatan merasakan kenyaman berkendara New Avanza-New Veloz saat melintasi jalan-jalan perkotaan di Kota Semarang. Selepas dari pintu exit tol Mayaran Semarang, kami menempuh jarak sekitar 4 km menuju Kelenteng Sam Poo Kong yang berlokasi di Kawasan Bengasari, Semarang Barat. Sebagian besar ke sana, dan ada pula yang melipir ke tempat lain, namun ikonik juga di Semarang, yakni Kota Tua di dekat pantai. Karena ini kawasan kota tua maka bangunan zaman feodal ada di mana-mana, cukup antik namun kelewat padat.

Di Semarang banyak dijumpai sudut keren, salah satuny Kelenteng Sam Po Kong.  Ist
Di Semarang banyak dijumpai sudut keren, salah satuny Kelenteng Sam Po Kong. Ist

Kelenteng Sam Poo Kong, sesuangguhnya tempat yang dituju untuk melakukan aktivitas interaktif melakukan sesi foto dengan memanfaatkan suasana dan latar belakang Sam Poo Kong sebagai sebuah kelenteng tertua di Indonesia (dibangun 1742) yang pernah disinggahi Laksamana Tiongkok Islam Cheng Ho dan saat ini menjadi salah satu landmark Kota Semarang.

Usai beraktivitas di Kelenteng Sam Poo Kong Semarang, lokasi selanjutnya yang dituju adalah Hotel PO tempat bermalamnya para jurnalis yang berada di Jalan Pemuda Sekayu Kota Semarang dengan jarak hampir 4,5 km melintasi ruas-ruas jalan perkotaan Semarang. Hotel PO merupakan hotel yang terhubung dengan salah satu pusat perbelanjaan terbesar dan modern di Semarang hadir dengan konsep contemporary design, tanpa meninggalkan kesan esklusif sehingga hotel ini banyak dikunjungi oleh para pebisnis, serta para traveler yang datang ke Semarang.

Mengakhiri rangkaian akitivitas hari pertama JTD New Avanza-New Veloz, para jurnalis malamnya berkunjung ke Angkringan Blendoek yang berlokasi di Kawasan Jalan Gajah Mada, Gabahan, Semarang Tengah untuk bersantap malam. Berbeda dengan tempat angkringan lainnya di Semarang, Angkringan Blendoek menghadirkan suasana yang temaram serta alunan live music sehingga menjadi tempat kekinian bagi anak muda Kota Semarang.

Meski tidak lama aktivitas JTD New Avanza-New veloz hari pertama di Kota Semarang ini, tetapi kami bisa merasakan kelebihan-kelebihan yang dimiliki kedua mobil ini saat menyusuri ruas-ruas jalan perkotaan di Semarang, baik siang maupun malam hari. Meski memiliki karakter sebagai sebuah MPV, New Avanza-New Veloz yang kini hadir dengan penampilan semakin kokoh, stylish dan modern, dengan kelebihan yang dimiliki juga pantas disebut sebagai sebuah city car yang berkelas.

About Gatot Irawan

Check Also

All New Honda Civic RS Tampil di Mandalika Track Day 2022

Kuta Mandalika, NextID – All New Honda Civic RS tampil menjadi Safety Car di acara …

Leave a Reply