Tuesday , 3 August 2021
Home / Auto / Mitsubishi Motors Gelar Kompetisi SDM Diler
Salah satu peserta National Contest 2019 sedang menunjukan kebolehannya. Ist

Mitsubishi Motors Gelar Kompetisi SDM Diler

Jakarta, NextID – Seiring dengan semakin baiknya penerimaan masyarakat Indonesia terhadap produk dan brand Mitsubishi Motors, maka PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pun terus berusaha untuk menigkatkan kualitas layanan guna memuaskan para pelanggan. Program dan praktik yang terlaksana dalam keseharian proses bisnis tentu menjadi faktor penting dalam pengalaman, penilaian serta presepsi yang baik dari pelanggan terhadap Mitsubishi Motors di Indonesia.

Tidak berhenti di situ, MMKSI terus mengembangkan potensi dan kualitas sumber daya manusia (SDM) dengan mengadakan National Contest bagi seluruh lapisan tenaga kerja di diler Mitsubishi Motors seluruh Indonesia, sebagai garda terdepan yang langsung melayani pelanggan. Mengusung tema “Ambition To Reach The Top”, National Contest 2018 memacu SDM dari diler Mitsubishi Motors di seluruh Indonesia agar dapat melampaui batas mereka dalam memberikan pelayanan terbaik kepada semua pelanggan. Ambisi ini pun sejalan dengan tagline Mitsubishi Motors, yaitu: “Drive Your Ambition.”

Kontes ini diadakan secara rutin tiap tahun untuk menguji kemampuan para tenaga diler Mitsubishi Motors, yang meliputi unsur layanan penjualan, after sales service dan customer satisfaction. Kontes ini diadakan dalam beberapa tahap seleksi selama tahun 2018, dan puncaknya adalah Final National Contest pada tanggal 15 – 16 Januari 2019. National Contest 2018 merupakan kontes pertama yang diadakan oleh MMKSI sejak perusahaan ini berdiri (terpisah dari KTB).

Adapun kategori yang dilombakan pada kontes ini adalah sebagai berikut:

Sales Appraisal Program
Dari sisi layanan penjualan, kategori Sales Appraisal Program (SAP) dalam kontes nasional menjadi agenda tahunan MMKSI untuk memotivasi tenaga penjual mulai dari level Sales Force, Sales Supervisor, dan Sales Manager untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas penjualan, memberikan kepuasan pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelanggan Mitsubishi Motors.

Sedangkan untuk level Sales Supervisor dan Sales Manager aspek evaluasi lebih difokuskan pada kepemimpinan di dalam tim (Team Leadership) serta pencapaian target penjualan (Target Achievement).

After Sales Contest
Pada kategori after sales, kontes juga diadakan tiap tahun dengan tujuan untuk memotivasi tenaga kerja after sales untuk meningkatkan kemampuan dalam pelayanan sehingga kepuasan pelanggan dalam melakukan aktifitas servis dapat tercapai.

Kontes after sales dibagi menjadi tiga kategori: (1) Technician Contest, kontes ini diperuntukkan untuk Mekanik Senior; (2) Service Advisor Contest, kontes ini ditujukan bagi Service Advisor, dan; (3) Periodical Maintenance Contest yang diperuntukan bagi mekanik junior di diler resmi Mitsubishi Motors.

Customer Satisfaction Officer (CSO) PDCA Contest
CSO PDCA Contest ditujukan bagi Customer Satisfaction Officer (CSO) dengan tujuan untuk meningkatkan standar pelayanan di diler melalui CSO yang bertindak sebagai agen perubahan.
Kontes CSO menggunakan konsep Kaizen (PDCA/ Plan Do Check Action), yaitu penerapan evaluasi dan perbaikan secara terus-menerus.

Pada penerapannya dalam perusahaan, konsep Kaizen mencakup pengertian perbaikan berkesinambungan yang melibatkan seluruh pekerjanya, dari manajemen tingkat atas sampai manajemen tingkat bawah.

“National Contest untuk tenaga sales, aftersales dan CSO Mitsubishi Motors merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan MMKSI dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas layanan dari garda depan diler yang dibangun dengan semangat kompetisi. Dengan kontes ini diharapkan seluruh lini tenaga diler dapat bekerja sama berkompetisi dalam memberikan layanan terbaik dan tingkat kepuasan yang tinggi bagi pelanggan setia produk Mitsubishi Motors di Indonesia,” ungkap Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division MMKSI, Kamis (17/1).

Naoya Nakamura - Presiden Director PT MMKSI (tengah), Irwan Kuncoro – Director of Sales & Marketing Division MMKSI (pertama kanan), Michimasa Kono – Director of Sales & Marketing Division  MMKSI (pertama kiri), berfoto bersama pemenang kontes nasional Mitsubishi Motors.  Ist
Naoya Nakamura – Presiden Director PT MMKSI (tengah), Irwan Kuncoro – Director of Sales & Marketing Division MMKSI (pertama kanan), Michimasa Kono – Director of Sales & Marketing Division MMKSI (pertama kiri), berfoto bersama pemenang kontes nasional Mitsubishi Motors. Ist

Seluruh proses kontes dan penjurian peserta telah dilakukan pada dua hari pelaksanaannya. Nama pemenang telah di umumkan pada akhir sesi kontes dan pemenang pada tiap kategori telah menerima hadiah yang diserahkan secara simbolik oleh manajemen MMKSI.

Para pemenang Sales Appraisal Program menerima piala dan wisata ke Belanda, pemenang After Sales Contest mendapatkan piala bergilir, medali, dan wisata ke Jepang. Sedangkan CSO PDCA Contest mendapatkan piala, wisata ke Jepang, dan ditambah peralatan pendukung operasional CSO di diler.

About Gatot Irawan

Check Also

Honda Super Cub C125 Kini Makin Stylish dan Unik!

Jakarta, NextID  – PT Astra Honda Motor (AHM) memperkaya tampilan dan performa Honda Super Cub …

Leave a Reply