Home / Auto / Bahaya Blind Spot Bagi Pengendara
Sahabat Club Daihatsu berfoto bersama manajemen Daihatsu usai acara. Ist

Bahaya Blind Spot Bagi Pengendara

Karawang, NextID – Daihatsu dengan kembali menggelar sharing edukasi kendaraan bagi Sahabat Club Daihatsu melalui acara Daihatsu Club Auto Clinic 2018 dengan mengangkat tema tahun ini Defensive Driving for Daihatsu Club.

Daihatsu telah melakukan kegiatan ini dua tahun berturut-turut serta diadakan dalam 7 batch pada setiap tahunnya. Tahun ini Daihatsu bekerjasama dengan GT-Radial. Sampai saat ini, Daihatsu telah memberikan sharing kepada ke-280 peserta yang berasal dari berbagai klub mobil Daihatsu pada acara Daihatsu Club Auto Clinic 2018.

Daihatsu Auto Clinic tahun ini akhirnya memasukibatch terakhir pada di 2018, yang diikutioleh 4 klub mobil Daihatsu terdiri dari DTC (Daihatsu Taruna Club), SIC (Sirion Indonesia Club), TO (Taruna Owners), CAI (Club Ayla Indonesia) dengan jumlah total 70 peserta.

“Blind Spot merupakan penyebab dominan kecelakaan fatal di Indonesia, hal ini terjadi dikarenakan pengendara tidak dapat melihat dengan jelas kendaraan lain pada beberapa sisi kendaraan, dibutuhkan perhatian dan fokus yang lebih untuk menghindari keadaan ini,” jelas Budi Mahendra selaku Executive Coordinator CSVC Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Selama jalannya acara, peserta diberikan materi mengenai hal-hal yang harus diperhatikan dalam hal pandangan aman ketika berkendara, karena hal ini menjadi yang sangat penting ketika berkendara di jalan raya.

Seringnya terjadi kecelakaan di jalan raya dikarenakan pandangan kurang aman pada sisi kanan dan kiri kendaraan, ketika mendahului atau mengambil jalur lain di jalan raya. Hal ini disebabkan oleh ‘Blind Spot’, yaitu daerah di luar jangkauan pengemudi yang tidak terlihat dari kaca spion kanan dan kiri, sehingga sangat berbahaya, khususnya ketika berkendara di daerah ramai atau jalur bebas hambatan.

Untuk mengurangi resiko Blind Spot dapatdilakukan dengan cara : 1. Posisikan kaca spion kendaraan semaksimal mungkin sejajar dengan bodi kendaraan, dan fokuskan keluar dari kendaraan; 2. Menggunakan spion standar pabrikan, karena sudah didesain khusus dan teruji; 3. Ketika akan mendahului kendaraan lain,gunakan lampu sein, perhatikan spion dan wajib untuk memastikan sisi tersebut aman (karena ad aBlind Spot).

About Gatot Irawan

Check Also

Tips bagi Pemudik dengan Menggunakan Mobil EV

Jakarta, NextID – Ini tips menarik dari Bridgestone jika pemiudik menggunakan EV (kendaraan listrik). Sebab, …

Leave a Reply