Jakarta, NextID – Upaya Toyota Indonesia memanfaatkan saluran digital dalam meningkatkan pelayanan kepada pelanggan mendapat apresiasi dari Google Indonesia melalui penyerahan Silver Play Button. Melalui Youtube Channel Toyota Indonesia yang dikelola PT Toyota-Astra Motor (TAM), Toyota Indonesia sukses meraih subscribers di atas angka 100.000.
Penghargan ini sekaligus menunjukkan keseriusan Toyota Indonesia dalam memberikan berbagai kemudahan bagi pelanggan untuk mendapatkan informasi mengenai produk, teknologi, dan layanan Toyota, serta membangun engagement antara Toyota dan pelanggan di era digital saat ini.
Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto, mengungkapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan pelanggan sehingga subscriber Youtube Channel Toyota Indonesia berhasil menembus angka lebih dari 100 ribu dan sukses meraih Youtube Play Button Silver dari Google Indonesia.
Penghargaan ini diharapkan akan semakin memicu kami untuk senantiasa dapat memberikan kemudahan yang melebihi ekspektasi pelanggan dalam mengakses berbagai informasi dan referensi tentang produk, teknologi dan jasa yang dibutuhkan melalui berbagai saluran media sesuai dengan perkembangan teknologi yang ada,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto, di Jakarta.
Silver Play Button adalah penghargaan yang diberikan Google kepada pemilik akun Youtube Channel yang telah memiliki subscriber minimal 100.000. Kanal Youtube Toyota Indonesia yang mulai ditayangkan pada 2010 lalu berhasil menembus angka subscriber 100.000 pada 19 Oktober 2017.
Komitmen dan pemanfaatan saluran digital merupakan bagian strategi TAM untuk menyiasati iklim kompetisi pasar otomotif yang semakin ketat, serta kondisi konsumen yang semakin cerdas dan kritis. Selain Youtube Channel dan website, untuk memudahkan pelanggan mengakses berbagai informasi tentang produk, teknologi dan layanan brand Toyota, TAM juga concern memanfaatkan penggunaan saluran digital social media seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.
Dalam sebuah survei yang dilakukan Google, pemanfaatan saluran digital (online) oleh calon konsumen sangat besar dalam upayanya mencari informasi untuk memiliki mobil idamannya. Bahkan survei tersebut juga mengungkapkan, pemanfaatan keberadaan saluran digital juga akan mempengaruhi masa depan bisnis dan industri otomotif nasional ke depannya.
“Pemanfaatan kanal Youtube, website dan social media kami harapkan dapat menjadi salah satu strategi bagi Toyota dalam menjaga eksistensinya sebagai market leader di pasar otomotif nasional. Melalui penggunaan saluran digital tersebut Toyota setidaknya dapat menyesuaikan strategi komunikasi masing-masing produk dan layanan yang dimiliki sehingga sasaran target komunikasinya pun menjadi lebih tepat,” ucap Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto.
Eksistensi TAM di era digital sendiri dimulai dari pembentukan official website pada tahun 1996 di mana TAM bisa dibilang sebagai pioneer dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Bahkan di tingkat Toyota global, website TAM pun tercatat sebagai yang terbesar ketiga di dunia. Hingga 30 Januari 2018 lalu, berdasarkan data yang dihimpun oleh trafficestimates.com, traffic website TAM telah dikunjungi hampir 975 ribu visitor.
Untuk channel Youtube Toyota Indonesia yang dikelola TAM merupakan perusahaan otomotif pertama di Indonesia yang mendapatkan Silver Play Button dari Google Indonesia. Hadir sejak 29 Maret 2010 lalu, jumlah subscriber untuk channel Youtube Toyota Indonesia hingga 15 Februari 2018 telah mencapai 116 ribu subscribers dengan 232 video.
Channel Youtube Toyota Indonesia menduduki peringkat ke-3 di antara channel Youtube Toyota di seluruh dunia setelah Channel Youtube Toyota di Amerika Serikat dan Jepang, namun jika di lihat berdasarkan rata-rata views. Video Youtube Toyota Indonesia memiliki rata-rata penonton terbanyak dibandingkan dengan channel Youtube Toyota di Negara lain yaitu rata-rata setiap satu video ditonton lebih dari 200 ribu.
Sedangkan untuk social media berdasarkan data per 15 Februari 2018, ada 1,45 juta likes di akun Facebook Toyota, juga lebih dari 160 ribu followers Twitter di ToyotaID dan 162 ribu followers di instagram ToyotaID. Di Indonesia, akun instagram dan twitter Toyota Indonesia mendapatkan followers tertinggi jika dibandingkan dengan akun otomotif ATPM lainnya di Indonesia.
“Seluruh pemanfaatan dan penanganan segala aktivitas digital TAM ditangani oleh E-Marketing Section. Keberadaan section khusus yang dedicated ini merupakan bentuk komitmen kami dalam hal digitalisasi agar konsumen mendapat kepuasan yang lebih,” kata Soerjopranoto.