Home / Auto / Mitsubishi Investasi Rp 7,5 Triliun!
President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia Tadao Kato sedang memaparkan performa pabrik perakitan kendaraan penumpang Mitsubishi dan seputarnya. Ist

Mitsubishi Investasi Rp 7,5 Triliun!

Cikarang, NextID – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) yang merupakan pabrik perakitan kendaraan penumpang Mitsubishi terletak di kawasan GIIC Deltamas, Bekasi, dengan total luas area 51 hektar. Perusahaan ini telah dibangun sejak 2014, dengan seremoni ground breaking pabrik yang diselenggarakan pada 25 Maret 2015. Diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada 25 April 2017, yang sekaligus menandai awal produksinya.

Dengan total nilai investasi sebesar Rp 7,5 triliun (sekitar 65 miliar Yen). Mitsubishi Motors memiliki 51% saham, Mitsubishi Corporation dengan 40% dan Krama Yudha Group dengan 9% saham. Saat ini MMKI telah menyerap lebih sekitar 3.000 karyawan.

“MMKI merupakan pabrik yang ramah lingkungan, hal ini dibuktikan dengan melakukan upaya penghematan air tanah dengan melakukan daur ulang untuk air limbah, dan menggunakan air hujan dalam proses produksinya dengan proporsi daur ulang hingga 70%,” sebut Tadao Kato, President Director MMKI dalam acara paparan pabrik, Rabu (7/2).

Hal lain yang dilakukan untuk mencapai tujuan pabrik ramah lingkungan, lanjutnya, dilakukan dengan mereduksi emisi karbon dioksida melalui penghematan energy pada proses pengecatan dengan mengurangi proses oven dan Innovate Heat Pump Hot Water System, tentu saja tanpa mengurangi kualitas.

Selain itu, dalam taraf operasional dan konsep bangunan MMKI menganut “Omotenashi” ruang dengan kebijakan ramah lingkungan memaksimalkan penggunaan lampu LED dan juga cahaya matahari. Hal tersebut diyakini dapat mengurangi emisi hingga 11%.

Kato merinci, kapasitas produksi MMKI adalah 160.000 unit/tahun, termasuk XPANDER sebesar 80.000 unit. Mitsubishi Motors memiliki komitmen tinggi untuk memenuhi permintaan konsumen di Indonesia dan peluncuran XPANDER untuk Negara ASEAN dan pasar lain tahun ini. Seluruh fasilitas pabrik Mitsubishi Motors secara ketat menjunjung tinggi standar kualitas keselamatan dan produksi global, di manapun lokasinya. Hal yang sama juga diterapkan dalam memproduksi XPANDER berapapun jumlah pesanannya.

Pabrik kendaran MMKI mengusung “New Plant Concept” dengan dua poin utama, yakni High Quality & Reliable Products dan juga Environmentally Friendly: High Quality and Reliable Products (produk berkualitas tinggi yang dapat diandalkan).

“Pada aspek ini MMKI berkomitmen untuk menghasilkan produk kendaraan Mitsubishi berkualitas tinggi dan dapat diandalkan yang didukung dengan peralatan modern dan teknologi tinggi pada tiap prosesnya,” tandasnya.

MMKI merupakan pabrik yang ramah lingkungan, hal ini dibuktikan dengan melakukan upaya penghematan air tanah dengan melakukan daur ulang untuk air limbah, dan menggunakan air hujan dalam proses produksinya dengan proporsi daur ulang hingga 70%.

Hal lain yang dilakukan untuk mencapai tujuan pabrik ramah lingkungan dilakukan dengan mereduksi emisi karbon dioksida melalui penghematan energi pada proses pengecatan dengan mengurangi proses oven dan Innovate Heat Pump Hot Water System, tentu saja tanpa mengurangi kualitas.

“Selain itu, dalam taraf operasional dan konsep bangunan MMKI menganut “Omotenashi” ruang dengan kebijakan ramah lingkungan memaksimalkan penggunaan lampu LED dan juga cahaya matahari. Hal tersebut diyakini dapat mengurangi emisi hingga 11%,” tutup Kato.

About Gatot Irawan

Check Also

AISI Prediksi Pasar Motor Domestik Tembus 4,3 Juta Unit!

Jakarta, NextID – Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) memperkirakan pasar sepeda motor domestik akan meningkat …

Leave a Reply