Jakarta, NextID – Sepanjang tahun 2017, produk-produk Honda berhasil menguasai penjualan di beberapa segmen terbesar pasar otomotif Indonesia, yaitu segmen SUV, Hatchback dan City Car + LCGC 5 penumpang. Sementara itu, Honda Brio Satya kembali menjadi produk terlaris Honda di tahun 2017 sekaligus mencatat peningkatan penjualan dibanding tahun sebelumnya.
Honda mengklaim kokoh di posisi teratas penjualan produk-produk SUV di sepanjang tahun 2017 melalui Honda HR-V, Honda BR-V dan Honda CR-V. Secara total, ketiga produk tersebut mengumpulkan penjualan sebesar 76.918 unit, atau sebesar 46,2% dari total market SUV (segmen LSUV + SUV) di Indonesia.
Honda HR-V 1.5 liter sendiri menjadi market leader di kelas LSUV dengan penjualan sebesar 33.386 unit dan pangsa pasar 36% di kelasnya. Dari kelas yang sama, Honda BR-V menyumbangkan penjualan 21.932 unit dengan pangsa pasar 24%. Sementara itu, Honda CR-V mencatat penjualan 15.905 unit dengan pangsa pasar 22% di kelas SUV dan Honda HR-V 1.8 liter mengumpulkan penjualan 5.695 unit dan pangsa pasar 8% di kelas yang sama.
Melalui Honda Jazz dan Honda Civic Hatchback, produk-produk Honda juga mencatat penjualan tertinggi di segmen Hatchback dengan total 17.574 unit, atau sebesar 52% dari seluruh penjualan Hatchback di tahun 2017. Honda Jazz menjadi market leader di segmen ini dengan total penjualan 16.100 unit dengan pangsa pasar 48%, sementara Honda Civic Hatchback menyumbangkan penjualan sebanyak 1.474 unit dengan pangsa pasar 4% di kelas yang sama.
Keluarga Honda Brio masih menjadi penyumbang penjualan tertinggi bagi Honda, sekaligus menguasai pasar mobil City Car + LCGC 5 penumpang di tahun 2017. Secara total Honda Brio Satya dan Honda Brio RS mengumpulkan penjualan sebesar 53.958 unit, atau sebesar 39,2% dari total penjualan City Car + LCGC 5 penumpang di Indonesia sepanjang tahun lalu.
Honda Brio Satya juga tercatat sebagai produk terlaris Honda di tahun 2017 dengan penjualan sebesar 43.378 unit dan pangsa pasar 18% di kelasnya. Tak hanya itu, penjualan Honda Brio Satya juga tercatat meningkat sebesar 19% dibandingkan penjualan di tahun sebelumnya. Dari kelas City Car, Honda Brio RS menyumbangkan penjualan 10.580 unit dengan pangsa pasar 33% di kelasnya.
Produk MPV Honda turut menyumbangkan penjualan yang baik di tahun 2017. Honda Mobilio meraih penjualan 35.430 unit dengan pangsa pasar 14% di kelas LMPV. Sementara Honda Odyssey menambah penjualan 282 unit dengan pangsa pasar 4% di kelas Upper MPV.
Dari kelas Sedan, Honda City menjadi market leader dengan penjualan 1.024 unit dan pangsa pasar 57% di kelas Mini Sedan. Posisi market leader juga diraih Honda Civic di kelas Small Sedan, dengan penjualan 1.321 unit dan pangsa pasar 65%. Sementara itu, Honda Accord mencatat penjualan 300 unit dengan pangsa pasar 10% di kelas Medium Sedan dan Honda Civic Type R menambah penjualan 52 unit dengan pangsa pasar 34% di kelas Sport.
Secara total, sebanyak 186.859 unit mobil Honda terjual sepanjang tahun 2017, dengan pangsa pasar Honda sebesar 17,3% dari total pasar otomotif Indonesia.
Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan, secara umum, pasar di tahun 2017 mengalami sedikit pertumbuhan yang terutama didorong oleh kenaikan penjualan di segmen komersial. Sementara itu, terjadi penurunan di segmen mobil penumpang, sehingga juga turut mempengaruhi penjualan produk-produk Honda yang berada di segmen ini. “Namun demikian, kami bersyukur a penjualan produk-produk Honda tetap kuat di hampir seluruh segmen terbesar di pasar otomotif Indonesia,” ujarnya, Selasa (16/1).