Wednesday , 20 October 2021
Home / Auto / Tips: Lancar Transaksi di Tol, Ya via Uang Elektronik!
Oktober, pembayaran tol gunakan uang elektronik. Pastikan saldo mencukupi. Ist

Tips: Lancar Transaksi di Tol, Ya via Uang Elektronik!

Jakarta, NextID – Pengguna mobil yang sering melalui jalan tol tentu sudah paham bahwa mulai Oktober 2017 semua transaksi pembayaran jalan tol tidak akan menerima pembayaran secara tunai. Kebijakan ini bertujuan agar transaksi pembayaran di gerbang tol menjadi lebih cepat dan membuat perjalanan lebih lancar.

Sasaran akhir Pemerintah dalam pengembangan jalan tol terkait pembayaran non tunai ini yaitu berupa penerapan Multi Lane Free Flow (MLFF) atau proses pembayaran tol tanpa henti (pengguna jalan tol tidak harus menghentikan kendaraan di gerbang tol).

Menurut keterangan gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, ada beberapa tahapan sebelum MLFF diterapkan. Pertama, tahap elektronifikasi seluruh jalan tol pada Oktober 2017. Kedua, tahap integrasi sistem ruas jalan tol. Ketiga, tahap integrasi ruas jalan tol serta pembentukan KonsorsiumElectronic Toll Collection (ETC). Keempat, penerapan MLFF di seluruh gerbang tol.

Bagi Anda yang sudah mempunyai Uang Elektronik, berikut tips dari AstraWorld agar proses transaksi berjalan dengan baik.

  1. Pastikan saldo Uang Elektronik mencukupi untuk transaksi. Anda bisa melihat saldo di papan elektronik saat melakukan transaksi di gerbang tol. Anda juga bisa melihat saldo pada struk pembayaran tol. Selain lewat Anjungan Tunai Mandiri (ATM), saat ini Anda dapat menggunakan fitur Near Field Communication (NFC) pada beberapa smartphone android.
  2. Keluarkan Uang Elektronik dari dompet Anda ketika berkendara. Lebih mudah dibandingkan jika anda harus mengambil  dari dompet, terlebih jika dompet ditaruh pada saku belakang celana Anda.
  3. Letakkan kembali Uang Elektronik Anda setelah melakukan transaksi di tempat yang mudah dijangkau dan aman. Uang Elektronik yang jatuh, tentu akan menyulitkan ketika akan digunakan.
  4. Untuk Anda yang mempunyai Uang Elektronik lebih dari satu dan mempunyai bentuk yang sama, sebaiknya tempel salah satu kartu dengan stiker kecil sebagai pembeda. Anda tentu tidak mau salah melakukan transaksi menggunakan Uang Elektronik yang saldonya sudah habis bukan?
  5. Simpan dan jaga baik-baik Uang Elektronik Anda, berbeda dengan kartu debit atau kartu kredit, saat hilang dan ditemukan orang lain Uang Elektronik dapat dengan mudah digunakan untuk bertransaksi. Nah! (AstraWorld/tot)

About Gatot Irawan

Check Also

Sambut World Superbike di Indonesia, IMI dan Dyandra Promosindo Tawarkan Paket “Sultan”

Jakarta, NextID –  Gelaran ajang balap motor internasional, World Superbike (WorldSBK) akan menyambangi Indonesia sebagai destinasi akhir …

Leave a Reply