Thursday , 23 September 2021
Home / Auto / Waspada Angin Kencang
Ibarat nasi sudah menjadi bubur. Ingin aman dan teduh maka memarkir mobil di bawah pohon, namun akibatnya bisa terjadi yang tak diinginkan. Ist

Waspada Angin Kencang

Jakarta, NextID – Pabrikan mobil sudah membuat mobil dengan tingkat aerodinamis yang cukup tinggi, namun tentu saja akan berbeda satu sama lain karena model, berat, dan ketinggian mobil juga berbeda-beda. Untuk Kendaraan jenis MPV mempunyai body yang lebih tinggi dibandingkan jenis sedan, akan lebih mudah di pengaruhi oleh terpaan angin (crosswind) terutama saat kecepatan di atas 80 km/jam.

Pada kondisi normal, body mobil sudah tertahan oleh angin dari depan sehingga akan mempengaruhi laju kendaraan, ditambah lagi dengan kondisi cuaca yang kita rasakan belakangan ini terjadi yaitu angin kencang, hal ini sangat berpengaruh terhadap laju kendaraan.
Angin yang datang dari arah depan akan berakibat laju kendaraan tertahan, namun angin yang datang dari sisi samping dapat mengakibatkan mobil berpindah jalur atau bergeser. Kondisi seperti ini lebih dapat dirasakan lagi saat berkendara di jalan terbuka dengan posisi ketinggian yang di atas rata-rata jalan biasa, seperti misalnya di jalan tol.

Jika mengalami hal seperti ini tiba-tiba, jangan panik, segeralah lepas gas dan turunkan kecepatan kendaraan secara bertahap sampai steer dapat dikendalikan dengan normal. Di sisi lain steer juga harus dikendalikan dengan baik agar kendaraan tetap pada jalurnya sehingga tidak menimbulkan resiko yang tidak diinginkan.

Perlu kehati-hatian juga jika kondisi angin kencang anda berkendara melewati jalan yang cenderung banyak pohon tinggi dan rindang, karena pohon yang sudah tua dan rapuh tidak menutup kemungkinan bisa roboh atau rantingnya patah. Jika menimpa mobil yang sedang berjalan tentu akan dapat beresiko fatal, selain resiko pada mobil yang dapat menimbulkan kerusakan, ini beresiko juga pada keselamatan penumpang yang ada didalamnya.

Untuk mengurangi resiko yang mungkin dapat terjadi, misalnya dengan menunda perjalanan jika rute yang dipilih adalah jalan yang memang terdapat banyak pohon rindang. Namun jika sudah terlanjur ada di dalam perjalanan, untuk lebih amannya sebaiknya cari tempat yang kondusif untuk menunggu sampai angin kencang yang membahayakan sudah berkurang. Pilihan lain adalah mengalihkan rute perjalanan ke jalur yang lebih aman.

Begitupun pada saat akan memarkirkan mobil, sebaiknya cari tempat yang lebih aman terutama pada saat kondisi angin kencang. Carilah tempat parkir yang tidak berada di bawah pohon atau di bawah papan reklame untuk menghindari jatuhnya ranting ataupun papan reklame. Papan reklame yang lebar dan tinggi cukup rawan roboh, karena papan reklame menahan beban yang cukup berat jika tertiup oleh angin kencang.

Pilihlah tempat parkir yang ada di dalam gedung, baik basement ataupun parkir lantai atas agar lebih aman. Walapun mobil yang digunakan sudah diasuransikan, tetapi alangkah baiknya jika kita melakukan pencegahan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. (AstraWorld)

 

About Gatot Irawan

Check Also

Bus Hino RN 285 Tangguh di Trans Jawa?

Jakarta, NextID – PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) sebagai pemain utama dalam transportasi darat …

Leave a Reply