Thursday , 23 September 2021
Home / Auto / Anak Kunci Hilang, Registrasi ke Bengkel Resmi
Berbagai macam anak kunci mobil yang dilengkapi sistem canggih, immobilizer. Ist

Anak Kunci Hilang, Registrasi ke Bengkel Resmi

Jakarta, NextID – Kunci mobil saat ini rata-rata sudah dilengkapi dengan immobilizer pada kunci kontaknya. Immobilizer ini berfungsi sebagai pengaman kendaraan agar tidak dicuri oleh tangan jahil dengan cara merusak kunci kontak ataupun dengan kunci T yang telah dipersiapkan.

Pada prinsipnya dengan immobilizer ini, mobil hanya dapat dihidupkan dengan kunci kontak asli bawaan mobilnya. Jadi kunci kontak dengan jenis immobilizer ini tidak bisa digandakan ke tukang duplikat kunci untuk dapat menghidupkan mobil. Cara kerjanya sangat sederhana. Ketika anak kunci dimasukkan ke dalam lubang kunci, maka kode pada anak kunci akan diterima oleh transponder yang ada di rumah kunci kontak. Kemudian akan mengirim informasi ke Electronic Control Unit (ECU) immobilizer. ECU inilah yang membaca kode tersebut, jika kodenya sesuai, ECU immobilizer akan memerintahkan ECU engine untuk mengaktifkan sistem pengapian dan bahan bakar sehingga mesin dapat hidup.

Mobil yang dilengkapi dengan immobilizer pada dashboard dilengkapi dengan lampu khusus sebagai tanda yang menginformasikan ke pemakai mobil bahwa mobil yang digunakan sudah dilengkapi dengan immobilizer. Indikator yang menyertainya mempunyai cara kerja yang berbeda dari lampu lainnya. Lampu indikator ini akan menyala setelah membuka pintu mobil, kemudian lampu tersebut akan mati sesaat setelah anak kunci masuk kedalam lubang kuncinya.

Namun setiap mobil memiliki model lampu yang berbeda, tergantung dari merk dan tipenya. Ada model lampu yang menyala kedip-kedip, ada yang nyala dengan logo kunci, ada juga model dengan lampu yang menyala terus kemudian akan mati saat anak kunci masuk ke rumah kunci kontak.

Namun dari sisi keunggulan teknologi ini, anda perlu mengantisipasi jika salah satu kunci kontaknya hilang. Untuk mengantisipasinya, segeralah mengganti kunci yang hilang dengan kunci yang baru melalui bengkel resmi, untuk membeli anak kunci baru sekaligus di registrasi dengan komputer tools yang ada di bengkel.

Berbeda masalah jika kedua anak kuncinya hilang maka bukan hanya mengganti anak kunci saja, tetapi perlu dilakukan pergantian juga pada ECU immobilizer-nya. Dengan demikian biaya yang dikeluarkan juga akan lebih banyak dari pembelian kunci baru saja, untuk itu segeralah bawa ke bengkel resmi jika salah satu kunci mobil anda hilang, jangan menunggu sampai kunci keduanya hilang juga. (AstraWorld)

About Gatot Irawan

Check Also

Bus Hino RN 285 Tangguh di Trans Jawa?

Jakarta, NextID – PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) sebagai pemain utama dalam transportasi darat …

Leave a Reply