Home / Auto / Volvo Indonesia Tutup Tahun dengan Gemilang
Questar dari UD Trucks yang memberi kontribusi positif untuk Volvo Indonesia.

Volvo Indonesia Tutup Tahun dengan Gemilang

Jakarta, NextID – Setelah berbagai kegiatan yang telah dijalani selama tahun maka rangkaian truk Volvo di Indonesia mengalami penjualan yang baik sepanjang 2016. Grup Volvo Indonesia mengakui sepanjang 2016 adalah tahun yang penting di mana penjualannya di Indonesia dari merk yang diemban yakni: Volvo Trucks, Renault Trucks dan UD Trucks, meningkat.

Valery Muyard, Presiden Direktur Volvo Indonesia mengatakan, tahun ini, adalah tahun penting yang dititikberatkan pada keahlian sumber daya manusia. Hal ini perlu karena dinilai faktor sumber daya manusialah yang dapat mengatasi masalah-masalah penting dari segi perawatan, produktivitas, dan efisiensi bahan bakar.

Menurutnya, tahun 2016 ditutup dengan penjualan yang baik oleh Volvo Indonesia yang masih di angka yang sama dengan tahun sebelumnya.  Tapi lain halnya dengan UD Trucks yang mengalamai kenaikan lebih dari 300 persen dari tahun sebelumnya.

”Ini semua wujud dari komitmen Volvo di Indonesia yang berkelanjutan dan terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada setiap pelanggannya,” kata Valery, Selasa (13/12) di sela acara gathering akhir tahun di Jakarta.

Salah satu upaya yang terus dilakukan oleh Volvo Indonesia agar dapat memberikan pelayanan terbaik ke pelanggan adalah mengadakan pelatihan-pelatihan kepada para mekanik dan pengemudi. Tujuannya agar dapat menghasilkan solusi transportasi yang prima bagi para pelanggannya.

Mekanik Terbaik

Valery menceritakan, suatu kebanggan dari Volvo yang telah diraih tahun ini merupakan keberhasilan dalam memenangkan pertandingan mekanik global untuk kedua merk yang berada di Indonesia; yakni Volvo Trucks dan UD Trucks.

Pertandingan mekanik Volvo Trucks yang dikenal dengan kompetisi VISTA telah meraih juara pertama pada kejuaraan global di Swedia, pada 31 Mei – 2 Juni lalu. “Dan bagi UD Trucks, pertandingan mekanik global yang dinamai GEMBA challenge, Indonesia berhasil meraih juara pertama di kejuaraan mekanik yang berlangsung di Ageo, Jepang pada 13-15 November lalu,” ujarnya.

Selain menutamakan mekanik, faktor lain yang penting adalah pengemudi. Volvo Trucks, ceritanya lagi, juga mengadakan kompetisi FUELWATCH secara reguler – ini sebuah kompetisi global yang bertujuan menstimulasi penggunaan bahan bakar yang efisien saat mengendarai truk.

Kompetisi ini dilakukan dengan cara memberi penghargaan kepada para pengemudi yang mempunyai kemampuan mengendarai truk dengan penggunaan dan kompetensi bahan bakar paling efisiensi. Volvo Trucks Indonesia tahun ini bersama para dilernya memulai proses seleksi di bulan Maret.

“Final nasional diadakan di Serpong, Jawa Barat pada April 2016 di mana 2 pemenang asal Indonesia diberi penghargaan berupa tiket untuk berkompetisi di Final Global FUELWATCH 2016 di Gothenberg, Swedia pada September 2016. Gothenberg adalah rumah bagi Volvo Trucks,” sebutnya.

Melengkapi kegiatan ini, UD Trucks juga membuka pelayanan pengemudi di 4 pom bensin sepanjang jalur utama di Jawa, untuk memfasilitasi para pengemudi dengan pelayanan check-up gratis, saran untuk menghemat bahan bakar. Acara ini telah di ikuti oleh 2.000 pengemudi sepanjang tahun 2016.

Valery Muyard, President Director Volvo Indonesia.
Valery Muyard, President Director Volvo Indonesia.

Teknologi Volvo

Volvo Indonesia, lanjut Valery, melakukan pendekatan ganda dalam bisnis transportasi. Ada pendekatan teknologi dari truk itu sendiri, inovasi terkemuka di industri, seperti misalnya dynafleet di Volvo Trucks, Renautl Trucks dan telematics pada UD Trucks. Akan tetapi yang paling penting adalah pelayanan, kepedulian terhadap pelanggan yang direfleksikan pada pelayanan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan seperti perawatan, produktivitas, efisiensi bahan bakar dan keselamatan.

“Ini adalah inti dari solusi transportasi yang ditawarkan oleh setiap produk Volvo kepada para pelanggannya. Inilah cara kami menggerakkan kemajuan bagi industri dan untuk masyarakat secara luas. Inilah cara bagaimana kami bisa menjadi dan memiliki merek yang kuat secara global,” jelas Valery.

”Saat ini, Volvo Indonesia telah memilki jaringan yang kuat di seluruh Indonesia termasuk Jawa, Sumatera, Kalimantan, hingga Nusa Tenggara, dengan dibukanya pabrik perakitan untuk merk UD Trucks pada Oktober 2016, diharapkan pada 2017 produk Volvo akan semakin baik penjualannya di Indonesia,” tutupnya.

About Gatot Irawan

Check Also

Sosok Final Honda SUV RS Concept di GIIAS 2022

Tangerang, NextID – Setelah pada tahun lalu menampilkan Honda SUV RS Concept, Honda menampilkan wujud …

Leave a Reply