Home / Auto / TAM Raih ICSA 2016 dan CSS 2016
Fransiscus Soerjopranoto (kiri) selaku Executive GM PT Toyota-Astra Motor (TAM) didampingi Rouli Sijabat (kedua kanan) selaku PR Manager TAM dan Dimas Aska (kedua kiri) selaku Head Media Relation TAM menerima penghargaan CSS 2016 terkait kepuasan pelanggan dari majalah AutoBild. Ist

TAM Raih ICSA 2016 dan CSS 2016

Jakarta, NextID – PT Toyota-Astra Motor berhasil meraih penghargaan terkait kepuasan pelanggan sekaligus dari 2 ajang berbeda, yaitu Indonesia Customer Satisfaction Award (ICSA) 2016 dan Indonesia Customer Satisfaction Survey (CSS) 2016. Pada ajang ICSA 2016 yang digelar Majalah SWA Sembada dan FRONTIER – Marketing Research Consulting, TAM mendapatkan 2 penghargaan untuk kategori MPV Car – Brand melalui Toyota Avanza, dan kategori City Car – Brand melalui Toyota Yaris.

ICSA merupakan ajang penghargaan tahunan terhadap perusahaan-perusahaan yang dinilai mempunyai prestasi terbaik di Indonesia dalam hal memberikan pelayanan pelanggan. Penilaian pemenang ICSA 2016 adalah berdasarkan riset di enam kota besar, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, dan Makassar, serta melibatkan lebih dari 5.700 responden.

Sementara itu, di ajang CSS 2016 yang diselenggarakan oleh Auto Bild Indonesia, TAM juga mendapatkan 2 penghargaan yaitu The Highest Customer Satisfaction Index in Authorized Service Station by Brand, serta The Highest Customer Satisfaction Index in Durability by Type untuk Toyota Fortuner.

Dalam ajang Indonesia CSS 2016, pemenang ditentukan berdasarkan online survey di autobild.co.id dalam periode yang Januari—Oktober 2016 dan melibatkan ribuan responden.

Vice President Director TAM, Henry Tanoto, menyebutkan bahwa sejalan dengan semangat Let’s Go Beyond, Toyota mempunyai komitmen tinggi dalam menghadirkan Beyond ProductBeyond Technology, dan Beyond Service, guna memberikan kepuasan bagi pelanggan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan, seperti desain produk yang sesuai dengan selera dan kebutuhan pasar, kualitas produk yang sesuai ekspektasi mereka, serta layanan purna jual yang baik dan kemudahan dalam perawatan kendaraan.

“Guna memberikan kepuasan bagi pelanggan, kami melakukan berbagai upaya antara lain berinovasi untuk menghadirkan product line-up yang lengkap, teknologi yang sesuai kebutuhan, menjaga kualitas, serta menghadirkan aftersales service yang prima agar memberikan peace of mind bagi pelanggan,” ujar Henry, dalam kesempatan terpisah, Kamis (10/11)..

Penghargaan ICSA 2016 yang diterima PT Toyota Astra Motor. Ist
Penghargaan ICSA 2016 yang diterima PT Toyota Astra Motor. Ist

Inovasi yang dilakukan Toyota salah satunya adalah melalui New Yaris Heykers yang baru diperkenalkan kepada pelanggan pada awal November 2016. New Yaris Heykers adalah hatchback yang modern, sporty sekaligusadventurous serta aman dikendarai untuk berbagai medan jalan.

New Yaris Heykers merupakan komitmen Toyota dalam memberikan hanya yang terbaik bagi Indonesia, terutama dalam segmen hatchback. Kendaraan ini menggunakan mesin anyar berteknologi Dual VVT-i dipadukan transmisi CVT 7-speed sequential shiftmatic untuk memperoleh efisiensi bahan bakar yang lebih baik serta untuk pengalaman berkendara yang lebih fun.

Sementara itu, dari sisi pelayanan, di outlet resmi Toyota, selain mendapatkan layanan penjualan, pelanggan juga mendapatkan jaminan ketersediaan suku cadang asli Toyota, bengkel, dan teknisi tersertifikasi sesuai standar Toyota sehingga pelanggan tidak perlu khawatir ketika melakukan perawatan dan perbaikan kendaraannya.

Untuk melakukan pengukuran tingkat kepuasan pelanggan, kami terus melakukan survei secara berkala. Survei ini bertujuan untuk mendapatkan masukan dan feedback dari pelanggan, sehingga Toyota dapat melakukan perbaikan terhadap produk atau layanan yang bersangkutan.

“Komitmen dalam memberikan yang terbaik kepada pelanggan tidak hanya kami hadirkan melalui produk dan teknologi yang lengkap, tapi juga melalui aftersales service terbaik yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pelanggan pada saat memiliki, menggunakan, dan melakukan perawatan kendaraannya,” kata F. Soerjopranoto, EGM TAM, saat menerima penghargaan bagi TAM, Kamis (10/11).

Penghargaan ini, kata Soerjo, akan menjadi penyemangat bagi TAM di masa depan untuk terus melakukancontinous improvement (Kaizen) demi menghadirkan Beyond Product, Beyond Technology, dan Beyond Service yang sejalan dengan spirit Toyota Let’s Go Beyond.

Ketenangan yang diberikan kepada pelanggan dalam mendapatkan layanan Toyota diberikan kepada pelanggan yang datang langsung ke bengkel resmi antara lain melalui layanan 24 jam, Express MaintenanceBody & Paint, serta Toyota Genuine Parts (TGP).

 

About Gatot Irawan

Check Also

Tips bagi Pemudik dengan Menggunakan Mobil EV

Jakarta, NextID – Ini tips menarik dari Bridgestone jika pemiudik menggunakan EV (kendaraan listrik). Sebab, …

Leave a Reply