Home / Auto / Indonesia Motorcycle Show 2016 Resmi Dibuka
Indonesia Motorcycle Show 2016 dibuka secara resmi oleh Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto (tengah), Rabu (2/11) di Jakarta. Ist

Indonesia Motorcycle Show 2016 Resmi Dibuka

Jakarta, NextID –  Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) mendorong pertumbuhan industri sepeda motor nasional, salah satunya adalah dengan terus menyelenggarakan Indonesia Motorcycle Show (IMOS) setiap dua tahun sekali. Keberhasilan IMOS 2014 sebagai benchmark untuk perkembangan industri dan tren sepeda motor nasional membuat AISI semakin mantap untuk menggelar kembali IMOS tahun ini.

IMOS 2016 yang diselenggarakan pada 2 – 6 November 2016 resmi dibuka Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, dan didampingi oleh Ketua Umum AISI – Gunadi Sindhuwinata, Wakil Ketua AISI – Johannes Loman, Ketua Penyelenggara IMOS 2016 – Sigit Kumala, serta Direktur Sales and Marketing Pertamina Lubricants – Andria Nusa selaku sponsor utama IMOS 2016 serta Andy Wismarsyah – Presiden Direktur API Events.

Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian Republik Indonesia mengungkapkan harapannya agar industri sepeda motor Indonesia terus meningkatkan performanya, baik secara nasional maupun di dunia global. “Industri motor merupakan industri yang sudah mencapai konten lokal 90%. Sektor ini juga meningkatkan mobilitas masyarakat indonesia di tengah transportasi publik yang belum maksimal, motor menjadi alternative,” ujarnya.

“Populasi motor yang beredar di Indonesia sudah mencapai 90 juta atau 1:3 dibandingkan jumlah penduduk di Indonesia. Pemerintah berharap industri ini membuka pasar ekspornya. Selain itu, pengembangan industri kendaraan bermotor juga sangat penting memiliki multiplier effect yang cukup luas di samping menciptakan aktivitas perakitan dan manufaktur komponen, juga menimbulkan kegiatan ekonomi pada sektor distribusi hingga pada pelayanan purna jualnya,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Umum AISI Gunadi Sindhuwinata mengatakan, industri sepeda motor Indonesia terus menunjukkan pertumbuhan, meskipun tahun ini belum menunjukkan pertumbuhan yang signifikan, namun sesungguhnya AISI masih optimis akan pulihnya pasar sepeda motor, seiring dengan membaiknya perekonomian Indonesia.

“Kendati demikian, lonjakan ekspor yang menggembirakan dapat memberikan motivasi dan semangat bagi para pelaku industri. Tahun ini, performa ekspor industri sepeda motor Indonesia meningkat sebanyak 800% yaitu mencapai 300.000 unit dan kami masih memproyeksikan kenaikan 1000% hingga 2020,” lanjutnya.

Diikuti oleh 39 merek dari beberapa kategori produk, antara lain sepeda motor anggota AISI yaitu Honda, Kawasaki, Suzuki, TVS, Yamaha, serta BMW, KTM dan Nozomi. Berbagai merek spare parts juga ambil bagian antara lain Astra Otoparts, TDR, Bosch, Ferrox, merek-merek Lubricants seperti Evalube, Idemitsu, Pertamina Lubricants serta berbagai merek apparel dan riding equipment.

Hujan Peluncuran
Lima anggota AISI yakni Honda, Kawasaki, TVS, Suzuki, Yamaha menunjukkan produk-produk terbaik di IMOS 2016. Kawasaki meluncurkan New Ninja 650, selain itu juga menghadirkan full line up, Ninja Series, Classic Series, Off Road Series, dan Adventure Series.

TVS Motor juga telah bersiapunjuk gigi dengan menampilkan motor konsep andalan, di mana cikal bakal dari sepeda motor sport premium TVS dengan kubukasi mesin 300cc ini telah menjadi perbincangan yang hangat baik di India maupun di Indonesia.

Sementara PT Suzuki Indomobil Sales memilih IMOS 2016 sebagai ajang pertama yang menghadirkan gebrakan terbaru dari Suzuki. Dan, PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan lebih dari 30 unit motor yang terdiri dari motor konsep, motor yang diproduksi AHM hingga motor modifikasi dengan Honda Genuine Accesories (HGA) maupun parts custom.

Sedang pabrikan Yamaha menyuguhkan tema besar Sophisticated Technology of Yamaha atau teknologi mutakhir Yamaha, dengan menghadirkan produk motor matik terbaru, yang mengusung teknologi Blue Core dan Variable Valve Actuation (VVA). Teknologi ini diusung pada NMax yang laris.

About Gatot Irawan

Check Also

Dealer Baru 3S Fuso di Tulang Bawang, Lampung

Lampung, NextID – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor kendaraan niaga Mitsubishi Fuso …

Leave a Reply