Home / Auto / Adu Produk Baru di Indonesia Motorcycle Show 2016
Kawasaki pamerkan Ninja sebagai andalannya. Ist

Adu Produk Baru di Indonesia Motorcycle Show 2016

Jakarta, NextID – Pada hari pertama pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016, lima brand yang tergabung dalam Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) langsung unjuk gigi dengan memperkenalkan produk-produk baru mereka. Bertempat di booth mereka masing-masing, ke-lima merek motor itu membuka selubung produk-produk motor baru yang memang telah dinantikan oleh konsumen di tanah air.

Kawasaki menghadirkan full line up Ninja Series, Classic Series, Off Road Series, dan Adventure Series. Satu produk yang menjadi hero pada IMOS 2016 adalah Kawasaki Ninja 650, yang memiliki desain lebih sporty. Kawasaki Ninja 650 dibekali mesin 4 tak paralel twin berkapasitas 649 cc yang sanggup menghasilkan tenaga 68 ps pada 8.000 rpm dan torsi atas 65,7 nm pada 6.500 rpm. Mesin dikombinasikan dengan sistem transmisi enam percepatan manual. Kawasaki Ninja 650 diluncurkan dalam dua varian, tipe black edition dan tipe special edition.

Kawasaki Ninja 650

“Kawasaki sudah dikenal sebagai brand premium dengan kehadiran awal Ninja 250R dan segmen ini terus kami perkuat dengan generasi baru Ninja 650 yang didesain langsung oleh Kawasaki Jepang,“ ujar Kazuya Ikebuchi, GM Marketing Division PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI).

Selain itu, motor yang masuk kategori kelas premium ini telah didesain dengan standar Euro4 yang artinya, Ninja 650 memiliki gas buang yang bagus. Dengan teknologi gas buang baru tersebut, inefisiensi konsumsi bahan bakar Ninja 650 hanya sekitar 8%.

“Satu keunggulan dari Ninja 650 dari yang sebelumnya adalah motor ini dibuat dengan baja yang lebih ringan sehingga bobotnya berkurang 19 kilogram,” timpal Sucipto Wijono, Supervisor Marketing Division KMI.

TVS Akula 310

Sementara itu, PT TVS Motor Company Indonesia memajang 6 model motor untuk menyemarakkan ajang Indonesia Motorcycle Show 2016 (IMOS). Salah satu yang paling spektakuler, TVS pamerkan motor konsep Akula 310 dalam ajang yang bertema “Uncover The Racer In You.” Tema ini sejalan dengan kampanye TVS Indonesia selama satu tahun, dengan menampilkan produk yang memiliki DNA Sport yang kuat.

TVS dengan salah satu model motor yang futuristis.  Ist
TVS dengan salah satu model motor yang futuristis. Ist

“IMOS 2016 merupakan sarana yang sangat efektif dalam memperkenalkan keunggulan produk dan merek TVS. Kami berharap kehadiran produk TVS akan ditunggu oleh masyarakat Jabodetabek khususnya pecinta otomotif di Indonesia,” ujar V. Thiyagarajan, Presiden Direktur TVS.

Akula 310 merupakan motor sport konsep spektakuler yang menjadi cikal bakal dari sepeda motor sport premium TVS – hasil kerjasama dengan BMW yang mengusung mesin berkapasitas 300 cc, yang akan diproduksi di Cikarang, Jawa Barat.  TVS juga menampilkan beberapa produk sepeda motor Matic dan Sport di antaranya TVS Dazz, TVS Apache 180, dan produk lansiran teranyar Apache 200, serta motor konsep X-21 dan sepeda motor matik Entor-Q 210.

“Kami yakin dengan kehadiran motor konsep akan memberikan atmosfer yang berbeda  dalam ajang IMOS 2016,” jelas Rio Aditya Putra, Deputy Manager Corporate Communication PT TVS Motor Company Indonesia.
Honda CBR250RR

Sementara itu PT Astra Honda Motor (AHM) yang mengusung tema Be Unlimited  pada IMOS 2016. Keragaman produk , teknologi, dan inovasi yang dimiliki oleh Honda berhasil membuat konsumennya menjadi tak terbatas di setiap aspek kehidupannya.

“Melalui The Power of Dreams, kami percaya kekuatan mimpi bisa mewujudkan impian dengan semangat Satu Hati. Dan mimpi kami adalah mengirimkan pembalap Indonesia berbakat ke MotoGP. Mimpi ini kami wujudkan dengan CBR250RR yang siap dikirim ke 2.700 konsumen yang telah inden,” ujar Toshiyuki Inuma, President Director AHM.

“Kami juga memperkenalkan CBR1000RR Fireblade untuk pertama kali di Indonesia yang menyandang filosofi utama Total Control dan CRF1000L Africa Twin, motor adventure yang akan kami luncurkan semester pertama 2017,” tambah Toshiyuki.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) melepas dua model sekaligus untuk bisa bersaing dengan kompetitor, seperti Yamaha R15, dan Honda CBR150R, dengan meluncurkan sepasang GSX-R 150 dan GSX-S 150. Kedua sepeda motor 150 cc ini spesial meluncur di ajang IMOS 2016 yang disiarkan secara live streaming melalui online, untuk peluncuran perdana di dunia (world premiere).

Suzuki GSX-R 150 sendiri memiliki tampilan racing dengan mesin 150cc DOHC berteknologi fuel injection. Sementara GSX-S 150 tetap pakai jantung pacu serupa, namun gayanya lebih sporty dan ergonomis.”Pasar motor sport di Indonesia terus meningkat, itu yang membuat kami memutuskan untuk menghadirkan dua model ini di Indonesia,” ungkap Seiji Itayama, Managing Director 2W SIS di JCC, Rabu (2/11).

“Kebanggaan lain yang kami rasakan adalah Indonesia  dipilih sebagai basis produksi kedua model itu, yang kemungkinan juga akan di ekspor ke negara lain. Kami bangga karena Indonesia terpilih mengadakan World Premiere, yang membuktikan bahwa prinsipal memandang penting pasar roda dua nasional,” ujar Seiji.

Skutik Baru

Satu brand besar yang turut memanfaatkan IMOS 2016 untuk meluncurkan produk baru adalah Yamaha. Tak tanggung, Yamaha meluncurkan lima skuter otomatis (skutik) sekaligus, New Mio M3 AKS SSS, New Soul GT AKS SSS, Aerox 155, XMax, serta skutik tiga roda Tricity 155.

Yamaha Aerox 155
Yamaha Aerox 155

Aerox 155, skutik yang disebut sebagai adik NMax dihadirkan sebagai entry level dari skutik 150-an cc Yamaha yang kini baru diisi oleh NMax. Skutik ini telah memiliki mesin Blue Core, Variable Valve Activation (VVA), SSS, Smart Motor Generator (SMG), hingga Smart Key System.

“Yamaha Indonesia mengikuti gaya Yamaha Eropa, yaitu meski belum diproduksi dan dijual, pada saat ada event cukup bergensi, model terbaru diluncurkan terlebih dahulu, baru dijual tahun depan,” ujar Mohammad Masykur, Assistant General Manager Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

“Inden Aerox akan dibuka mulai Desember. Pada November, kami akan melibatkan konsumen secara interaktif untuk menentukan harga Aerox melalui program tebak harga. Barangnya dikirim pada Januari.  New Mio M3 AKS SSS dan New Soul GT AKS SSS barangnya sudah tersedia di diler-diler kami. Sementara Tricity yang adalah skutik roda tiga, pasarnya cukup kecil, jadi diimpor CBU dari Thailand sebanyak 30 unit sampai akhir tahun ini. Kalau animo besar, kami akan impor lagi,” singkap Masykur.

“IMOS ini diadakan dua tahun sekali, tentu ini ajang yang sangat bagus dan kita harapkan sebagai tempat di mana semua produsen menampilkan teknologi dan produk baru. Indonesia sebagai negara produsen otomotif ketiga di dunia harus punya ajang komersial yang besar,” papar Dyonisius Beti, Vice President Director YIMM).
Enduro Matic-G

PT Pertamina Lubricants, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) pengelola usaha pelumas otomotif dan industri domestik dan internasional, yang menjadi sponsor utama IMOS 2016 juga memperkenalkan salah satu varian Enduro terbaru yakni Enduro Matic-G yang didesain khusus untuk penggunaan sehari-hari pada mesin sepeda motor dengan transmisi otomatis (CVT).

Pertamina pamerkan pelumas andalan terbaru di ajang IMOS 2016.
Pertamina pamerkan pelumas andalan terbaru di ajang IMOS 2016.

“Enduro Matic G memiliki tingkatan mutu JASO MB, yang merupakan standar Jepang untuk motor empat langkah matik. Pelumas ini memiliki ketahanan yang tinggi terhadap oksidasi dan degradasi akibat radiasi panas dari mesin sehingga memperpanjang masa pakai pelumas,” tutur Andria Nusa Direktur Sales dan Marketing PT Pertamina Lubricants di ajang IMOS.

“Kami yakin pelumas ini bisa bersaing dengan produk lainnya. Karena pelumas ini memiliki banyak kelebihan dibanding merek lain. Keikutsertaan kami dalam IMOS 2016 adalah wujud tanggung jawab pelumas Pertamina dalam memberikan produk dan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan dan konsumen setianya Indonesia,” imbuhnya.

“Keunggulan pelumas Pertamina karena lahir sejak 1940, bahan baku asli dari dalam negeri dari kilang gas/oil dan empat pabrik yang dimiliki Pertamina, prosesnya menggunakan  teknologi terbaru, dan kini telah diekspor ke-20 negara di dunia, jadi inilah alasan mengapa pelumas Pertamina dipercaya oleh masyarakat,” lanjutnya.

About Gatot Irawan

Check Also

All New BR-V Model Khusus di GIIAS 2022

Tangerang, NextID – PT Honda Prospect Motor (HPM) bekerja sama dengan Main Dealer Honda Jakarta …

Leave a Reply