Home / Auto / Toyota Indonesia Terima “Good Factory Award” 2016
All New Sienta yang diproduksi Toyota di Indonesia. Ist

Toyota Indonesia Terima “Good Factory Award” 2016

Jakarta, NextID – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) berhasil mendapatkan penghargaan Good Factory Award yang diselenggarakan oleh Japan Management Association (JMA). Penghargaan yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2011 ini diberikan kepada perusahan-perusahaan di kawasan Asia Pasifik yang telah menunjukkan peningkatan perbaikan dalam segi produktivitas dan kualitas.

Penyerahan penghargaan yang dilaksanakan pada 19 Oktober 2016 di Tokyo, Jepang, yang diserahkan langsung oleh Nakamura Masami selaku Ketua JMA kepada manajemen TMMIN yang diwakili oleh Nandi Julyanto, Direktur Produksi & Pabrik Karawang, dan Bob Azam, Direktur Administrasi.

Nandi Julyanto menyatakan penghargaan ini semakin memicu TMMIN untuk lebih meningkatkan performa manajemen produksinya. ”Kami sangat tersanjung telah dipercaya untuk menerima penghargaan Good Factory pada kategori Factory Management. Ini menjadi semangat kami untuk terus memberikan yang terbaik bagi konsumen melalui upaya tiada henti untuk menyediakan produk – produk berkualitas global yang diproduksi dari fasilitas manufacturing berkualitas global,” ujar Nandi, Senin (24/10).

Penilaian untuk Good Factory Award dibagi kedalam 3 kategori yaitu Monozukuri Process Award, Monozukuri People Development Award dan Monozukuri CSR Award. Perusahaan yang memiliki nilai baik di ketiga kategori tersebut berhak memperoleh Factory Management Award. TMMIN adalah satu-satunya perusahaan di luar Jepang yang meraih penghargaan di kategori ini.

Kategori Factory Management adalah sebuah pengakuan yang diberikan bagi perusahaan yang memiliki level manajemen yang tinggi serta berhasil meningkatkan produktivitas dan kualitasnya. Penghargaan ini sekaligus melegitimasi kapabilitas industri Indonesia yang telah dinilai sejajar dengan negara maju lainnya seperti Jepang dan China.

Ini adalah pertama kalinya TMMIN ikut berpartisipasi dalam penghargaan Good Factory yang proses awalnya diikuti oleh sekitar 4.000 perusahaan di Asia. Proses penilaian dimulai sejak bulan Desember tahun 2015 termasuk kegiatan audit secara langsung di Pabrik Karawang TMMIN dimana tim auditor berkesempatan untuk melakukan kegiatan diskusi bersama jajaran direksi dari TMMIN. Penilaian penghargaan Good Factory  dilakukan oleh Profesor Shin Seichi, kepala komite dari University of Electro Communication Jepang, bersama beberapa ahli dan konsultan manajemen.

Manufaktur Tingkat Dunia

TMMIN memiliki 5 fasilitas manufaktur yang berlokasi di Sunter – Jakarta dan Karawang – Jawa Barat. Fasilitas-fasilitas ini memproduksi kendaraan secara utuh maupun terurai, mesin, komponen, serta alat bantu produksi untuk proses pengepresan (dies) dan pengelasan (jigs). Proses manufaktur di TMMIN dilakukan secara utuh mencakup: Casting, Stamping, Welding, Assembly, dan Quality Control.  Secara total, 9.500 karyawan terlibat dalam kegiatan produksi yang hasilnya adalah untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik dan ekspor.

Secara keseluruhan, TMMIN memproduksi 7 model kendaraan dan 2 model mesin. Kijang Innova, Fortuner, Etios, Vios, Limo, Yaris dan Sienta diproduksi di Pabrik Karawang 1 dan 2. Untuk mesin, TMMIN memproduksi 2 tipe yaitu NR yang diproduksi di pabrik baru Karawang 3 serta mesin TR yang diproduksi di pabrik Sunter 1 dan 2.

“Melalui semangat We Make People Before We Make Product, kami selalu berupaya untuk melalukan pengembangan SDM berstandar kualitas global yang tentunya akan menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi dan semoga dapat memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan daya saing industri di Indonesia,” tutup Bob Azam, Direktur Administrasi TMMIN.

 

 

About Gatot Irawan

Check Also

IMI Tak Rekomendasi Balap Motor Digelar di Sirkuit Formula E..!

Jakarta, NextID – Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran baru saja mengungkapkan keinginannya untuk untuk …

Leave a Reply