Jakarta, NextID – OTOMOTIF (Group of Magazine – Kompas Gramedia) kembali menggelar salah satu event flagship, yaitu OTOMOTIF Choice Award (OCA) 2016. Bertempat di Klub Kelapa Gading, acara ini diadakan pada Rabu (26/10) siang.
Acara tahunan yang kelima kali ini merupakan sebuah penganugerahan bagi para pelaku otomotif di Indonesia, khususnya produsen, importir dan distributor resmi produk aftermarket yang sangat berpengaruh bagi perkembangan dunia otomotif di Indonesia.
OTOMOTIF berkerja sama dengan tim riset Gramedia Majalah melakukan suatu survei tatap muka yang telah dilakukan dalam kurun waktu September 2016 di lima kota besar. Yakni Jakarta, Medan, Bandung, Surabaya dan Makassar terhadap merek-merek pilihan dengan dua parameter yaitu Favourite Brand dan Most Used Brand.
Berbeda dari OCA tahun sebelumnya, survei kali ini didominasi oleh responden muda berusia 18-24 tahun dengan persentase 50 persen dari 1.200 responden. Sedangkan di OCA tahun lalu, kelompok usia paling dominan berada di atas 25 tahun. “Makanya kami memilih tema ‘Yang Muda Yang Belanja’ untuk OCA tahun 2016 ini,” jelas Billy Riestianto selaku Editor in Chief OTOMOTIF.
Selain itu, OTOMOTIF mengambil kota Makassar sebagai kota ke-5 yang mewakili kota di Indonesia bagian timur. Karena untuk wilayah Indonesia timur belum terwakili dalam survey di tahun sebelumnya.
OTOMOTIF Choice Award 2016 menganugerahkan total sebanyak 72 Kategori produk-produk aftermarket seperti spare parts, accessories, apparel, fuels (gasoline), maintenance, insurance hingga finance untuk kendaraan roda dua (motor) maupun kendaraan roda empat (mobil) yang berada di Indonesia.
Selain itu, di acara tersebut juga menganugerahkan kepada 10 kategori Promising Product dan 5 kategori Promising Services. Dan tentunya, penghargaan tertinggi OCA 2016 adalah Product of The Year yang diraih Pertalite, serta Lifetime Achivement untuk Ayong Jeo.