Wednesday , 20 October 2021
Home / Auto / Ajang Unjuk Kreatifitas Komunitas Otomotif
Para pemenang JOFEST (Jatim Otomotif Festival) bersama para juri. Ist

Ajang Unjuk Kreatifitas Komunitas Otomotif

Surabaya, NextID – Kemeriahan masih berlanjut di hari ke-4 penyelenggaraan GIIAS Surabaya Auto Show 2016. Selain banyaknya pengunjung yang ingin memperoleh informasi produk kendaraan terbaru yang hadir, ajang ini juga menjadi tempat berkumpul dan reuni para penggila otomotif yang berasal dari beragam komunitas kendaraan.

“Konsep GIIAS Surabaya Auto Show 2016 bukan hanya sebagai ajang pameran produk terkini dari para peserta, tetapi juga diharapkan menjadi ajang berkumpulnya para pencinta otomotif Surabaya di mana mereka dapat saling berinteraksi,” papar Yusuf Karim Ungsi, Project Director A1R-Event.

JOFEST

Yang unik di GIIAS Surabaya ini, ada Jatim Otomotif Festival (JOFEST) yang merupakan ajang apresiasi kreatif di bidang otomotif  yang diselenggarakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur. Acara ini bertujuan untuk mendukung industri kecil komponen (rumah modifikasi) dan juga mengembangkan kreativitas para modifikator motor dari berbagai daerah di Jawa Timur.

Selain itu JOFEST diharapkan menjadi ajang untuk menunjukkan eksistensi serta  prestasi hasil karya para modifikator Jawa Timur yang tidak kalah dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia. Untuk kategori yang dikompetisikan dalam JOFEST 2016 adalah  ini adalah Food Truck, Choppy Cup, Cafe Laser dan Tracker.

Kategori penilaian Food Truck adalah fungsional, estetika kerapian dan desain dari mobil tersebut dan pemenang pertama Gyro Cart. Kategori penilaian selanjutnya adalah Choppy Cup sebuah trend modifikasi retro chopper ala Jepang. Pemenangnya pertama Law A San.

Kategori ketiga adalah Cafe Laser, merupakan salah satu jenis modifikasi motor balap yang lahir di tahun 1960-an. Modifikasi ini mengutamakan kecepatan dan kemudahan untuk mengendalikan motor yang sudah dimodifikasi. Pemanangnya adalah Paskalino Jimmy Faris.

Kategori modifikasi terakhir adalah Tracker, merupakan gabungan gaya modifikasi ala Amerika dan Eropa yang dipadukan dengan gaya Indonesia, yang diraih oleh Yohanes Marse.

Test Drive dan Food Truck Area

Selama berlangsungnya GIIAS Surabaya Auto Show 2016, pengunjung dapat merasakan langsung sensasi berkendara berbagai macam mobil dari merek-merek yang berpartisipasi pada GIIAS 2016 pada ajang test drive di area  parkir Grand City Convex. Sebanyak 5 mobil dari 4 APM memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk mencoba mobil di antaranya Mitsubishi Pajero, Mitsubishi Mirage, Nissan X-trail dan Suzuki SX4 S-Cross.

Antusias pengunjung GIIAS Surabaya Auto Show cukup besar untuk melakukan test drive. Sejak hari pertama tercatat sudah lebih dari 75 kali test drive yang dilakukan. Mitsubishi tercatat sebagai APM yang paling banyak menerima permintaan  test drive.
Di ajang Food Truck and Community Festival disiapkan bagi para komunitas otomotif dan pengunjung yang ingin menikmati sajian kuliner khas otomotif.

Di ajang ini juga diisi dengan Bazaar Komunitas berupa lapak  bagi para komunitas otomotif untuk menjual beberapa spare part dan berbagai aksesoris pendukung lainnya, diikuti oleh 55 komunitas mobil, antara lain Pajero Owners Club, Calya Sigra Community (CALSIC), Wagon ID, Avanza Owner Indonesia (AVOID) dan masih banyak lagi.

About Gatot Irawan

Check Also

Sambut World Superbike di Indonesia, IMI dan Dyandra Promosindo Tawarkan Paket “Sultan”

Jakarta, NextID –  Gelaran ajang balap motor internasional, World Superbike (WorldSBK) akan menyambangi Indonesia sebagai destinasi akhir …

Leave a Reply