Home / Auto / All New Cayla Merangsek Pasar
Iring-iringan All New Calya menuju Gunung Banyak, Batu, dalam ajang Journalist Test Drive yang digelar Senin dan Selasa (19-20/9). Ist

All New Cayla Merangsek Pasar

Jakarta, NextID – Acara Journalist Test Drive (JTD) All New Toyota Cayla menjadi ajang pembuktian “kesaktian” MPV 7 penumpang versi LCGC dalam merangsek pasar di segmennya. Terbukti, walau ajang penjajalan (test drive) masih berjalan di berbagai diler Toyota di seluruh Indonesia, penjualannya sontak meroket sejak peluncurannya.

Menurut data, saat peluncuran Toyota memasang target penjualan bulanan Calya sekitar 8.000 unit tiap bulan. Sehingga sejak Juli sampai Desember nanti, produk yang masuk dalam program low cost green car atau LCGC itu bisa menangguk angka penjualan hingga 40.000 unit.

Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto mengungkapkan pihaknya optimistis target yang cukup ambisius itu mampu digapai. Pasalnya, hingga dua bulan pasca distribusi perdana, Calya telah diserap pasar hingga 22.000 unit. “Itu jumlah surat pemesanan kendaraan (SPK) yang kami kantongi,” ujarnya, Senin (19/9) di sela acara Journalist Test Drive All New Calya di Malang.

Peta pasar saat ini, segmen mobil murah atau low cost green car (LCGC) merupakan motor pertumbuhan. Volume LCGC menorehkan pertumbuhan 28% selama delapan bulan tahun ini berkat kehadiran produk baru, Calya dan Sigra, keduanya menyumbang sekitar 20.000 unit dalam dua bulan terakhir. Alhasil, catatan prestasi itu menggenjot volume LCGC mendekati mobil low multipurpose vehicle (LMPV), yakni sebesar 133.635 unit.

Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota Astra Motor (kanan) memberi informasi seputar pasar Toyota di Indonesia, khususnya Calya di resto Taman Indie, Malang. Ist
Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota Astra Motor (kanan) memberi informasi seputar pasar Toyota di Indonesia, khususnya Calya di resto Taman Indie, Malang. Ist

Di sisi lain, secara ritel, penjualan Calya mencapai 8.266 unit sepanjang Agustus tahun ini. “Itu akan mengalami tren kenaikan, karena untuk inden saja sudah mencapai dua bulan,” ujar Henry.

Komposisi terbesar penjualan ritel Calya pada bulan lalu masih berasal DKI Jakarta yaitu 27,2%, dan diikuti Jawa Barat sebesar 17,9%, serta Jawa Timur sebesar 7,1%, sedangkan sisanya tersebar di hampir semua wilayah di tanah air. “Pasar Calya di daerah cukup besar. Ini membuktikan kehadiran entry MPV juga sangat diminati oleh masyarakat di daerah-daerah,” ujarnya.

Pasar Jawa Timur

Operation Manager Auto2000 Regional Jawa Timur Hendra Purnawan membenarkan kehadiran Calya telah melecut penjualan mobil merek Toyota di daerah. Bahkan sejak peluncuran, volume penjualan Calya telah mencapai 1.000 unit, setara 25% penjualan Toyota di Jawa Timur.

Hendra mengaku Auto2000 kebanjiran pesanan Calya, apalagi kini  konsumen di Jawa Timur harus menunggu hingga tiga bulan untuk pemesanannya. “Makanya kami minta agar pasokan dibesarkan sekitar 800 unit per bulan,” ujarnya.

About Gatot Irawan

Check Also

Silaturahmi Pakai Mobil Hybrid Toyota, Siapa Takut?

Jakarta, NextID – Saat ini salah satu dealer Toyota yakni Auto2000 memasarkan tidak kurang dari …

Leave a Reply