Jakarta, NextID – Kehadiran All New Honda BeAT di kalangan pecinta skutik semakin kuat. Hal ini tercermin dari penjualannya pada Agustus yang naik menjadi 157.462 unit dibandingkan dengan penjualan Juli 2016 yang hanya 43.495 unit. Pertumbuhan ini dipicu oleh penerimaan yang tinggi terhadap model terbaru All New Honda BeAT eSP yang diluncurkan secara serentak di seluruh Indonesia pada pertengahan bulan lalu.
Berdasarkan data yang diolah dari Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), pasar sepeda motor nasional pada Agustus 2016 mengalami pertumbuhan 72,9% menjadi 527.536 unit dibandingkan bulan sebelumnya yaitu 305.153 unit. Pada bulan ini, segmen skutik nasional melonjak 99% menjadi 433.200 unit dari penjualan Juli 2016 yang hanya 217.652 unit.
Sejalan dengan pertumbuhan tersebut, PT Astra Honda Motor (AHM) juga mencatatkan pertumbuhan penjualan sebesar 90,9 % yaitu 388.847 unit, dengan penguasaan pangsa pasar 73,7% terhadap sepeda motor nasional. Adapun segmen skutik Honda berkontribusi sebesar 78,4% terhadap pasar skutik nasional dengan torehan penjualan 339.445 unit atau tumbuh 123,9% dibandingkan Juli 2016 yang hanya 151.585 unit. Kontribusi terbesar terhadap penjualan skutik Honda diperoleh dari larisnya model Honda BeAT series yang terjual sebanyak 157.462 unit.
Mengikuti kesuksesan penjualan Honda BeAT series, sepanjang Agustus 2016 Honda Vario series pun laris terjual yaitu sebanyak 128.421 unit, diikuti model All New Honda Scoopy eSP sebanyak 53. 083 unit, All New Honda PCX 150 350 unit, dan Honda Spacy yang terjual 129 unit.
GM Sales Division AHM Thomas Wijaya mengatakan penjualan Honda BeAT series merupakan bukti nyata bahwa produk ini merupakan salah satu moda transportasi skutik terbaik yang menjadi pilihan konsumen di kelasnya. Hadir dengan dua varian All New Honda BeAT eSP dan All New Honda BeAT POP eSP, model ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan permintaan terhadap model Honda lainnya.
“Kami baru saja menyegarkan produk All New Honda BeAT eSP untuk memenuhi kebutuhan konsumen terhadap produk skutik terbaik Honda. Sejak 2008 produk ini telah menjadi mitra konsumen dalam menjalani aktivitas sehari-hari sekaligus menjadi salah satu model yang paling penting bagi kami. Oleh karena itu kami berharap pencapaian positif ini dapat kami tularkan kepada produk sepeda motor Honda lainnya,” ujarnya, Rabu (14/9).
Di segmen lain, penjualan sepeda motor bebek Honda terjual sebanyak 29.754 unit pada Agustus 2016 dengan pangsa pasar 59,6% atau tumbuh tipis sebesar 1,6% dibandingkan bulan sebelumnya yaitu 29.281 unit. Pada segmen ini Honda Supra series berkontribusi terbanyak sebesar 15.337 unit, Honda Revo series 7.012 unit, New Honda Sonic 150R 5.400 unit, dan Honda Blade sebesar 2.005 unit.
Di segmen sport, AHM memberikan kontribusi penjualan 19.648 unit atau 44,2% pangsa pasar. Pada segmen ini Honda CBR series menjadi penyumbang terbanyak yaitu sebesar 8.856 unit, diikuti All New Honda CB150R StreetFire 7.082 unit, Honda Verza 3.554 unit, Honda Megapro 151 unit, dan penjualan big bike sport series sebanyak 5 unit.