Home / Auto / UD Trucks Gelar Balap Truk Pertama di Indonesia
Valery Muyard dan Aloysius Chrisnoadhi melakukan flagoff pertama dalam kompeitis EMC. Ist

UD Trucks Gelar Balap Truk Pertama di Indonesia

BSD City, NextID – UD Trucks Indonesia bersama Astra International UD Trucks menyelesaikan kompetisi UD Trucks Extra Mile Challenge (EMC) 2016 pertama yang diadakan di lapangan terbuka di Bumi Serpong Damai, Tangerang. Para pengemudi yang berpartisipasi berasal dari 5 perusahaan pelanggan UD Trucks di Indonesia, dan Abu Bakar Sidik dari PT Sinar Transindommitra Abadi (STAL) terpilih sebagai pemenang kompetisi tahunan UD Trucks ini.

Sebanyak 5 tim yang berpartisipasi dalam kompetisi ini yang digelar untuk pertama kalinya di Indonesia, yaitu PT Lancar Indonesia, PT WIG, PT Dunex, PT Tangguh Karimata, dan PT STAL. Kelimanya bersaing dalam rangkaian tantangan yang terkait dengan industri truk.

Melewati jalur perjalanan sepanjang 5,2 km, kompetisi EMC terbagi atas 3 bagian, yakni, Inspeksi sebelum berkendara, keahlian mengemudi, dan penjemputan dan pengantara. Seluruhnya dinilai berdasarkan kriteria-kriteria pendapatan, efisiensi bahan bakar, biaya uptime dan pemeliharaan serta keamanan berkendara.

Pengumuman pemenang dan penyerahan penghargaan dilaksanakan setelah kompetisi berakhir sebagai puncak acara. Tim dari PT STAL yang di kemudikan oleh Abu Bakar Sidik keluar sebagai pemenang umum akan mewakili Indonesia di kompetisi final EMC yang akan diadakan di Jepang pada November 2016. Mereka menjuarai ajang EMC 2016 dengan pendapatan terbesar dengan selisih yang kecil dibandingkan peserta setelahnya.

Valery Muyard, Presiden Direktur UD Trucks Indonesia, mengatakan, EMC menunjukkan bagaimana UD Trucks akan terus melaju, tidak hanya berkontribusi bagi kesuksesan bisnis yang berkelanjutan, tetapi juga memfokuskan pada kemampuan dan kepercayaan diri pengemudi, berkontribusi pada jalanan yang aman serta memotivasi pengemudi.

“Pengemudi merupakan kunci dalam industri truk, dan kami sangat menghargai pengemudi dengan menyiapkan setiap pengemudi melalui pelatihan, edukasi dan pengetahuan sehingga mereka dapat memberikan keuntungan lebih bagi bisnis pelanggan kami,” ujarnya, Kamis (18/8).

Sementara itu CEO Astra International UD Trucks Sales Operations, Aloysius Chrisnoadhi berkomentar mengenai kegiatan yang mereka ikuti tahun ini. “Selain mengendarai truk terbaru kami Quester, untuk solusi terbaik pelanggan, kami percaya EMC adalah kegiatan yang mampu meningkatkan semangat ‘gemba’ bagi para pelanggan melalui para pengemudinya,” ujarnya.

“Melalui kompetisi ini kami berharap dapat mempunyai jajaran pengemudi yang lebih baik dan terdidik, yang akan membantu pelanggan mengambil langkah besar berikutnya untuk perkembangan bisnisnya. Kami juga meminta mereka untuk terus berpartisipasi di aktivitas UD Trucks yang akan datang,” imbuhnya.

Peserta EMC 2016. Ist
Peserta EMC 2016. Ist

Menurut Valery Muyard, Quester adalah truk resmi yang digunakan di kompetisi EMC yang pertama kali diadakan di Indonesia ini, merupakan produk UD Trucks yang diluncurkan pertama kali pada tahun 2014. Kini Quester siap dipasarkan di Indonesia dengan beragam pilihan konfigurasi untuk kebutuhan transportasi berbeda dengan harga yang kompetitif.

“Jangkauan truk kategori 5 modern asal Jepang ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan transportasi, dengan keunggulan dalam hal mempertahankan efisiensi bahan bakar, kapasitas muatan, kinerja dan daya tahan,” paparnya.

Berdasarkan brand promise ‘Going the Extra Mile,’ UD Trucks the Extra Mile Challenge menjadi kompetisi yang mendemonstrasikan bagaimana pelanggan dapat menggunakan truk-truk UD dan layanannya secara optimal dengan meningkatkan efisiensi bahan bakar, uptime, dan ketrampilan pengemudi.

Tim pengemudi dan manager armada akan bertanding berpasangan untuk menunjukkan kemampuan untuk ‘go the extra mile.’ Kompetisi ini mensimulasikan siklus transportasi pengiriman, dan pemenangnya adalah tim dengan keuntungan terbesar dalam hitungan pengangkutan.

Valery menutup jumpa pers dengan menyampaikan komitmen UD Trucks, “Kompetisi ini sangat penting karena memperkuat komitmen kami untuk ‘go the extra mile’ kepada pelanggan kami dan menjadi mitra bisnis terbaik dalam melakukan apapun untuk membuat hal ini menjadi kenyataan.”

About Gatot Irawan

Check Also

AISI Prediksi Pasar Motor Domestik Tembus 4,3 Juta Unit!

Jakarta, NextID – Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) memperkirakan pasar sepeda motor domestik akan meningkat …

Leave a Reply