Tuesday , 22 June 2021
Home / LifeStyle / Leisure / Ini Dia Lima Gunung Tempat Favorit “Hiking” di Indonesia
Bromo 3

Ini Dia Lima Gunung Tempat Favorit “Hiking” di Indonesia

Jakarta, NextID – Mendaki gunung atau “Hiking” adalah favorit beberapa orang dan Indonesia memiliki beberapa pegunungan yang cocok untuk menjadi tempat hiking. Beratnya perjalanan terbayar tuntas dengan indahnya pemandangan.

Ada lima gunung yang cocok untuk dijelajahi dengan tingkat kesulitan yang beragam, ada beberapa gunung yang cocok untuk didaki baik yang sudah pengalaman ataupun yang baru pertama kali naik gunung.

 

Gunung Gede Pangrango (wisatacibodas.com)
Gunung Gede Pangrango (wisatacibodas.com)

 

1. Gunung Gede Pangrango

Gunung Gede Pangrango berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan memiliki medan yang tidak terlalu berat. Anda pun bisa mencapai puncak Gunung Gede hanya dalam waktu 5-6 jam perjalanan saja. Ada banyak jalur pendakian mencapai puncak Gunung Gede, salah satunya melalui jalur Gunung Putri. Dari jalur itu, anda bisa berkemah di Alun-alun Surya Kencana sebelum mencapai puncak di pagi harinya untuk melihat matahari terbit. Selain keindahan matahari terbit, anda juga bisa melihat indahnya padang Edelweis, si bunga ‘abadi’ di Alun-alun Surya Kencana. Sungguh, perjalanan panjang anda akan sepadan dengan pemandangan yang akan anda lihat.

Gunung Papandayan (jelajahgarut.com)
Gunung Papandayan (jelajahgarut.com)

 

2. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan yang berada di Garut adalah pilihan kedua. Biasanya para pendaki memilih Gunung Papandayan sebagai gunung favoritnya. Jalurnya tidak terlampau terjal dan persediaan airnya cukup melimpah. Di gunung itu, anda bisa melihat beberapa spot pemandangan yang menggoda. Jika Gunung Gede punya Alun-alun Surya Kencana, maka Papandayan punya Tegal Alun dengan hamparan padang bunga Edelweis sejauh mata memandang. Sungguh indah!. Spot menarik selanjutnya ada Hutan Mati, hamparan pohon gersang yang sarat akan kandungan belerang. Hutan Mati menawarkan pemandangan yang berbeda dari gunung yang lain dan tentunya cuma ada di Papandayan.

Gunung Prau (getscoop.com)
Gunung Prau (getscoop.com)

 

3. Gunung Prau

Gunung ketiga yang cocok untuk hiking adalah Gunung Prau. Gunung itu masih satu kawasan dengan dataran tinggi Dieng. Gunung itu menawarkan pemandangan matahari yang luar biasa indah. Bisa dibilang, gunung Prau adalah tempat terindah untuk melihat matahari terbit. Dengan ketinggian 2565 mdpl, gunung Prau punya medan yang relatif tidak terlalu berat. Cukup siapkan fisik yang prima dan juga jaket atau pakaian hangat untuk melindungi tubuh karena suhu bisa mencapai 5 derajat celcius di puncak.

Gunung Ijen (agentwisatabromo.com)
Gunung Ijen (agentwisatabromo.com)

 

4. Gunung Ijen

Gunung Ijen, Jawa Timur memiliki kawah yang masih aktif dan mempunyai pemandangan yang dahsyat. Bahkan, turis mancanegara bisa kita jumpai dengan mudah sedang mendaki gunung Ijen. Selain menikmati pemandangan, Anda juga bisa melihat lebih dekat kehidupan para penambang belerang yang masih beroperasi hingga sekarang. Mereka menambang belerang dari kawah yang ada di bawah, sungguh perjuangan yang patut kita tiru semangatnya.

Ada juga fenomena api biru yang konon hanya ada dua di dunia, satu ada di Kawah Ijen, sedangkan lainnya berada di Islandia. Fenomena itu bisa anda lihat ketika tengah malam tiba, saat anda mendaki ke puncak untuk melihat matahari terbit.

Gunung Bromo (tourbromomurah.info)
Gunung Bromo (tourbromomurah.info)

 

5. Gunung Bromo

Gunung terakhir adalah Gunung Bromo yang keindahannya sudah tersohor ke penjuru negeri. Gunung itu cocok untuk anak muda bahkan dari beragam lapisan usia karena medannya relatif mudah dan aman untuk siapa saja. Anda bisa berburu matahari terbit yang indahnya. Anda bisa mendakilah di pagi buta, sebelum matahari terbit, berburulah dengan sang surya. Setelah sampai di puncak, nikmatilah lukisan tuhan yang tersaji di depan mata. Selain pemandangan sunrise, Anda juga bisa melihat lautan pasir, savanna dan bukit hijau.

About Adam Rizal

Check Also

Semangat Febrantonius Sinaga Hasilkan Karya Seni Jempolan!

Jakarta, NextID – Dalam berkarya di tengah Covid-19 ini tidak ada jurus lain, selain  harus …

Leave a Reply