Thursday , 23 September 2021
Home / Tech / Computer / Tato Pintar Ini Terbuat Dari Emas dan Bisa Nyalakan Smartphone
Tatto DuoSkin

Tato Pintar Ini Terbuat Dari Emas dan Bisa Nyalakan Smartphone

Anda mungkin akan segera bisa mengontrol volume musik atau mengganti saluran TV hanya dengan menyentuh lengan Anda. Ada tato DuoSkin yang dapat mengontrol smartphone.

Para ilmuwan Lab Media dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan Microsoft Research menciptakan tato DuoSkin yang dapat menjembatani sebuah karya seni dengan teknologi. Bahkan, tato itu dapat mengendalikan sebuah smartpone, hanya dengan sekali sentuhan.

Serunya, Anda bisa merubah warna tato itu dengan mood Anda seperti dilansir Telegraph.

Tato yang terbuat dari lembaran emas itu memiliki sirkuit elektrik elektronik dan terhubung dengan chip kecil yang dapat memancarkan sinyal Bluetooth mirip dengan smarwatch. Tim peneliti telah mendaur ulang lembaran emas sebagai bahan fabrikasi utama karena emas bersifat konduktif, aman di kulit, mudah untuk ditempel dan dilepas dari kulit, dan bersih.

“Lembaran emas juga kuat menahan guncangan dan deformasi kulit selama terjadi gerakan. Pada akhirnya, lembaran emas bisa diolah dan dikemas cantik penampilannya, menyerupai tampilan perhiasan, menjadikannya pilihan utama kami,” katanya.

Tim peneliti mengatakan salah satu jenis tato berfungsi untuk mengendalikan perangkat perangkat yang terhubung bluetooth seperti ponsel pintar. Tato lainnya menggunakan “pigmen termokromik” yang berubah warna sesuai dengan suhu tubuh.

“Sebagai contoh, kami membuat ‘Couple Harmony’, sebuah aplikasi bagi pasangan untuk memvisualisasikan suasana mereka,” ujar para peneliti.

Tak seperti emas murni, lembaran emas itu dibanderol murah senilai 50 sen (atau setara Rp6,500) per 15x15cm2. Hal itu menegaskan perhiasan logam sudah menjadi kebutuhan sandang pokok dan seni kulit metalik yang cenderung disukai publik.

“Akhirnya, kami percaya kulit bisa berfungsi sebagai jembatan antara realita fisik dan digital sehingga memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan prinsip estetika pribadi yang sering hilang,” ujarnya.

About Adam Rizal

Check Also

Scuderia Alphatauri Pertahankan Pierre Gasly dan Yuki Tsunoda untuk Musim 2022

Faenza, NextID – Scuderia AlphaTauri mengumumkan untuk mempertahankan duet pembalapnya, yaitu Pierre Gasly dan Yuki …

Leave a Reply