Home / LifeStyle / Leisure / Art / Indonesia Cetak Prestasi 4 Kali
Usai pemberian penghargaan pemenang dalam ajang Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) yang digelar Rabu (24/8) di Tokyo. Ist

Indonesia Cetak Prestasi 4 Kali

Jakarta, NextID – Kontes Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) telah berlangsung sejak tahun 2004. Inimerupakan kontes yang ditujukan bagi anak-anak berusia di bawah 15 tahun di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Kontes ini terdiri dari tiga tahap, yaitu Local Contest (tahap nasional) dan World Contest (tahap internasional), dan Awarding.

TDCAC diselenggarakan sebagai bagian dari inisiatif kontribusi sosial yang dilakukan oleh Toyota Group. TDCAC merupakan aktivitas global Toyota yang mengajak anak-anak di seluruh dunia dan khususnya di Indonesia, untuk berbagi ide mengenai mobilitas masa depan dengan cara menggambar mobil impiannya.

TDCAC yang memasuki penyelenggaraan ke-10, bertujuan untuk mewadahi generasi muda untuk mengembangkan bakat seni dan sekaligus apresiasi bagi karya dan ide akan kendaraan masa depan. Rangkaian kegiatan TDCAC ke-10 secara global sudah berlangsung sejak November 2015.

Di Indonesia, kompetisi TDCAC rangkaian acaranya dimulai dari program sosialisasi pada November 2015 hingga Februari 2016, dilanjutkan dengan seleksi pemenang pada Februari 2016, dan tahap pengumuman pemenang Local Contest pada April 2016. Pemenang Local Contest tersebut selanjutnya akan dibawa ke tingkat World Contest.

Sejak digelar pertama kali oleh Toyota Motor Corporation pada 2004, Indonesia sudah empat kali berpartisipasi pada Toyota Dream Car Art Contest, yaitu pada 2008, 2011, 2012, dan 2015. Dari keempat ajang TDCAC tersebut, Indonesia berhasil menorehkan prestasi yang baik.

Pada TDCAC ke-4 (2008), perwakilan anak Indonesia berhasil meraih juara dan memperoleh Gold Award di ajang World Contest TDCAC. Pada TDCAC ke-5 (2011), Indonesia meraih dua nomor juara dan memperoleh Silver dan Bronze Award. Sementara pada TDCAC ke-6 (2012), Indonesia berhasil meraih predikat juara untuk kategori BronzeAward.

Di tahun lalu, ada 2 anak yang berhasil meraih prestasi di tingkat global. Kedua anak Indonesia ini bernama Amanda Dewi Nasya yang berasal dari Serang dengan tema karya gambar “Mobil Cumi-Cumi Pembersih Sampah” dan Kiddya Fastabiul Ulum dari Semarang yang memiliki tema karya gambar “Mobil Sepatu.”

About Gatot Irawan

Check Also

Semangat Febrantonius Sinaga Hasilkan Karya Seni Jempolan!

Jakarta, NextID – Dalam berkarya di tengah Covid-19 ini tidak ada jurus lain, selain  harus …

Leave a Reply