Tuesday , 30 November 2021
Home / Auto / BMW i8: 1 Liter Capai 47 km
Model pulug-in hybrid dari BMW yakni i8 ,yang menarik perhatian pengunjung GIIAS 2016. Ist

BMW i8: 1 Liter Capai 47 km

BSD City, NextID – GIIAS 2016 pada Minggu (21/8) telah usai, dan meninggalkan kesan tak terlupakan. Terutama mobil-mobil mewah, dan salah satunya adalah BMW. Dari sejumlah model yang dipamerkan di ajang tersebut, ada satu yang paling menonjol dari sisi desain, yakni BMW i8.

BMW mengklaim model tersebut adalah mobil sport masa depan karena dianggap paling canggih dan advance. Di dalamnya disematkan terknologi mesin terbaru dan fitur-fitur hebat layaknya mobil masa depan, dan dibanderol Rp 3,499 miliar, off the road!

Yang unik, sedan ini pernah digunakan dalam film Mission Impossible: Ghost Protocol oleh Tom Cruise. BMW i8  adalah mobil sport dengan teknologi plug-in hybrid system. Artinya, mengusung dua mesin, mesin bensin di belakang dan listrik/baterai di depan.  Mesin listrik atau batere bisa diisi ulang di rumah dalam waktu 2 jam.

Mesin bensinnya 1,5 liter dengan 3 silinder twinpower turbo yang mampu menyemburkan tenaga maksimum 231 hp, sedangkan mesin listriknya 131 hp. Jadi jika ditotal makan tenaga BMW i8 mampu mencapai tenaga 362 hp, dengan kecepatan puncak 250 km per jam dan akselerasi dari 0-100 km/jam hanya 4,4 detik.

Sisi belakang BMW i8,, seksi habis! Ist
Sisi belakang BMW i8,, seksi habis! Ist

BMW mengklaim walau sedan itu mempunyai tenaga besar tapi sangat ramah lingkungan, karena pemakaian bahan bakarnya sangat efisien. Dalam catatan BMW,  1 liter menempuh jarak 47 kilometer.

Selain gahar di sector tenaga, BMW i8 juga memiliki aura futuristis dalam hal desain eksterior yang progresif. Aerodinamika sangat tinggi yang tampak dari lekukan bodinya. Di sisi interior, jelas bergaya sporty khas BMW, elegan menghanyutkan.

Menurut Jodie Otania, Head of Communication BMW Group Indonesia, harga jualnya sebesar Rp 3,499 miliar itu, masih harga kosong (off the road). Tapi, itu sudah termasuk biaya perangkat plug-in yang dipasangkan oleh BMW di rumah pembeli i8. “Tidak ada kuota untuk i8. Itu tergantung seberapa banyak peminatnya di Indonesia,” sebut Jodie.

Sedan sport ini di kawasan Asia, sudah dijual di Singapura, Malaysia, dan Sri Lanka. Ketiga negara itu dinilai siap dengan mobil plug-in hybrid, termasuk dukungan pemerintah setempat. Penjualan BMW seri i di dunia per Juli 2016 mencapai angka 13.702 unit, termasuk BMW i3.

Desain keseluruhan  BMW i8 kental aura sporty.  Ist
Desain keseluruhan BMW i8 kental aura sporty. Ist

About Gatot Irawan

Check Also

Via Kontes Virtual, Daihatsu Tantang Modifikator

Jakarta, NextID – Daihatsu selalu berusaha mendekatkan diri kepada pelanggan, khususnya  kawula muda melalui berbagai …

Leave a Reply