Thursday , 23 September 2021
Home / Auto / All New CBR250RR Mengusung Teknologi Terdepan!
Johanes Loman selaku Vice President Director PT Astra Honda Motor memperkenalkan tim yang mengembangakan All New Honda CBR250RR . (NextID/tot)

All New CBR250RR Mengusung Teknologi Terdepan!

Jakarta, NextID – Peluncuran All New CBR250RR pada Senin (27/7) di Jakarta,  memang banyak ditunggu karena mengusung teknologi terkini layaknya motor balap sesungguhnya. Dalam pengembangannya motor ini memiliki banyak kelebihan, di antaranya  sebagai motor lightweight supersport terbaik di kelasnya.

Ini, menurut Large Project Leader Honda Motorcycle R&D Center Kenji Kawai, motor ini di kelasnya telah dirumuskan beberapa tujuan untuk setiap bagian, yaitu: Styling (menampilkan desain yang membangkitkan sensasi terhadap power dan kecepatan); Chassis (menghadirkan kemampuan manuver yang optimal dan memberikan performa berkendara luar biasa); Power unit (karakter mesin yang optimal di seluruh putaran dan suara knalpot memberikan sensasi saat menikmati kecepatan didukung desain engine yang compact.  Hal ini menjadikannya motor yang ideal); Memiliki elektronik dan sistem kontrol yang handal (hadir dengan kualitas terkini dan canggih sejalan dengan desain dan performa).

Styling

Styling dari model ini disesuaikan dari evolusi tiap fungsi bersama dengan pengembangan teknologi terkini.  Tema desain “Speed Shape” menghadirkan tampilan menarik dan fungsional sehingga memberikan kesenangan pengalaman berkendara bahkan sebelum motor ini dikendarai.

Garis tajam terlihat dimulai dari sisi bawah, bagian depan merunduk hingga buritan belakang meruncing sehingga menghadirkan siluet posisi berkendara yang agresif dalam mengendalikan mesin baru yang bertenaga. Proporsi besar di bagian depan menghadirkan tampilan garang seperti pemangsa yang siap menerkam.

Sisi belakang terlihat seksi dan garang. (NextID/tot)
Sisi belakang terlihat seksi dan garang. (NextID/tot)

Konfigurasi  part baru diadopsi untuk mewujudkan konsep original Honda “layered cowl,” untuk mengoptimalkan aliran udara saat berkendara yang membantu proses pendinginan mesin dan juga berkontribusi pada pengendalian yang optimal.

Kemudahan bermanuver dari motor supersports sangat dipengaruhi oleh pengendara saat melakukan kontrol keseimbangan bobot sesuai yang dikehendaki.  Untuk memaksimalkan kebebasan mengontrol keseimbangan bobot pengendara, jok pengendara di bagian depan diperkecil. Karakter proporsional dari motor  ini dicapai dari power unit layout yang compact dan truss frame terbaru yang terlihat semakin gagah.

 Chassis

Menurut Kawai, desain frame terbaru dengan struktur pipa baja menjamin kekuatan dan kelenturan. Frame ini turut mendukung output yang dihasilkan dan menghadirkan stabilitas sempurna dan pengendalian optimal bagi pengendara.  Lengan ayun tipe gull-arm terbuat dari alumunium melalui proses Gravity Dies Casting (GDC) menghasilkan pengurangan bobot unsprung dan memaksimalkan layout knalpot untuk lebih dekat dengan pusat grafitasi namun tetap mengoptimalkan sudut kemiringan saat bermanuver. Lengan ayun dihubungkan dengan main frame menggunakan suspensi Pro-Link.

Suspensi depan inverted fork berukuran 37mm dari Showa telah dipilih untuk mengurangi bobot unsprungdan menghadirkan cengkraman sempurna.

Adopsi LED di semua sistem pencahayaan dan aplikasi velg dengan 7-spoke yang di desain secara eksklusif, secara keseluruhan menghasilkan pemusatan bobot yang ideal sehingga tercipta manuver sempurna All New Honda CBR250RR.

 Power unit

“Mesin baru DOHC 4-valve twin-cylinder yang compact merupakan dasar yang penting untuk menghadirkan model ini,” ujar Kawai.

Untuk membuat mesin yang sangat compact, banyak teknologi yang diterapkan seperti meletakkan primary driver gears ke dalam  cam chainoil pump di sisi kanan yang terintegrasi dengan mesin, menempatkan saluran pernapasan mesin di belakang silinder, dan meletakkan water pump di kepala silinder seperti yang diterapkan di RC213V.  Lebar mesin baru 2-silinder ini hampir sama dengan mesin 1-silinder di kapasitas yang sama, berkat teknologi yang diterapkan di mesin baru ini.

Bagian penting lain di layout power unit yaitu Downdraft air intake.  Air cleaner dipindahkan dari posisi biasa di belakang silinder menjadi di atas silinder, resistensi asupan udara telah berkurang dan memberikan kontribusi optimal di seluruh rentang kecepatan.

Kehadirannya memang mengundang perhatian sekaligus kekaguman. (NextID/tot)
Kehadirannya memang mengundang perhatian sekaligus kekaguman. (NextID/tot)

Hal ini memberikan kontribusi karakter tenaga dikombinasikan dengan desain mesin yang compact, mampu mengoptimalkan penyebaran bobot. Jok pengendara yang diperkecil juga memberikan kebebasan maksimal saat melakukan pengendalian.

“Karakter output dari All New Honda CBR250RR membuat pengendara dapat menikmati kesenangan saat bermanuver dan mengontrol secara penuh, dan menjadi motor terbaik di kelasnya dimulai dari akselerasi awal, menyalip hingga kecepatan tertinggi,” tutur Kawai.

Electrical & Control systems

Untuk menghadirkan pengendalian optimal bagi pengendara, telah diimplementasikan teknologi terkini yakni throttle-by-wire atau yang dikenal sebagai TBW – yang merupakan model pertama di kelasnya yang mengaplikasikan sistem TBW sehingga model ini menghadirkan akselerasi halus dan stabil yang lebih presisi.

Accelerator Position Sensor (APS) yang diletakkan di sisi kiri gas akan mendeteksi secara otomatis putaran tuas gas dan mengirimkan signal elektrik ke ECU.  Sistem ini juga diaplikasikan di RC213V.

“Untuk memaksimalkan fungsi dari TBW dilengkapi riding mode selector sehingga pengendara dapat menikmati berkendara di berbagai kondisi jalan. Mulai berkendara secara agresif di jalan pegunungan hingga berpetualang di perkotaan dengan berboncengan,” ujar Kawai lagi.

About Gatot Irawan

Check Also

Bus Hino RN 285 Tangguh di Trans Jawa?

Jakarta, NextID – PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) sebagai pemain utama dalam transportasi darat …

Leave a Reply