Monday , 29 November 2021
Home / Auto / Toyota Sundul Pangsa Pasar Mei 39%
Avanza menjadi kontributor penjualan Toyota di Mei. Ist

Toyota Sundul Pangsa Pasar Mei 39%

Jakarta, NextID – Melanjutkan tren pertumbuhan penjualan, PT Toyota-Astra Motor (TAM) kembali menorehkan kinerja positif pada Mei 2016. Bulan lalu, kinerja Toyota di pasar ritel tercatat sebagai yang tertinggi sepanjang tahun dengan penjualan 33.624 unit dan meraih market shares 39%.

Vice President Director TAM Henry Tanoto, menyebutkan di tengah kompetisi yang semakin ketat dan perlambatan pertumbuhan pasar otomotif nasional, Toyota masih mampu mencatatkan kinerja positif berkat kepercayaan dan kesetiaan yang kuat terhadap produk, teknologi, dan layanan Toyota.

“Kami bersyukur atas pencapaian positif ini. Hal ini tak lepas karena support dan kepercayaan customer kepada Toyota. Pencapaian ini tentu memberikan keyakinan yang lebih kuat lagi bagi kami dalam melihat prospek pasar otomotif nasional sepanjang 2016. Di bulan-bulan mendatang, kami berharap, kinerja Toyota dan pasar otomotif nasional pada umumnya, dapat terus membaik hingga akhir tahun ini,” ujar Henry, Senin (20/6).

Lebih lanjut, dia menyebutkan,  potensi pasar Indonesia ke depan masih menarik bagi para pemain otomotif dan Toyota menyikapi hal itu secara positif dan menyiapkan berbagai strategi yang berpayung pada semangat Toyota Let’s Go Beyond.

Spirit Let’s Go Beyond tersebut diwujudkan melalui Beyond  Product, Beyond Technology, Beyond Service, di mana Toyota memberikan produk dan teknologi terbaik, serta servis yang prima bagi pelanggan, yang melebihi ekspektasi mereka.

Pada Mei 2016, semua segmen kendaraan penumpang Toyota di pasar ritel mengalami pertumbuhan signifikan. Dibandingkan dengan April 2016, pertumbuhan tertinggi di bulan Mei dicapai di segmen sedan sebesar 47,9%, diikuti segmen SUV yang tumbuh 19,4%, segmen 4×4 yang tumbuh 12,3%, hatchback yang tumbuh 7,4%, serta MPV yang tumbuh 3,5%.

Sepanjang bulan lalu, Toyota Avanza masih menjadi kontributor utama penjualan Toyota dengan total penjualan ritel 14.027 unit atau tumbuh 5,5% dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Penjualan ritel Avanza pada Mei lalu tercatat sebagai yang tertinggi sepanjang 2016.

Segmen sedan Toyota yang mencatatkan pertumbuhan tertinggi di pasar ritel bulan lalu, ditopang oleh membaiknya kinerja entry sedan yang tumbuh 3x lipat lebih, dari 103 unit pada April menjadi 339 unit pada Mei.

Sementara itu, segmen SUV Toyota di pasar ritel pada bulan lalu mencatatkan pertumbuhan tertinggi kedua yaitu sebesar 19,4% dibandingkan dengan pencapaian  bulan sebelumnya.

Dua produk Toyota yang bersaing di segmen ini yaitu Toyota Rush di segmen medium SUV dan All Toyota Fortuner di segmen high SUV, berhasil menunjukkan keunggulannya, dengan tetap berhasil meraih peningkatan penjualan.

Peluncuran versi terbaru Toyota Rush dalam semangat Let’s Go Beyond yaitu TRD Sportivo dan TRD Sportivo Ultimo, dengan kapasitas 7 penumpang berhasil mengangkat penjualan pionir medium SUV di Indonesia ini ke posisi 2.418 unit atau tumbuh 7,4% dibandingkan dengan April 2016.

Sementara itu, pada periode yang sama All New Toyota Fortuner yang diluncurkan pada awal tahun ini, masih tetap memimpin di segmen high SUV dengan angka penjualan sebesar 3.007 unit dengan market shares 58,4% di kelasnya.

About Gatot Irawan

Check Also

Via Kontes Virtual, Daihatsu Tantang Modifikator

Jakarta, NextID – Daihatsu selalu berusaha mendekatkan diri kepada pelanggan, khususnya  kawula muda melalui berbagai …

Leave a Reply