Monday , 29 November 2021
Home / Auto / “Siasati” Macet Agar Puasa Lancar
Dengan persiapan yang prima, buka puasa di tengah kemacetan bukan masalah. Ist

“Siasati” Macet Agar Puasa Lancar

Jakarta, NextID – Kemacetan memang menjadi santapan rutin para pengendara ketika menuju atau pulang kantor, terutama di kota-kota besar. Di bulan Ramadhan seperti saat ini kemacetan kerap terjadi, namun waktunya bergeser menjadi lebih awal karena beberapa perusahaan mempercepat waktu pulang karyawannya. Misal, dari yang sebelumnya pulang jam 16:30 WIB, namun saat bulan puasa jam pulangnya menjadi 16:00 WIB.

Bagi Anda yang menjalankan ibadah puasa, ada beberapa hal yang disarankan AstraWorld  agar saat berkendara tetap nyaman dan menyenangkan, sekalipun di tengah kemacetan menjelang waktu berbuka.

Jika Anda sudah memprediksi waktu pulang akan terjebak kemacetan di jalan, lebih baik menunggu hingga waktu berbuka puasa. Setelah berbuka puasa, menunaikan sholat Maghrib, dan sedikit makan, barulah kemudian menuju mobil dan mulai berkendara. Dengan pilihan ini, selain tidak terkena macet, berkendara menjadi tidak terlalu tergesa-gesa dan tidak berbuka puasa di tengah kemacetan lalu lintas.

Seandainya terpaksa harus berkendara menjelang waktu berbuka, persiapkanlah makanan atau minuman yang bisa dikonsumsi di dalam mobil ketika waktu berbuka puasa tiba. Jenis makanan dan minuman untuk persiapan darurat buka puasa di dalam mobil juga harus Anda sesuaikan. Jangan membawa makanan berat. Pilihlah minuman kemasan, roti, kue, biskuit, permen, jajanan pasar, atau makanan apapun yang dapat digunakan untuk membatalkan puasa.

Saat berada di tengah kemacetan, anda bisa langsung makan tanpa harus mencari parkiran dahulu. Tetapi jika saat waktu berbuka puasa Anda berada di jalan yang lancar, menepilah sejenak di tempat yang aman untuk sekedar membatalkan puasa. Untuk memenuhi kebutuhan ini, sebaiknya anda memeriksa kembali kelengkapan kabin mobil. Lengkapi mobil Anda dengan kotak makanan beserta tempat minumnya untuk diisi dengan bekal makanan untuk berbuka puasa.

Yang tidak kalah pentingnya adalah mempersiapkan sumber informasi untuk mengetahui jam berbuka puasa. Mulai dari radio yang ada di mobil Anda, download jadwal buka puasa di gadget smartphone, atau jika memang ada menyalakan televisi yang ada di mobil, agar saat waktu berbuka puasa tiba, bisa segera berbuka puasa, tanpa harus kesulitan mencari informasi waktu berbuka puasa di tengah kemacetan. (AstraWorld)

About Gatot Irawan

Check Also

Via Kontes Virtual, Daihatsu Tantang Modifikator

Jakarta, NextID – Daihatsu selalu berusaha mendekatkan diri kepada pelanggan, khususnya  kawula muda melalui berbagai …

Leave a Reply