Tuesday , 21 September 2021
Home / Auto / Gebyar Kegiatan AXIC di Ramadan
Salah satu suasana berbagi AXIC. Komunitas ini juga memberikan paket berbuka puasa kepada para polisi yang bertugas di Perempatan Cempaka Putih itu. Ist

Gebyar Kegiatan AXIC di Ramadan

Jakarta, NextID – Perempatan Cempaka Putih sangat ramai pada Sabtu (25/6) sore. Ratusan sepeda motor dan mobil tampak lalu-lalang dengan tertib, mengikuti arahan beberapa petugas kepolisian. Beberapa petugas dari Transjakarta juga turut membantu, terutama mengatur jalur busway supaya lancar. Semua tampak biasa seperti hari-bari sebelumnya.

Namun, ada yang tak biasa di Sabtu sore itu. Beberapa orang berseragam merah tampak berani, berdiri di tengah kerumunan ratusan sepeda motor dan mobil, saat lampu menunjukkan warna merah di perempatan Cempaka Putih itu.

Tanpa menghiraukan bising dan asap knalpotnya, mereka membagikan takjil untuk buka puasa kepada pengendara sepeda motor dan mobil yang melakukan ibadah puasa Ramadan. Pengendara motor tampak antusias menerima takjil tersebut. Takjil juga dibagikan kepada sopir angkutan umum, bajaj, dan para pedagang asongan. Para pejalan kaki juga tak luput dari gerakan sosial ini.

Ya, aksi sosial di bulan suci Ramadan ini dilakukan oleh komunitas AvanzaXenia Indonesia Club (AXIC), terutama dari Chapter Pedang Oetara (POC). Kegiatan pembagian takjil ini juga dibantu oleh Pengurus Pusat AXIC.

Prabu, PIC AXIC Chapter POC, menjelaskan pembagian takjil di salah satu perempatan terpadat di Jakarta Utara ini dilakukan dengan harapan bisa membantu umat muslim yang sedang dalam perjalanan menyegerakan berbuka puasa saat waktu berbuka tiba. “Total kami membagikan sekitar 400 bungkus takjil yang terdiri dari makanan dan minuman pada sore itu,” ujar Prabu, Senin (27/6).

Sebelum pembagian takjil dilakukan, AXIC juga memberikan paket berbuka puasa kepada para polisi  yang bertugas di Perempatan Cempaka Putih itu. Setelah pembagian takjil selesai, rombongan AXIC berangkat menuju dealer Daihatsu Astra International di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Agenda berikutnya adalah buka puasa bersama dengan anak-anak yatim dari Majelis Taklim Nur Baroqah, Tugu Utara, sekaligus pemberian santunan kepada sekitar 30 anak-anak tersebut. Hadir dalam acara tersebut, Ketua Umum AXIC Chairul M Putra, Wakil Ketua Umum H Iswan, dan jajaran pengurus pusat, serta perwakilan beberapa chapter AXIC.

Chairul Putra, Ketua Umum AXIC, mendukung sekali kegiatan pembagian takjil dan santunan yang digagas oleh chapter POC di Jakarta Utara ini. Bahkan untuk santunan kepada anak-anak yatim tersebut, panitia juga mendapat support dari PP AXIC dan anggota AXIC di seluruh Indonesia.

Poetra berharap kegiatan pembagian takjil ini bisa terus berlanjut di Ramadan tahun depan, selain pemberian santunan kepada anak-anak yatim-piatu. Menurut catatannya, chapter dan cabang yang melakukan kegiatan serupa itu antara lain AXIC Cabang Jayapura, Kuningan, Priangan Timur, Bandung, Cirebon, Kediri, AE Jatim, Surabaya, Blitar, Solo, Jepara, Bekasi, Purwasuka, dan lain-lain.

“Cabang di Sumatera juga berpartisipasi, seperti AXIC Cabang Lampung, Palembang, Medan, Pekanbaru, Minang, dan Prabumulih. Sementara chapternya adalah Merkurius, Cleopatra, Metrostar, dan Karate. Seluruh kegiatan itu dilakukan mulai minggu pertama Ramadan hingga hari ini,” ujar Putra.

About Gatot Irawan

Check Also

HRSC 2 Lahirkan Juara Baru!

Jakarta, NextID – Babak ketiga dari Honda Racing Simulator Championship (HRSC) musim kedua baru saja …

Leave a Reply