Monday , 29 November 2021
Home / Auto / Cetak Rekor Waktu Terbaik di 5 Sirkuit Balap Dunia
All New Honda Civic Type R Ist

Cetak Rekor Waktu Terbaik di 5 Sirkuit Balap Dunia

London, NextID – All New Honda Civic Type R cetak rekor waktu terbaik pada sesi tes resmi yang dilakukan oleh Honda Motor di lima sirkuit balap kelas dunia yaitu Sirkuit Silverstone di Inggris, Sirkuit Spa-Fracorchamps di Belgia, Sirkuit Monza di Italia, Sirkuit Estoril di Portugal dan Sirkuit Hungaroring di Hungaria.

Menurut siaran pers, Kamis (16/6), catatan rekor waktu terbaik ini dilakukan dengan mobil versi produksi massal dengan spesifikasi teknis standar. Pengetesannya pertama kali dilakukan di Sirkuit Nurburgring Nordschleife, di kota Nurburg, negara bagian Rhineland-Palatinate, Jerman yang mempunyai panjang 20,8 kilometer (atau 12,9 mil) pada Maret tahun 2015 lalu, dan berhasil mencatatkan waktu 7 menit 50,63 detik dengan spesifikasi mobil prototipe.

Pada tahun 2016 ini Honda kembali mempertajam catatan waktu All New Honda Civic Type R di lima sirkuit kelas dunia terbaik Eropa, mulai dari Sirkuit Silverstone, yang terletak di kota Northamptonshire, Inggris. Sirkuit ini merupakan tuan rumah untuk berbagai kejuaraan balap internasional seperti F1 GP Inggris dan MotoGP Inggris. Pembalap Honda dari tim Halfords Honda Yuasa Racing Team yang juga juara tiga kali British Touring Car Championship  – Matt Neal, didaulat untuk menjadi pembalap tes dan berhasil mencatat waktu terbaik 2 menit 31,85 detik.

Selanjutnya, mobil itu  dites di Sirkuit Spa Francorchamps yang terletak di kota Francorchamps, negara bagian Stavelot, Belgia. Sirkuit ini merupakan tuan rumah dari balap F1 GP Belgia. Pembalap Inggris – Robert “Rob” Huff dari tim Castrol Honda Racing WTCC didaulat untuk menjadi pembalap tes dan berhasil mencatat waktu terbaik 2 menit 56,91 detik.

Pengetesan berikutnya dilakukan di Sirkuit Autodromo Nazionale Monza yang terletak di kota Monza, dekat kota Milan, negara bagian Lombardy, Italia. Sirkuit ini juga merupakan sirkuit tuan rumah balap F1 GP Italia. Pembalap Hungaria – Norbert Michelisz dari tim Castrol Honda Racing WTCC menjadi pembalap tes untuk menggebernya dan berhasil mencatat waktu terbaik 2 menit 15,16 detik.

Setelah dari Italia, All New Honda Civic Type R kembali dites dan kali ini di Sirkuit Estoril (Autodromo do Estoril), negara bagian Lisboa, Portugal. Honda menunjuk pembalap pengemudi Safety Car WTCC yaitu Bruno Correia untuk menjajal mobil All New Honda Civic Type R di Sirkuit Estoril dan berhasil mencatat waktu terbaik 2 menit 4,08 detik.

Catatan waktu All New Honda Civic Type R dalam pengetesan di 5 sirkuit dunia.   Ist
Catatan waktu All New Honda Civic Type R dalam pengetesan di 5 sirkuit dunia. Ist

Pengetesan terakhir dilakukan di Sirkuit Hungaroring, yang terletak di kota Mogyorod, dekat Budapest, Hungaria yang merupakan tuan rumah balapan F1 GP Hungaria dan juga WTCC Hungaria. Norbert Michelisz kembali didaulat menjadi pembalap tes di sirkuit tanah kelahirannya dengan mencatat waktu terbaik 2 menit 10,85 detik.

A Hot Hatch Icon Reborn

All New Honda Civic Type R tampil dengan konsep pengembangan “A Hot Hatch Icon Reborn: Engineered to be a race car for the road.” Desain ekstrim terlihat mulai dari penggunaan Sporty Front Grill, Sporty Front & Rear Bumper, Sporty & Rear Lower Bumper, Sporty Bonnet, Front & Rear Fenders, Sporty Alloy Wheel, serta ban berukuran 235/35R19 dengan logo “Type R.” Untuk sistem pengeremannya, All New Honda Civic Type R menggunakan paket sistem pengereman dari Brembo.

Mobil ini menggunakan mesin Honda VTEC Turbo Earth Dreams Technology 2.0 liter 4 silinder, direct injection segaris yang mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 310 PS pada 6.500 rpm, serta torsi maksimum sebesar 400 Nm pada 2.500 rpm, serta memenuhi standar emisi Euro 6. Akselerasinya dapat mencapai kecepatan 100 km/jam hanya dalam 5,7 detik.

All New Honda Civic Type R menggunakan 6 percepatan manual dan perangkat turbonya membuat mobil dapat menyentuh angka 7.000 rpm. Mobil ini menampilkan fitur baru berupa tombol “+R” yang memberikan sensasi berkendara ekstrim pada pengemudi. Fitur lain yaitu Adaptive Damper System pada keempat rodanya dan juga terintegrasi dengan fitur “R+” serta fitur City Brake Active System.

Kendaraa ini sudah dijual ke konsumen pada musim panas 2015 lalu, dan yang menarik, sudah menggunakan sistem kemudi baru Dual Pinion Electric Power Steering. Mobil ini ditawarkan dengan lima pilihan warna sporty, yaitu Championship White, Milano Red, Brilliant Sporty Blue Metallic, Crystal Black Pearl dan Polished Metal Metallic.

About Gatot Irawan

Check Also

Via Kontes Virtual, Daihatsu Tantang Modifikator

Jakarta, NextID – Daihatsu selalu berusaha mendekatkan diri kepada pelanggan, khususnya  kawula muda melalui berbagai …

Leave a Reply