Tuesday , 29 November 2022
Home / Auto / Nuansa Wasteland di Pojok IIMS 2016
Atraksi unik yang tersaji di ajang IIMS 2016. Untuk jelasnya tonton langsung Jumat (15/4). Ist

Nuansa Wasteland di Pojok IIMS 2016

Jakarta, NextIDIndonesia International Motor Show (IIMS) 2016 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Makin semarak. Dan, bakal makin heboh di akhir pekan ini menjelang penutupan pada Minggu (17/4). Sejumlah menu baru yang lain dari yang lain sudah siap di-launching pada Jumat (15/4). Salah satunya adalah proses shooting video klip ‘Malaikat Hitam’ milik  Jikunsprain yang digawangi kwartet Jikun, Octav, dan Richard yang sudah malang melintang di industri musik rock Indonesia bersama grup Rif, Edane dan Pas Band plus vokalis Sasongko.

Di samping pengambilan shooting video klip tersebut, Jikunsprain akan menghibur penonton secara live show dengan 4 lagu andalan, dua di antaranya adalah ‘Malaikat Hitam’ dan ‘Berteman Dengan Marah.’  Uniknya, panggung mereka bukanlah stage modern yang megah dengan gemerlap lampu strobo dan sound system puluhan ribu watt. Mereka justru tampil dalam booth paling unik di IIMS 2016. Lokasinya pun ‘tersembunyi’ di pojok area Food Court. Tidak seperti booth lain yang dibuat serapi dan seindah mungkin, panggung milik Jikunsprain hanya terbuat dari papan di atas sejumlah tong bekas dan dikelilingi motor dan mobil yang juga dibuat awut-awutan, plus ‘tembok’ dan atap seng bekas.

Properti unik yang tersaji di salah satu pojok IIMS 2016, mirip suasana daerah Wasteland di film Madmax.  Ist
Properti unik yang tersaji di salah satu pojok IIMS 2016, mirip suasana daerah Wasteland di film Madmax. Ist

“Set up lokasi memang dibangun seperti itu, macam daerah Wasteland di film Madmax. Seluruh proses shooting bisa disaksikan pengunjung dan salah satu tujuannya memang menghadirkan sesuatu yang lain di IIMS 2016. Berlangsung Jumat (15/4) dari pukul 15.00 WIB sampai selesai,” papar Bingky, seniman nasional yang menjadi sutradara, produser, konseptor, sekaligus pelaksana proyek ini.

49 Drifter Siap Beraksi

Di Jumat (15/4) ini juga hari sibuk buat komunitas drifting Indonesia. Ajang tahunan IIMS Drift War mulai menggeliat dengan sesi latihan dan kualifikasi hingga malam hari. Meski demikian, manuver mobil dari 49 peserta sudah menjadi atraksi tersendiri, dengan bunyi knalpot yang mendentum plus decitan panjang ban mobil yang tergesek aspal dengan keras.

Seperti tradisi selama ini, IIMS Drift War menjadi ajang penantian para drifting nasional yang kali ini datang dari berbagai kota di Indonesia. Mereka dapat saingan dari negeri jiran Malaysia yang mengirimkan Along Fazrin, RacePod Champion di Malaysia.

“Rivalitas sesama drifter nasional pun sangat seru karena kemampunan mobil dan skill pembalap relatif imbang. Lintasan dibuat berkarakter highspeed. Kita juga terapkan regulasi baru yang menambah bobot kompetisi,” ujar Amroe Wahyudi, Pimpinan Lomba IIMS Drift War IV.

Kompetisinya sendiri berlangsung Sabtu (16/4) yang menyuguhkan battle tandem, sesi menegangkan karena dua mobil dilepas bersamaan dan meluncur hanya dengan jarak beberapa sentimeter.

Bahkan lebih menarik lagi karena 4 orang juri seluruhnya dari luar negeri, karena itu unsur subyektivitas penilaian bisa dipertanggungjawabkan. Mereka adalah Ken Nomura (drifter legendaris Jepang), Masashi Yokoi (drifter Jepang yang masuk 4 Besar D1-GP Amerika Serikat), Atsushi Taniguchi (saat ini masih drifter papan atas Jepang), dan Wonderbro Sharill (drifter kenamaan Malaysia).(tot)

 

About Gatot Irawan

Check Also

Mitsubishi XPANDER Kembali Raih Penghargaan dari GridOto Award 2022

Jakarta, NextID -Mitsubishi XPANDER kembali didapuk sebagai merek mobil terbaik dalam kategori “Best Resale Value” …

Leave a Reply