Tuesday , 21 September 2021
Home / LifeStyle / Property / Design / Tips Pilih Furnitur untuk Apartemen Studio
Perempuan membeli furnitur 3

Tips Pilih Furnitur untuk Apartemen Studio

Jakarta, NextID – Apartemen studio atau tipe paling kecil menjadi pilihan para pelanggan untuk investasi dan tempat tinggal karena harganya yang terjangkau dan banyak peminatnya. Sayangnya, para pemilik apartemen harus menyesuaikan furnitur-furnitur dengan luas ruang apartemen. Beberapa laman desain internasional menekankan, kenyamanan pemilik apartemen jauh lebih penting daripada ukuran furnitur. “Bukan berarti apartemen mungil, barang-barang di dalamnya harus sama-sama kecil,” kata kontributor HGTV, Anne Krueger seperti dilansir, www.hgtv.com.

Krueger memberikan tips agar pemilik apartemen studio memilih furnitur dengan desain yang tidak kaku. “Biasanya, apartemen kecil berbentuk kotak, kaku, dan membosankan. Memasukkan furnitur dengan desain melengkung akan membuat interior apartemen lebih menarik,” katanya.

Konsultan Ruang HCTV Libby Langdon menyarankan anda memilih meja-meja bundar, kursi melengkung, dan karpet bercorak lingkaran atau pegas. Trik itu sering digunakan dalam acara Small Space, Big Style. Hasilnya, desain interior tampak lebih menarik. Anda juga bisa memanfaatkan karpet, mengingat karpet memiliki banyak fungsi. Jika anda memasang karpet dalam ruangan berkonsep terbuka (open space), karpet dapat berfungi sebagai pembagi ruangan yang efektif. Karpet berwarna cerah bisa menjadi ruangan bernuansa lebih terang. “Karpet yang terang bisa membuka ruang anda dan membuat ruangan lebih besar,” kata Langdon.

Setelah itu, singkirkan gorden standar dengan gorden panjang yang tampak ringan dan mudah tertiup angin. Pastikan gorden itu digantung tinggi sehingga memberikan kesan plafon apartemen anda lebih tinggi dari sebenarnya. Hiaslah, tempat tidur anda dengan seprai, selimut, bed cover, dan tumpukan bantal. “Semakin banyak bahan yang tampak empuk, semakin banyak udara dalam kamar anda dan terlihat mewah,” katanya.

Bila furnitur berukuran kecil terasa tidak nyaman, cobalah memilih furnitur tembus pandang. Anda bisa menggunakan satu set meja dan kursi makan tembus pandang yang membuat ruang makan Anda terasa lebih luas dan lega. Anda juga bisa menggunakan furnitur yang bisa “disembunyikan” sehingga ruangan terasa lebih luas ketika perabot tersebut sedang tidak digunakan.

Selain furnitur, perhatikan juga ruang untuk menyimpan barang-barang. Manfaatkan dinding, ceruk, dan bagian lain yang tidak terpakai untuk ruang penyimpanan. Terakhir, pastikan sirkulasi udara dan cahaya lancar di dalam apartemen, maksimalkan sinar matahari. Tambahkan lampu artifisial dan pilih warna-warna terang untuk apartemen anda.

About Adam Rizal

Check Also

5 Tips Beli Furnitur Biar Nggak Nyesel

Jakarta, NextID – Berbelanja furnitur lebih dari sekadar gaya karena ada begitu banyak elemen yang …

Leave a Reply