Thursday , 23 September 2021
Home / Tech / Tips Cegah Radiasi Smartphone
illustrasi perempuan menggunakan headset

Tips Cegah Radiasi Smartphone

Jakarta, NextID – Ponsel pintar sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarkat modern, tidak ada hari tanpa ditemani sebuah gadget. Tak jarang, masyarakat pun menghamburkan uangnya demi memperbarui dan membeli ponsel pintar terbaru. Sayangnya, mereka tidak sadar bahwa ponsel pintar yang menjadi “teman hidup” mereka memancarkan radiasi gelombang elektromagnetik yang tinggi. Gelombang itu dapat menyebabkan kanker hingga kematian dalam jangka panjang.

Namun, mengurangi penggunaannya bisa menjadi solusi untuk mencegah dampak buruk penggunaan telepon. Karena itu, ada beberapa cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk mencegah penyebaran radiasi tersebut seperti dilansir dari Womenshealth :

Batasi waktu menelepon

Lakukan panggilan ponsel dengan mengutamakan panggilan yang penting saja karena durasi panggilan yang pendek saja dapat mengubah aktivitas listrik alami otak hingga satu jam.

Kirim SMS sesingkat mungkin

Sebaiknya, anda mengirim pesan teks (SMS) daripada melakukan panggilan telepon.

Jauhkan telepon saat sinyal lemah

Ponsel pintar anda akan memancarkan gelombang elektromagnetik lebih banyak ketika sinyal ponsel anda dalam kondisi lemah. Seabaiknya, anda menjauhkan ponsel ketika sinyal lemah.

Gunakan headset atau speaker

Sebaiknya, anda menggunakan handsfree untuk meminimalkan paparan radiasi ponsel tersebut.

Jangan letakkan ponsel sangat dekat dengan tubuh

Gelombang elektromagnetik ponsel dapat masuk ke dalam jaringan lunak di dalam tubuh. Sebuah studi mengungkapkan pria yang memakai ponsel mereka di daerah pinggang mereka bisa melihat jumlah sperma yang sedikit. Sebaiknya, anda menyimpan ponsel di dalam tas, daripada di saku celana atau genggaman tangan untuk menurunkan risiko paparan radiasi.

Gunakan casing handphone

Aksesoris ponsel seperti casing handphone tertentu terbukti dapat mengurangi paparan radiasi langsung ke tubuh. Beberapa merek dagang seperti Pong, membuat pelindung antena dan baterai yang memungkinkan radiasi telepon dipantulkan menjauhi kepala dan badan anda.

About Adam Rizal

Check Also

Scuderia Alphatauri Pertahankan Pierre Gasly dan Yuki Tsunoda untuk Musim 2022

Faenza, NextID – Scuderia AlphaTauri mengumumkan untuk mempertahankan duet pembalapnya, yaitu Pierre Gasly dan Yuki …

Leave a Reply