Tuesday , 21 September 2021
Home / Tech / Computer / Sembilan Cara Percepat Koneksi WiFi
Ilustrasi wifi

Sembilan Cara Percepat Koneksi WiFi

Jakarta, NextID – Internet telah menjadi bagi hidup masyarakat modern. Sehari tanpa Internet, serasa makan sayur tanpa garam, sangat hambar. Sayangnya, jaringan Internet di Indonesia terutama koneksi nirkable WiFi tidak se-bagus negara-negara maju. Namun, anda tidak perlu panik bila koneksi WiFi di rumah mendadak lemot. Berikut sembilan langkah sederhana untuk mempercepat koneksi WiFi :

1. Cek posisi router

Anda bisa mengecek posisi router karena router bekerja mengirimkan sinyal ke semua arah. Karena itu, sebaiknya letakkan router di bagian tengah ruangan. Bila router diletakkan di samping jendela, ada kemungkinan sinyal terkirim ke luar sehingga membuat koneksi WiFi terbuang-buang sia-sia dan tidak menjangkau seluruh ruangan.

2. Jangan letakkan router di lantai

Sebaiknya anda meletakkan router di tempat yang tinggi seperti meja atau lemari karena router akan mengirimkan sinyal ke bawah. Selain itu, lantai mengandung bahan semen, beton dan logam yang sulit ditembus oleh sinyal WiFi.

3. Letakkan router di tempat khusus

Sebaiknya, anda meletakkan router tersebut dalam ruangan yang sering anda tempati saat menggunakan internet karena sinyal WiFi akan terpancar lebih kuat di dalam ruangan tersebut.

4. Pilih tempat terbuka

Ada banyak bahan yang bisa menyerap sinyal router dan mengurangi kinerjanya. Untuk menjaga agar kinerja sinyal tetap optimal, sebaiknya anda tidak meletakkan router di antara mebel berukuran besar dan dinding atau di dalam lemari. Pilihlah posisi yang bebas himpitan serta membuat router tersebut dapat terlihat dari manapun.

5. Jauhkan dari perangkat elektronik lain

Sebaiknya anda menjauhkan router dari perangkat elektronik lain seperti microwave, telepon nirkabel dan TV. Perangkat apapun yang menghasilkan sinyal elektromagnetik bisa mengganggu dan melemahkan kinerja sinyal WiFi.

6. Atur antena router agar berdiri

Anda harus mengatur antena router berada di posisi vertikal. Posisi itu akan membuat sinyal terpancar secara horizontal sehingga sinyal WiFi lebih mudah menjangkau seluruh bagian ruangan.

7. Periksa kekuatan sinyal

Ada sejumlah aplikasi seperti Cloudcheck atau Amped untuk mengecek sinyal WiFi. Anda bisa mengetahui bagian mana yang menerima sinyal kuat dan lemah.

8. Atur piranti lunak router

Anda juga bisa mempercepat koneksi WiFi dengan memasukkan pengaturan tertentu pada piranti lunak router. Akses menuju piranti lunak itu bisa dibuka melalui IP khusus. Anda bisa mengeceknya pada bagian bawah router. Setelah masuk ke dalam menu pengaturan, ubahlah channel frekuensi router tersebut. Biasanya, ada 14 channel yang bisa dipilih. Channel terbaik biasanya adalah 1, 6, dan 11. Channel itu cenderung minim gangguan karena jarang bentrok dengan channel orang lain.

9. Beli router baru

Beli router terbaru adalah solusi terakhir. Bila anda sudah mencoba semuanya dan tidak ada masalah dari penyedia layanan internet, belilah router baru.

About Adam Rizal

Check Also

Scuderia Alphatauri Pertahankan Pierre Gasly dan Yuki Tsunoda untuk Musim 2022

Faenza, NextID – Scuderia AlphaTauri mengumumkan untuk mempertahankan duet pembalapnya, yaitu Pierre Gasly dan Yuki …

Leave a Reply