Tuesday , 21 September 2021
Home / LifeStyle / Leisure / Health / Rajin Minum Air Putih Bisa Cegah Diabetes
illustrasi perempuan minum air

Rajin Minum Air Putih Bisa Cegah Diabetes

Jakarta, NextID – Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan rajin minum air putih dapat mencegah diabetes. Para ilmuwan merekomendasikan mengganti minuman bersoda dan jus buah dengan air putih karena dapat menurunkan dan mencegah gangguan metabolisme.

Penelitian itu meneliti kebiasaan minum sekitar 83.000 wanita selama lebih dari satu dekade dan menyimpulkan minuman manis tidak baik untuk risiko diabetes. Mereka mengumpulkan data responden untuk mengetahui kesehatan, diet dan gaya hidup puluhan ribu perempuan di AS. Hasilnya, sebanyak 2.700 peserta mengalami diabetes.

Ketua Peneliti Dr. Frank Hu mengatakan para peserta yang sering minum air manis dan jus buah memiliki risiko terkena diabetes 10 persen lebih tinggi untuk setiap gelas
yang diminum setiap harinya. Jika para peserta mengganti segelas minuman bersoda atau jus buah dengan segelas air putih, risiko diabetes mereka akan turun sekitar 7 atau 8 persen.

Menurut penelitian Harvard School of Public Health, sebanyak 10 persen perempuan atau 12,6 juta masyarakat di Amerika Serikat mengidap diabetes. Setiap pengurangan 7 persen berarti ada 10 dari 100 wanita akan terbebas dari ancaman diabetes. “Penyakit diabetes sudah menjadi langganan di masyarakat kita. Meskipun risikonya turun 7 atau 8 persen, itu sudah cukup besar dalam hal populasi,” katanya seperti dilansir dailymail.

Dr. Hu yang memublikasikan temuannya dalam American Journal of Clinical Nutrition juga menemukan kopi atau teh tanpa gula dapat menjadi alternatif baik menggantikan minuman manis dan mengurangi risiko diabetes dari 12 persen sampai 17 persen. “Jus buah bukanlah pilihan terbaik sebagai pengganti minuman bersoda atau minuman manis karena jus buah mengandung jumlah kalori yang sama dan gula sebagai minuman ringan,” katanya.

Air putih adalah salah satu minuman yang bebas kalori dan merupakan minuman yang terbaik. Jika ingin memberikan rasa pada air minum, anda bisa menambahkan lemon atau jeruk nipis.

About Adam Rizal

Check Also

MSG Pemicu Kanker, Benar atau Salah?

Jakarta, NextID – Penyedap rasa atau sering kita kenal dengan monosodium glutamat (MSG) sering kali …

Leave a Reply