Wednesday , 22 September 2021
Home / LifeStyle / Leisure / Health / Drugs & Desease / Mau Tidur Nyenyak, Jangan Ngopi Di Sore Hari
Ilustrasi Perempuan Minum Kopi 1

Mau Tidur Nyenyak, Jangan Ngopi Di Sore Hari

Jakarta, NextID – Kopi adalah teman yang paling tepat di saat senggang, bisa pagi, siang, sore bahkan malam. Beberapa orang memiliki kebiasaan dengan meminum secangkir kopi dan menghisap sebatang rokok dapat membantu mereka menemukan inspirasi.

Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan salah satu rahasia tidur nyenyak di malam hari adalah tidak minum kopi sejak sore hari. Penelitian itu meminta para peserta meminum pil kafein yang kandungannya sama dengan dua atau tiga cangkir kopi atau mengandung 400 mg kafein. Hasilnya, orang yang mengonsumsi pil kafein sejak enam jam sebelum tidur akan kesulitan untuk tidur.

“Minum secangkir besar kopi setelah pulang kerja dapat memberikan efek negatif pada tidur,” kata Ketua Studi Christopher Drake, peneliti dari Henry Ford Sleep Disorder and Research Center di Detroit, Amerika Serikat seperti dilansir Healthday News, Senin.

Berbeda, ketika seseorang minum kopi di siang hari karena jarak waktu siang dan malam menjelang tidur sangatlah jauh. Studi yang dipublikasi dalam Journal of Clinical Sleep Medicine itu melibatkan 12 orang sehat yang memiliki pola tidur normal. Para peserta harus mengonsumsi pil kafein tiga kali sehari selama empat hari dan tidur normal. Pil itu diminum pada tiga interval selama sehari yaitu enam jam, tiga jam, dan sesaat sebelum tidur.

Faktanya, peneliti hanya memberikan satu pil kafein, sementara dua lagi adalah plasebo. Pada hari ke-empat, mereka benar-benar hanya memberikan pil plasebo saja. Para peneliti menemukan para peserta tidak bisa tidur nyenyak setelah minum pil kafein. Bahkan, mereka akan kehilangan tidur lebih dari satu jam setelah meminum kopi enam jam sebelum tidur.

Drake mengatakan penelitian itu adalah studi pertama yang melacak efek kafein pada dosis tertentu sebelum tidur. “Anda tidak boleh ngopi setelah jam 17.00 agar tidur nyenyak,” katanya.

Hal senada dikatakan Pakar Penyakit Dalam Lenox Hill Hospital, New York City, Dr. Len Horovitz. Horovitz sering menemukan kebanyakan orang mengeluhkan insomnia setelah minum kopi di malam hari. “Minum kopi di sore memiliki dampak negatif pada kualitas dan kuantitas tidur malam,” katanya.

Tidur merupakan aktivitas penting untuk pemulihan fungsi tubuh. Kekurangan tidur dapat memicu banyak gangguan di hari setelahnya, dari mulai gangguan konsentrasi hingga penyakit kronis.

About Adam Rizal

Check Also

MSG Pemicu Kanker, Benar atau Salah?

Jakarta, NextID – Penyedap rasa atau sering kita kenal dengan monosodium glutamat (MSG) sering kali …

Leave a Reply