Thursday , 23 September 2021
Home / LifeStyle / Leisure / Health / Mau Panjang Umur !, Perbanyaklah Makan Buah dan Sayuran
Ilustrasi perempuan makan tomat

Mau Panjang Umur !, Perbanyaklah Makan Buah dan Sayuran

Jakarta, NextID – Sayur dan buah menyimpan banyak vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan tubuh. Ternyata rutin mengonsumsi buah dan sayur bisa memperpanjang umur kita.

Hal itu disimpulkan dari penelitian sepanjang 13 tahun terhadap 71.000 orang Swedia yang berusia 45-83 tahun. Penelitian itu mengukur seberapa banyak para responden mengonsumsi buah dan sayur serta usia harapan hidup.

Ternyata, mereka yang memakan sedikitnya satu jenis buah setiap hari akan berusia 19 bulan lebih panjang dibanding orang yang tidak pernah makan buah. Hal yang sama didapat dari orang yang makan sayur.

Rutin makan sayur setiap hari akan memperpanjang umur sampai 32 bulan. Pengambilan data survei itu dilakukan antara tahun 1997-1998. Di akhir tahun 2010, sekitar 11.500 responden meninggal dunia.

Meskipun sudah terbukti baik bagi tubuh, seberapa banyakah porsi buah dan sayur yang dianjurkan ?.

Para peneliti menganjurkan untuk memakan sayur dan buah sebanyak lima kali setiap hari. Jika porsinya kurang, maka efek terhadap usia harapan hidup menjadi tidak optimal. Menurut Alicja Wolk, PhD, salah satu peneliti, menanjurkan mengonsumsi lebih banyak sayuran ketimbang buah. Namun baik buah maupun sayur, harus ada dalam menu harian.

“Buah dan sayur mengandung tipe vitamin dan mineral yang berbeda, yang tidak bisa kita temukan dalam makanan lain. Buah pada dasarnya lebih tinggi kalori. Meski begitu, buah dan sayur harus sama-sama dikonsumsi,” katanya.

Mengonsumsi buah dan sayur secara rutin juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit berbahaya seperti kanker, penyakit jantung, obesitas, dan diabetes. Selain itu, sistem kekebalan tubuh dan tekanan darah akan menjadi lebih baik.

About Adam Rizal

Check Also

MSG Pemicu Kanker, Benar atau Salah?

Jakarta, NextID – Penyedap rasa atau sering kita kenal dengan monosodium glutamat (MSG) sering kali …

Leave a Reply