Wednesday , 22 September 2021
Home / LifeStyle / Fashion / Indonesia Fashion Week 2016 Hadirkan Inspirasi Budaya Lokal
Indonesia Fashion Week 2016. (foto rilis Tjok Abi)

Indonesia Fashion Week 2016 Hadirkan Inspirasi Budaya Lokal

Jakarta, NextID – Ajang tahunan paling bergengsi yang diselenggarakan lagi oleh Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) dan Kerabat Dyan Utama, Indonesia Fashion Week 2016 (IFW 2016), kembali digelar. Perhelatan fashion kali ini bertema, “Reflection of Culture”. Fashion Indonesia diharapkan menonjolkan budaya lokal dengan ciri khas yang kaya di ajang ini.

IFW akan menghadirkan rangkaian acara untuk para pecinta fashion di tanah air, mulai dari pameran dagang bertaraf internasional dan fashion show serta ditunjang dengan beragam program berupa talkshow, workshop dan kompetisi desain.

IFW pertama kali digelar pada tahun 2012, dan selalu diadakan kembali setiap tahunnya dengan tujuan untuk memberikan arah dan gambaran terhadap industri fashion di Indonesia. Indonesia memiliki kekuatan unik dalam fashion yang dipengaruhi oleh kekayaan budaya indonesia yang beragam dan tak berujung disertai dengan pengetahuan lokal yang berlimpah dari masyarakatnya yang kreatif. Fashion menjadi ekspresi dari identitas budaya.

Para pendukung pagelaran IFW 2016 (indonesiafashionweek.id)
Para pendukung pagelaran IFW 2016 (indonesiafashionweek.id)

 

Karena itulah pada tahun kelima IFW mengangkat tema “Reflection of Culture”. Harapannya, melalui Indonesia Fashion Week 2016, budaya dan tradisi lokal akan menjadi fondasi dan referensi dari setiap desain.

Indonesia Fashion Week 2016 hadir dengan begitu banyak highlight baru yang menekankan pada aspek bisnis dan inovasi sehingga semakin optimis untuk mengarahkan dan mempromosikan produk mode buatan indonesia yang mampu bersaing di pasar internasional.

Indonesia Fashion Week 2016 akan menggelar exhibition (pameran dagang) yang menyajikan 487 label fashion beragam kategori, seperti; Accessories, Kid’s Wear, Women’s Wear, Men’s Wear, Moslem Wear, Textiles, bags, jewelry, casual ethnics, coctails, shoes dan casual modern yang telah melalui proses kurasi. Indonesia Fashion Week 2016 juga menampilkan outfits karya desainer tanah air dan manca negara sehingga total outfits yang dipamerkan mencapai 12.000 outfits.

IFW juga memberikan perhatian khusus kepada desainer dan merk busana muslim agar semakin memperkuat sisi bisnisnya guna mewujudkan target sebagai kiblat busana muslim di Asia bahkan dunia, antara lain dengan menggaungkan ragam kreasi dan tren busana muslim melalui panggung Fashion Show dan parade runway serta menyediakan zona pameran khusus busana muslim yang menampung 164 booth.

Di main lobby terdapat 55 booth yang merupakan special booth dan sponsor. Untuk casual modern terdapat 40 booth, shoes 23 booth, mens wear 23 booth, kids wear 8 booth, cocktail 33 booth, casual ethnic 76 booth, jewelry 13 booth, bags 18 booth dan textile 24 booth.

Untuk membuat perhatian dunia menoleh kepada industri model dalam negeri yang sarat nilai kebudayaan, maka Indonesia Fashion Week 2016 mempersembahkan fashion show di dua stage. Stage satu sebagai stage terbesar atau main stage yang berkapasitas penonton 1.400 orang memiliki enam slot fashion show yang menampilkan puluhan designer dengan dukungan ratusan model dan ratusan outfits.

Di Stage dua dengan ukuran panggung yang lebih kecil atau mini stage mempersembahkan empat slot fashion show yang menampilkan puluhan designer designer dan didukung oleh puluhan model dan ratusan outfits. Di mini stage ini memiliki kapasitas penonton sebanyak 400 orang.

About Job Palar

Check Also

Soft Launching Cafe Dangdut New York!

Jakarta, NextID – Pada Jumat (3/9/2021) telah diresmikan soft launching Cafe Dangdut New York. Bertempat …

Leave a Reply