Thursday , 24 June 2021
Home / LifeStyle / Bekraf Dukung Karya Inovasi Indonesia
Kasubdit Pemasaran Luar Negeri Bidang Ritel Noviza Temenggung (kiri) dan perwakilan dewan juri Dwinita Larasati (kedua kanan) sedang berbincang dengan para pemenang "Inovasi untuk Indonesia" di Jakarta, Rabu (2/3). (NextID)

Bekraf Dukung Karya Inovasi Indonesia

NextID, Jakarta – Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Republik Indonesia, Triawan Munaf menyatakan dukungannya terhadap penyelenggaraan kompetisi inovasi “Black Innovation” sebagai bagian dari pengembangan kreativitas inovasi anak muda Indonesia.

Hal ini menanggapi hasil dari 3 karya inovasi terbaik yang mendapatkan penghargaan Black Innovation dari BlackXperience.com selaku penggagas kompetisi inovasi ini. Kehadiran karya-karya inovasi terbaik Black Innovation diharapkan dapat menjadi aset kreativitas bangsa dan mendorong perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia.

Menurut Triawan, konsekuensi dari era digital saat ini adalah market yang makin terbuka. Yang dulunya market untuk industri kreatif sangat terbatas, harus berlapis-lapis dan bersifat birokratif, sehingga memerlukan banyak persiapan untuk bisa menembus market dalam dan luar negeri.

“Di era digital ini, market dunia ada di depan mata kita, ada di tangan kita. Ruang-ruang di internet itu tidak mengenal batas, sehingga dibutuhkan konten-konten yang semakin banyak, kreasi, dan inovasi baru, serta materi-materi dari pelosok daerah yang tadinya tidak tereksplorasi jadi sangat dibutuhkan untuk mengisi ruang-ruang kosong tersebut,” ujar Triawan Munaf.

Namun, Triawan menegaskan, bahwa pemerintah tidak bisa sepenuhnya menangani iklim kompetisi di industri kreatif. “Selaku pemerintah, upaya mendorong industri kreatif ini memang tidak bisa kami lakukan sendiri. Minimal kehadiran kami, endorsmen dan keterlibatan kami akan terus ada selama kegiatan tersebut berhubungan dengan bidang-bidang kreatif,” kata Triawan.

Sementara itu, BlackXperience.com berkomitmen terhadap pengembangan ide inovasi anak bangsa melalui penyelenggaraan sebuah kompetisi inovasi yang dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan.

“BlackXperience.com melihat bahwa sebagai bangsa yang kreatif, Indonesia kaya akan ide atau gagasan yang sangat kompetitif dan layak menjadi aset kreatif bangsa. Ajang Black Innovation mendorong secara konsisten hadirnya karya-karya inovasi yang memiliki nilai dalam kehidupan dan dapat bermanfaat bagi masyarakat”, kata Herris Satya dari Perwakilan BlackXperience.

Ajang kompetisi Black Innovation 2015 yang diinisiasi oleh BlackXperience.com dan tahun ini memasuki era digital. BlackXperience.com berhasil menjaring ratusan karya inovasi yang mendaftarkan karya inovasinya melalui medium digital. Proses kompetisi berlangsung cukup panjang dari 28 September 2015 hingga 1 Desember 2015. Proses screening awal Black Innovation menyeleksi 50 karya terbaik. Kemudian di babak lanjutan (semifinal) terpilih oleh para juri 20 besar karya terbaik dengan metode kualitatif submission di website.

Salah satu karya inovasi terbaik pemenang Black Innovation 2015 memunculkan ide inovasi berupa setrika anti bolong karya Khaidir Furqoni dari Jakarta. Selain itu terdapat pula karya pemenang asal Yogyakarta, Yulianto Hiu, yang memunculkan inovasi gantungan tas.

Karya inovasi lainnya yang berhasil meraih penghargaan Black Innovation adalah inovasi mufe (tempat perkakas) dari Algi Ramdhan dari Bogor. Selain karya inovasinya yang muncul di Museum 360, ketiga innovator tersebut masing-masing mendapatkan hadiah uang sebesar Rp 20.000.000,- (dua puluh juta rupiah).

“Black Innovation memacu para innovator menuangkan idenya menjadi sebuah karya inovasi sederhana yang bermanfaat bagi lingkungan dan kehidupan masyarakat. Untuk itu BlackXperience.com siap menggelar kompetisi inovasi ini secara berkelanjutan dalam Black Innovation 2016”, tambah Herris Satya.

Harapan hadirnya perhatian pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya terhadap karya inovasi tentu dapat mendorong berkembangnya industri, lapangan kerja, dan tentu pertumbuhan ekonomi di tanah air.

About Job Palar

Check Also

‘Wonder Women’ – Pantang Menyerah!

Jakarta, NextID – Merebak berita Bali menjadi salah satu provinsi yang terpuruk perekonomiannya di kala …

Leave a Reply