Tuesday , 21 September 2021
Home / LifeStyle / Leisure / Wisata Air Terjun di Indonesia Bagian 1
Air Terjun Saluopa 1

Wisata Air Terjun di Indonesia Bagian 1

Wisata Air Terjun di Indonesia Bagian 1

Jakarta, Next ID – Indonesia memiliki pemandangan yang indah dan elok di setiap daerah, tidak hanya pegunungan dan laut tetapi juga air terjun. Jalan-jalan mengunjungi air terjun sangat memanjakan mata karena anda akan melihat asri-nya hutan dan deru air yang mengalir. Beberapa destinasi air terjun memiliki keunikan dan pesonanya masing-masing.

1. Air Terjun Dua Warna Sibolangit, Sumatera Utara
Desa Durin Sirugun, Sumatera Utara memiliki air terjun indah Dua Warna Sibolangit yang berwarna biru. Air terjun itu adalah sumber dari mata air Gunung Sibayak. Keunikan air terjun indah itu adalah airnya yang tercurah ke kolamnya. Air kolam itu terdiri dari dua gradasi yaitu putih-kelabu dan biru muda. Menurut laman Go Sumatera, warna-warna itu disebabkan oleh kandungan fosor dan belerang di dalamnya. Selain itu, suhu air kolamnya pun berbeda. Air yang berwarna biru terasa sejuk sedangkan air yang berwarna putih sedikit hangat.

2. Air Terjun Mata Buntu, Sulawesi Selatan
Air Terjun Mata Buntu adalah salah satu objek wisata andalan di Wasuponda, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Air terjun itu sekilas tampak seperti Niagara berada di tengah hutan rindang.  Wisatawan bisa menikmati kesegaran air terjun dan keindahan hutan sekitar serta menyaksikan sejumlah kupu-kupu yang berterbangan di sekitar air terjun.

3. Air Terjun Saluopa, Poso, Sulawesi Tengah
Air Terjun Saluopa terletak di Desa Leboni, Kecamatan Pamona Pusalemba, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Keindahan air terjun Saluopa sudah terkenal ke mancanegara. Air terjun Saluopa memiliki ketinggian 25 meter dan mempunyai sumber mata air yang mengalir dari puncak gunung melewati batuan gunung sebanyak 12 tingkatan. Di setiap tingkatnya terdapat tangga yang terbuat dari batu yang menjadi akses wisatawan untuk menuju tingkatan air terjun. Di sekitar air terjun Saluopa terdapat hutan tropis yang dihuni oleh berbagai fauna.

4. Air Terjun Mursala, Pulau Mursala, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara
Air Terjun Mursala merupakan salah satu air terjun terindah di Indonesia yang airnya langsung jatuh dari tebing ke lautan lepas. Air terjun Mursala terletak di Pulau Mursala yang berada di antara Pulau Sumatera dan Pulau Nias tepatnya di Kabupaten Tapanuli Tengah. Dengan ketinggian sekitar 35 meter, air yang mengalir pada bebatuan granit berwarna hitam kemerahan itu jatuh tercurah ke permukaan Samudra Hindia. Di perairan sekitar air terjun, ada berbagai macam terumbu karang dan ikan hias termasuk terumbu karang langka yaitu Coral Reef. Anda dapat menyaksikan keindahan air terjun Mursala dengan menyewa kapal dan berlayar di sekitarnya.

Air Terjun Mursala 2
Air Terjun Mursala 2

5. Air Terjun Moramo, Sulawesi Tenggara
Air terjun Moramo merupakan salah satu air terjun terindah di Indonesia yang berada di Kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa, Desa Sumber Sari, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Kabupatan Konawe itu berada sekitar 60 km dari kota Kendari. Di tempat itu, anda akan melihat air yang meluncur deras pada bebatuan granit besar yang tersusun antara 0,5 hingga 3 meter. Air terjun Moramo itu juga memiliki bentuk yang bertingkat-tingkat dengan jumlah 7 buah undakan air terjun dan 60 undakan kecil. Sumber air terjun Moramo itu berasal dari Sungai Biskori dengan hulu di Pegunungan Tambolosu. Anda juga dapat melihat hijaunya panorama alam, suara kicau burung, dan kupu-kupu yang terbang berseliweran. Anda juga dapat menjumpai satwa endemik Sulawasi seperti monyet hitam dan anoa.

About Adam Rizal

Check Also

Café Dangdut New York, Sah!

New York, NextID – Setelah sukses melangsungkan soft launching di kawasan Smorgasburg WTC Financial Center …

Leave a Reply