Wednesday , 20 October 2021
Home / LifeStyle / Leisure / Health / Drugs & Desease / Tips Sederhana Cegah Rambut Rontok
Ilustrasi perempuan rambut rontok

Tips Sederhana Cegah Rambut Rontok

Jakarta, NextID – Rambut kusam dan rontok sering jadi masalah bagi perempaun. Rambut yang berceceran di lantai membuat orang lain sebal dan merusak pemandangan. Rambut rontok bisa disebabkan banyak hal, mulai dari akar rambut yang kurang kuat, rambut yang terlalu sering diikat, salah memilih produk sampo yang sesuai dengan jenis rambut dan stres pun bisa menjadi penyebabnya.

Berikut cara mencegah rambut rontok seperti dilansir :

Rambut basah
Jangan menyisir rambut saat masih basah karena akan meningkatkan kerusakan dan kerontokan. Tunggu sampai rambut kering. Pilihlah sisir yang bergigi jarang untuk mencegah kerontokan rambut.

Menggosok rambut
Jangan menggosok rambut terlalu kuat dengan handuk setelah keramas karena akan menyebabkan kerusakan seperti rontok dan bercabang. Keringkan dengan menekan handuk pada rambut.

Sisir
Bersihkan sisir secara teratur. Kotoran yang berkumpul di sela-sela sisir bisa menyebabkan kerontokan.

Minyak rambut
Gunakan minyak rambut secara teratur seminggu sekali karena dapat menjaga kulit kepala tetap sehat. Jika perlu, tambahkan vitamin rambut atau hair tonic untuk menguatkan akar rambut.

Ikat rambut
Jangan ikat rambut terlalu kencang karena dapat membuat akar rambut menjadi tegang dan rontok. Hindari juga penggunaan karet gelang untuk mengikat rambut. Rambut akan tertarik oleh karet yang ketat.

Vitamin
Rambut pun butuh vitamin agar tetap sehat. Makanan sehari-hari akan menjadi sumber asupannya. Pilihlah makanan yang mengandung vitamin A, C, E, B kompleks, dan asam lemak omega 3.

About Adam Rizal

Check Also

MSG Pemicu Kanker, Benar atau Salah?

Jakarta, NextID – Penyedap rasa atau sering kita kenal dengan monosodium glutamat (MSG) sering kali …

Leave a Reply