Thursday , 23 September 2021
Home / Auto / Suzuki Indonesia Optimistis pada 2016
Davy J. Tulian (tengah) bersama manajemen PT Suzuki Indomobil Sales. Ist

Suzuki Indonesia Optimistis pada 2016

Jakarta, NextID – Dalam kurun 5 tahun terakhir, pangsa pasar (market share) Suzuki Indonesia yang diageni PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tumbuh sebesar 2,7% di mana tahun 2010 Suzuki Indonesia meraih market share sebesar 9,2% hingga menjadi 11,9% di tahun 2015. Hal ini menunjukkan kinerja penjualan Suzuki positif.

Sementara, market share salah satu produk backbone kendaraan penumpang (passanger car) Suzuki, ERTIGA mampu bertahan di level 13-14% dalam kurun waktu 2 tahun (2014-2015) pada segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) secara nasional, meskipun kompetisi di segmen ini semakin meningkat dan kian kompetitif.

Sedangkan di segmen kendaraan niaga (commercial car), Suzuki Pikap (APV dan Futura) tetap berada di peringkat pertama di 2015, di mana berhasil mencetak total angka penjualan ritel sebanyak total 63.348 unit atau menguasai market share secara nasional di segmen ini sebesar 43% hingga medio Desember 2015.

Kurang kondusifnya kondisi industri otomotif dan persaingan pasar otomotif yang ketat sepanjang 2015, dilalui oleh Suzuki Indonesia dengan penuh tantangan. Namun hal ini justru membuatnya terpacu untuk meningkatkan investasi di Indonesia melalui pembukaan pabrik baru di Kawasan Industri Greenland International Industrial Center (GIIC) Blok AC No.1 Kota Deltamas, Cikarang Pusat – Bekasi, Jawa Barat dengan total investasi US$ 1 miliar karena Suzuki yakin potensi pasar otomotif yang besar di Indonesia ke depan.

Strategi Produk

Mengawali 2015, SIS meluncurkan Karimun Wagon R yang mengadopsi fitur Auto Gear Shift yang merupakan sistem transmisi yang menggabungkan dua tipe transmisi, baik manual dan otomatis. Kendaraan pertama di kelasnya yang menggunakan sistem Auto Gear Shift ini diluncurkan pada Mei 2015 silam. Tampilan elegan hadir di Karimun Wagon R ini, dan juga mengusung fitur-fitur baru yang dihadirkan untuk memanjakan para konsumen Suzuki.

Suzuki memberikan penyegaran terhadap varian Ertiga, sebagai andalan di segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV), dengan memperkenalkan New Ertiga di September 2015 dalam ajang GIIAS 2015. Hadir dengan tampilan yang baru membuatnya memenuhi kebutuhan keluarga Indonesia yang berjiwa muda dan dinamis yang ingin tampil lebih gaya namun tetap aman dan nyaman dikendarai.

Selain itu, SIS juga meluncurkan beberapa produk yang segmented, seperti All New Swift GS dan Celerio (Juni 2015), serta Ciaz (November 2015) untuk memperkuat image dengan melengkapi jajaran produk mobil Suzuki yang ada saat ini di Indonesia.

Taktik Penjualan

Menurut Davy J. Tuilan, 4W Deputy Managing Director SIS, di  2015 pihaknya telah melakukan strategi penjualan dengan mengadakan beragam progam penjualan menarik, di antaranya digelar untuk mendukung penjualan berbagai produk roda empat Suzuki di tanah air. Mulai dari program penjualan per produk Suzuki hingga program inovasi dan unggulan seperti ‘Bluzukan’ (Beli Suzuki Menguntungkan) yang diadakan pada periode Juni hingga Juli 2015. “Program penjualan dari Suzuki ini memberikan hadiah utama berupa 1 unit Karimun Wagon R dan 2 Unit Suzuki Satria FU150,” jelasnya, Jumat 95/2).

Bergerak ke penghujung tahun 2015, SIS meluncurkan program bertajuk ‘Gempita BeRhadiah Akhir tAhuN (GEBRAKAN) Suzuki.’ Tak tanggung-tanggung, SIS memberikan hadiah berupa 100 unit sepeda motor Hayate, 1.000 Paket Aksesoris Eksklusif Suzuki, dan 1.500 Voucher Indomaret, yang berlangsung di sepanjang Desember 2015.

Davy menambahkan, saat ini SIS memiliki 53 diler dan 297 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Peningkatan kualitas dan pengembangan jaringan penjualan juga dilakukan mulai dari frontliner sehingga pengembangan dan peningkatan kualitas diler lebih merata.

Untuk strategi jaringan penjualan di 2016, SIS akan menambah sekitar 12 outlet dan memperluas cakupan jaringannya hingga 5 kabupaten di wilayah Indonesia, di mana pada 2015 total jaringan penjualan Suzuki berada di 176 kabupaten, dan di tahun ini rencananya akan bertambah menjadi 181 kabupaten.

“Dengan pencapaian tersebut, kami kami optimistis menghadapi 2016. Ada banyak program yang sudah disiapkan,” ujar Davy. (tot)

About Gatot Irawan

Check Also

Mitsubishi Fuso Tambah Jaringan Diler di Jabotabek

Balaraja, NextID – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan Mitsubishi Fuso …

Leave a Reply