Thursday , 23 September 2021
Home / LifeStyle / Property / Design / “Skylight”, Pencahayaan Alami Rumah Idaman
Ilustrasi sky light 2

“Skylight”, Pencahayaan Alami Rumah Idaman

Jakarta, NextID – Secercah sinar mentari menerobos masuk melalui kubah kaca di gedung Pantheon, Roma, Italia. Sinar itu mampu menerangi ruang-ruang di dalamnya. Kontributor Houzz, Jen Dalley mengatakan sinar matahari itu merupakan cara tepat untuk memberikan “drama” pada sebuah ruang. “Cara ini bisa menekankan elemen arsitektural pada ruangan. Anda tidak perlu punya rumah dengan kubah. Anda bisa membuat skylight di rumah dengan tampilan yang sederhana,” katanya seperti dilansir www.houzz.com, Senin..

Anda juga bisa membuat nuansa Skylight lebih modern dengan menempatkan warna terang di sekelilingnya. Misal, Kent Modern House. rumah yang ada di Bridgeport, Connecticut itu menggunakan warna jingga terang di plafon sekitar skylight. Anda juga bisa memadukan balok kayu dengan skylight, apalagi jika anda enggan menggunakan warna terang, tetapi tak ingin membiarkan skylight tampak pucat dengan plafon berwarna putih.

Desain skylight bisa anda bentuk sesuai karakter bangunan rumah anda. “Intinya, anda membiarkan cahaya matahari masuk dari atap. Jika matahari masih bersinar, anda tidak perlu menyalakan lampu untuk memberikan daya tarik visual dalam rumah anda,” katanya.

Ilustrasi sky light 1
Ilustrasi sky light 1

Daya tarik visual lainnya juga bisa terjadi berkat bayangan yang terus berubah sepanjang hari. Anda dapat memiliki interior rumah yang tampak dinamis dengan adanya bayangan tersebut. Berikan aksen balok kayu atau gunakan permukaan dinding bertekstur tepat di area yang langsung terkena sinar matahari untuk memanfaatkan bayangan tersebut.

Selain berfungsi sebagai “lampu” di siang hari, skylight juga mampu menyediakan koneksi antara interior rumah dan eksteriornya. Jika rumah anda dikelilingi oleh pohon-pohon besar, skylight akan membuat pemandangan rumah anda lebih menarik. Cahaya matahari yang masuk lewat skylight mampu memberikan nuansa tenang dan privasi. Jika anda tidak ingin memasang jendela di kamar mandi, anda bisa menempatkan skylight. Hal itu membuat kamar mandi lebih terang, segar, dan hangat. Pastikan, peralatan mandi anda tahan terhadap sinar matahari.

Setelah mengetahui keuntungan skylight, anda harus dapat merawatnya dengan mudah. Untuk mempermudah perawatan, tempatkan skylight di teras atap rumah. Dengan cara itu, anda bisa mudah mengakses bagian luar jendela.

About Adam Rizal

Check Also

5 Tips Beli Furnitur Biar Nggak Nyesel

Jakarta, NextID – Berbelanja furnitur lebih dari sekadar gaya karena ada begitu banyak elemen yang …

Leave a Reply