Home / Auto / Signa, Truk Anyar dan Moderen Tata Motors
Tata Signa, truk terbaru dan Tata Motors yang saat ini dipamerkan di Auto Expo 2016, New Delhi, India Ist

Signa, Truk Anyar dan Moderen Tata Motors

Jakarta, NextID – Pada Auto Expo 2016 di New Delhi, India, yang berlangsung pada 5 -9 Februari 2016, Tata Motors memamerkan kendaraan komersial moderen  dan terbaru yang berukuran sedang dan berat. Salah satunya adalah Tata Signa.

Model truk ini didesain sebagai truk yang aman, nyaman dan terkoneksi. Isyarat tersebut dijawab oleh Tata Motors dengan menyajikan desain kabin Signa yang cerdas, ergonomis dan membekali Signa dengan tingkat NVH (noise, vibration, harshness) yang lebih baik. Hasilnya, truk Signa menjanjikan peningkatan produktivitas bagi pengemudi,  pengalaman kabin yang unggul, dan memungkinkan pengemudi melakukan perjalanan jarak jauh tanpa merasa letih.

Dengan sistem telematika  (TATA FLEETMAN) yang disematkan pada Signa membuat koneksi komunikasi antara operator armada dengan pengemudi akan lebih baik dan mempermudah tata kelola usaha transportasi menjadi lebih baik, serta memudahkan monitoring manajemen konsumsi bahan bakar.

Signa adalah ikon baru kendaraan komersia Tata Motors yang akan mempertahankan posisi sebagai kendaraan komersial  terlaris yang terbukti andal dan didukung penuh oleh layanan konsumen yang memberikan kepastian pengembalian nilai investasi yang terbaik bagi pembelinya.

Tata Signa terbaru ini terdiri atas truk-truk berjenis Tractor Head & Trailer, Multi-Axle truck dan Tippers yang diperkenalkan masing-masing sebagai SIGNA 4923.S, SIGNA 3118.T dan SIGNA 2518.

Signa 4923.S memiliki gross combination weight (GCW) atau berat kotor kendaraan sebesar 49.000 kilogram saat terkoneksi dengan kereta gandengan yang sesuai mesin Cummins ISBe 5.9 Common Rail, mampu menghasilkan tenaga sebesar 230 PS dan torsi 850 Nm. Model ini diklaim memiliki konsumsi bahan bakar teririt di kelasnya dan bekerja berdasarkan tenaga penggerak (power train) dan agregat yang terbukti kuat seperti G1150 Gearbox dan poros belakang RA109SRT.

Signa 3118.T merupakan truk MAV pertama di India dengan fitur Lift Axel, yang menawarkan fleksibilitas berupa gigi ke-5 saat tidak memuat beban besar yang akan meningkatkan efisiensi bahan bakar ketika berkendara. Dengan  berat kotor kendaraan sebesar 31 ton, truk ini ditenagai mesin kelas dunia Tata Cummins B5.9 L-6 dengan kombinasi optimal antara tenaga 180 PS dan torsi 675 Nm pada rentang rpm terendah.

Spesifikasi ini memberikan efisiensi bahan bakar dan umur mesin yang terbaik di kelasnya. Dengan biaya total kepemilikan yang terendah sebagai kendaraan komersial, serta sasis dan agregat kendaraan yang kuat dan kokoh, SIGNA 3118.T hampir cocok untuk segala aplikasi.

Sementara Signa 2518.K adalah truk konstruksi dan pertambangan. Dengan berat kotor kendaraan sebesar 25 ton, dengan mesin kelas dunia Tata Cummins B5.9 L-6, yang malahirkan tenaga kombinasi  optimal 180 PS dan torsi 675 Nm pada rentang rpm terendah. Spesifikasi ini memberikan efiensi dan umur mesin yang terbaik di kelasnya.

Dengan tenaga penggerak yang andal dan terbukti, truk ini mampu meningkatkan produktifitas dan biaya operasi terendah di antara kendaraan konstruksi lainnya. Beragam pilihan kombinasi agregat menjadikannya sebuah truk yang serbaguna. (tot)

About Gatot Irawan

Check Also

IMI Tak Rekomendasi Balap Motor Digelar di Sirkuit Formula E..!

Jakarta, NextID – Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran baru saja mengungkapkan keinginannya untuk untuk …

Leave a Reply