Home / LifeStyle / Leisure / Corp / Rio Haryanto Resmi Ikut Formula 1

Rio Haryanto Resmi Ikut Formula 1

Jakarta, NextID – Rio Haryanto akhirnya dipastikan mengisi salah satu kursi balap di ajang Formula 1 (F1). Kepastian ini diumumkan pihak Manor Racing di kantornya di Inggris. Salah satu kontestan balap paling populer sejagad ini memang telah menandatangani kontrak Rio, Kamis (18/2).

Rio pun menjadi orang Indonesia pertama yang mengikuti ajang balap F1 ini. Gran Prix Australia pada 20 Maret 2016 akan menjadi ajang pembuktian pertama kehebatan Rio.

Keikutsertaan Rio Haryanto di ajang balap F1 tidak terlepas dari peran dan dukungan dana dari PT Pertamina (Persero). Sejak awal, PT Pertamina (Persero) memang mendukung Rio Haryanto, pembalap prestatif asal Indonesia, untuk ikut berpartisipasi dalam ajang balap mobil level tertinggi di dunia Formula 1 dimusim kali ini.

Vice President Corporate Communications PT Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, setelah melalui proses yang panjang, Rio Haryanto akhirnya secara resmi dinyatakan akan berpartisi dalam ajang balap mobil bergengsi tersebut, dengan bergabung bersama Manor Racing. Kepastian untuk Rio tersebut telah diumumkan oleh pihak Manor Racing di kantornya hari ini di Inggris.

“Ini merupakan sebuah sejarah yang luar biasa, tidak hanya bagi Rio Haryanto tetapi juga bagi Indonesia. Kami bangga atas prestasinya yang dapat menjadi pembalap Indonesia pertama dan juga satu – satunya pembalap dari Asia yang memiliki kesempatan untuk ikut dalam balap mobil paling bergengsi di dunia. Suatu kehormatan bagi Pertamina untuk mendukung Rio Haryanto di ajang tersebut”, kata Wianda di kantor pusat Pertamina, Jakarta.

Rio Haryanto memulai karirnya dengan mengikuti carting competition baik taraf nasional dan Internasional diusia 6 tahun. Sembilan tahun kemudian, Rio Haryanto berpartisipasi di balap mobil Formula Asia 2.0 Series dan berhasil merebut posisi ketiga di klasemen akhir, dengan raih posisi pertama di dua balapan.

Atas peningkatan performanya, Rio Haryanto berhasil meraih kemenangan di ajang balap mobil Formula BMW Pacific di tahun 2009. Selain itu, Rio Haryanto yang dikenal sebagai “The Wet Weather Specialist” juga telah mendapatkan super license dari Virgin F1 dengan berpartisipasi di balapan test drive Formula 1 di Abu Dhabi pada tahun 2010. Dalam karirnya, Rio telah berhasil meraih banyak penghargaan dan kejuaraan, termasuk menempati posisi kelima di GP3 Series saat debutnya di tahun 2010 dan posisi empat di GP2 Series tahun lalu.

Pertamina telah menjadi sponsor utama Rio Haryanto sejak tahun 2010. Selain itu, Pertamina sebagai perusahaan energi terbesar di Indonesia juga mendukung atlit bertalenta lainnya untuk mengharumkan nama Indonesia di perlombangan dan pertandingan olahraga bertaraf internasional lainnya.

Daftar para pembalap Formula 1 musim 2016 secara lengkap, yaitu:

Mercedes: Lewis Hamilton, Nico Rosberg
Ferrari: Sebastian Vettel, Kimi Raikkonen
Williams: Valtteri Bottas, Felipe Massa
Red Bull: Daniil Kvyat, Daniel Ricciardo
Force India: Sergio Perez, Nico Hulkenberg
Renault: Kevin Magnussen, Jolyon Palmer
Toro Rosso: Max Verstappen, Carlos Sainz
Sauber: Felipe Nasr, Marcus Ericsson
McLaren: Fernando Alonso, Jenson Button
Manor: Pascal Wehrlein, Rio Haryanto
Haas: Romain Grosjean, Esteban Gutierrez

About Job Palar

Check Also

Tim Voli Pertamina Siap Laga di Proliga 2022

Jakarta, NextID – PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), …

Leave a Reply