Home / LifeStyle / Leisure / Corp / Revitalisasi Taman Lalu Lintas Bandung
"Ground Breaking" revitalisasi Taman lalu Lintas Bandung, dilakukan oleh manajemen PT Toyota Astra Motor dan Walikota Bandung, Minggu (14/2). Ist

Revitalisasi Taman Lalu Lintas Bandung

Bandung, NextID – Toyota Indonesia terus memperluas implementasi program tanggung jawab sosial atau corporate social responsibility (CSR) ke berbagai daerah. Hal itu dilakukan melalui pemberian donasi senilai 9 miliar rupiah untuk proyek revitalisasi Taman Lalu Lintas Bandung Ade Irma Suryani.

Manajemen PT Toyota-Astra Motor (TAM) bersama Walikota Bandung Ridwan Kamil dan jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Minggu (14/2) melaksanakan acara ground breaking proyek revitalisasi ikon taman kota di kawasan Jalan Belitung, Bandung.

“Ini adalah bagian dari semangat Toyota Berbagi yaitu berupaya berkontribusi dalam pembangunan melalui berbagai kegiatan CSR  untuk mengembangkan gaya hidup yang lebih kondusif dan ramah lingkungan bagi generasi mendatang,” kata Henry Tanoto, Vice President Director TAM..

Kawasan seluas 3,5 Ha ini mempunyai sejarah panjang. Pada tahun 1958, taman lalu lintas merupakan inisiatif para tokoh Kota Bandung yang sudah memiliki visi untuk membina pendidikan lalu lintas dari usia dini. Pada tahun ini Taman Lalu Lintas Bandung genap berusia 58 tahun.

Seiring dengan perkembangan kebutuhan masyarakat, taman ini perlu direvitalisasi dengan konsep dan desain yang lebih mewakili kebutuhan rekreasi masyarakat saat ini. Rancangan dan desain dikembangkan oleh TAM dan setelah mendapat persetujuan dari Pemkot Bandung untuk pembangunannya, TAM menyalurkan bantuan sebesar 9 miliar rupiah tersebut.

Dana ini berasal dari program Toyota Car for Tree yang sudah berlangsung sejak 2010. Melalui program ini TAM menyisih sebagian hasil penjualan tiap unit mobil Toyota untuk membiayai kegiatan CSR di bidang lingkungan hidup.

Konsep dan desain revitalisasi mengacu pada kontur Kota Bandung yaitu, nuansa pegunungan seperti Dago, dan Lembang, kawasan aliran sungai seperti  Cikapundung dan Cikapayang dan nuansa Bandung sebagai kota metropolitan yang penuh sejarah seperti, tempat Konferensi Asia Afrika (KAA) dan Kawasan Kota Tua Braga. Berdasarkan konsep tersebut, setelah proyek revitalisasi selesai maka taman ini akan terdiri tiga zona yaitu, zona pegunungan, zona perkotaan, dan zona air.

Sejalan dengan semangat Toyota untuk selalu memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan, pasca revitalisasi taman ini juga diharapkan akan memberikan pengalaman dan inspirasi terbaik kepada pengunjungnya,” ucap Henry Tanoto.

TAM juga berencana menambah fasilitas bagi taman lalu lintas seperti   jogging track, taman bermain anak dan area piknik keluarga. Di samping itu Toyota juga merevitalisasi fasilitas infrastuktur taman, antara lain mencakup pembenahan infrastuktur jalan, shuttle bus, mushola dan sarana kuliner atau kafe. (tot)

About Gatot Irawan

Check Also

Shugo Watanabe Nakhoda Baru Honda Prospect Motor

Jakarta, NextID – Ini proses alamiah ketika PT Honda Prospect Motor (HPM) mengumumkan perubahan struktur …

Leave a Reply