Home / LifeStyle / Leisure / Health / Mau Sperma Sehat, Rajin Konsumsi Buah-Buahan
illustrasi laki-laki makan buah

Mau Sperma Sehat, Rajin Konsumsi Buah-Buahan

Jakarta, NextID – Para ilmuwan menemukan cara alami untuk meningkatkan kesuburan, terutama pada kaum pria. Para ahli menganjurkan para pria agar lebih banyak mengonsumsi buah-buahan dan biji-bijian untuk meningkatkan peluang keberhasilan dalam program bayi tabung atau (Fertilisasi in-vitro). Riset itu mengungkapkan mengurangi asupan daging merah, kopi, dan alkohol dapat meningkatkan kesuburan pria secara tidak langsung.

Dalam penelitian sebelumnya, peneliti mengungkapkan diet yang buruk dan obesitas dapat menurunkan konsentrasi sperma dan mempengaruhi kemampuan sperma berenang ke arah telur. “Konsentrasi sperma yang negatif dipengaruhi oleh indeks massa tubuh (BMI) dan konsumsi alkohol sedangkan konsentrasi sperma yang positif dipengaruhi oleh konsumsi sereal dan jumlah makanan perhari,” kata Pemimpin Riset Fertility-Assisted Fertilization Center, Borges Edson yang bermarkas di Brasil.

Penelitian itu melibatkan 250 pria asal Brasil yang sedang menjalani perawatan kesuburan atau biasa yang disebut injeksi sperma intrastoplasmik (ICSI). Para peserta menjawab pertanyaan seberapa sering mereka mengonsumsi makanan termasuk buah-buahan dan sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, daging, dan ikan.

Peserta juga ditanya berapa banyak mereka meminum alkohol dan merokok. Setelah itu, para ahli meminta sampel air mani dan menganalisa kesehatan sperma selama proses IVF. Hasilnya, hanya tiga perempat telur dari peserta yang berhasil dibuahi dan hanya di bawah 40 persen perempuan yang berhasil hamil selama studi tersebut. Melihat kecepatan sperma, pria yang mempunyai kebiasaan minum alkohol dan pola makan buruk cenderung memiliki sperma yang kurang subur.

Ahli Kesehatan Perempuan dan Kesuburan dari Universitas Stanford, Lynn Westphal mewajibkan kita untuk menerapkan gaya hidup yang sehat dan menghilangkan kebiasaan yang buruk bagi kesehatan.  “Saya pikir ini sangat menarik bahwa gaya hidup sangat berpengaruh terhadap kesuburan pria,” katanya seperti dilansir dailymail.co.uk, Senin.

About Adam Rizal

Check Also

Memadu Bisnis Madu “Down to Earth” agar Eksis

Jakarta, NextID – Dewasa ini  berbagai kebutuhan bisa tersedia melalui online. Percepatan waktu untuk mendapatkan …

Leave a Reply